Jenis Makanan yang Ngggak Boleh Disimpan di Kulkas

www.pexels.com

Kulkas adalah tempat teraman untuk makanan agar bisa dimakan kembali dan menghindari pembusukan yang cepat. Sebagian jenis makanan memang cocok disimpan di kulkas agar tidak cepat layu, basi ataupun busuk.

Tapi, ada beberapa jenis makanan yang tidak seharusnya disimpan dalam kulkas. Kualitasnya bakal turun dan memburuk jika ditaruh di dalam pendinginan.

1. Telur

pixabay.com

Meskipun setiap kulkas punya desain tempat penyimpanan telur secara khusus, penyimapanan telur dalam kulkas masih jadi perdebatan yang panjang. Kebanyakan dari orang Amerika menyimpan telur yang mereka miliki dalam kulkas untuk bisa lebih tahan lama.

Sedangkan di Inggris, cenderung untuk menyimpan pada suhu ruang. Penyimpanan telur di rak khusus tersebut sebenarnya membuat telur lebih cepat busuk karena perubahan suhu yang drastis saat mmembuka dan menutup pintu kulkas tersebut. Jika memang ingin disimpan di kulkas, gunakan karton bawaan untuk wadah telurnya dibandingkan menyimpan dalam rak khusus telur yang ada pada bagian pintu kulkas.

2. Bawang-bawangan

pixabay.com

Menyimpan bawang utuh di dalam kulkas membuat kesegarannya berkurang. Bawang yang disimpan pada kulkas akan mengubah zat pati menjadi gula. Proses perubahan ini membuat bawang cenderung mudah lunak.

Selain itu, aroma yang tajam dari bawang akan menempel pada makanan lain. Ada baiknya untuk menyimpan bawang merah dan putih dalam kantong kertas yang diberi lubang kecil-kecil jika memang ingin disimpan dalam kulkas. 

3. Madu

pixabay.com

Madu merupakan pemanis alami yang tidak memiliki masa kadaluarsa. Madu yang disimpan dikulkas biasanya akan mengeras dan mengkristal dan sulit dikeluarkan dari tempatnya.

Jika madu sudah mengkristal, tentunya akan sulit dikonsumsi. Untuk mencegah pengkristalan madu, simpan di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Madu biasanya tetap enak dimakan meskipun disimpan pada suhu ruangan. Maka dari itu, penyimpanan madu di dalam kulkas malah dirasa tidak efektif dan membuat madu menurun kualitasnya.

4. Tomat
pixabay.com

Tomat yang disimpan dalam kulkas selama tiga hari akan menghilangkan aromanya. Selain itu, kulitnya bakal cepat kusam dan tidak segar jika disimpan selama satu minggu.

Suhu dalam kulkas mempengaruhi susunan zat dan nutrisi dalam tomat. Jika sudah terlanjur disimpan dalam kulkas lalu dikeluarkan dan menerima suhu ruangan, kesegaran tomat tidak bisa dikembalikan lagi karena tomat terlanjur kehilangan kesegaran. Akan lebih baik jika tomat disimpan dalam suhu ruangan saja agar tomat akan kehilangan nutrisi jika disimpan dalam kulkas. 

5. Kentang
pixabay.com

Umbi-umbian ini juga tergolong tidak cocok berada didalam kulkas karena dapat mengubah karbohidrat dalam kentang menjadi gula. Hal ini cukup berbahaya jika ada riwayat penyakit pada seseorang karena bisa meningkatkan kadar gula pada darah.

Makanan ini sebaiknya disimpan di suhu ruangan, bukan di suhu kulkas yang cukup dingin. Menyimpan kentang di area yang kering dan sejuk lebih diutamakan ketimbang harus meyimpan dikulkas.

6. Roti

pixabay.com

Roti yang disimpan di kulkas akan keras dan kering. Suhu kulkas yang dingin membuat teksturnya jadi tidak bisa dimakan.

Sebaiknya, roti segera dihabiskan maksimal 3 hari di suhu ruang. Jika ingin menyimpannya dalam kulkas, masukan kedalam freezer dengan dibungkus menggunakan kertas atau alumunium foil. Jika ingin dikonsumsi kembali, roti dari freezer bisa dihangatkan di microwave atau membiarkan roti di suhu ruangan.

7. Pisang

pixabay.com

Pisang yang disimpan dalam suhu dingin akan menghambat kematangan buahnya. Apalagi jika biasa membeli buah pisang yang ada di pasar, biasanya butuh waktu satu sampai dua hari agar pisang bisa enak dimakan. Menyimpan pisang dalam kulkas juga mempercepat proses pembusukan buah tropis yang satu itu. 

Meski menyimpan segala jenis makanan di kulkas sudah jadi kebiasaan semua orang, kini perlu lebih cermat lagi dalam menyimpan berbagai makanan. Tidak semua bisa disimpan di kulkas.

Meskipun bisa lebih awet, namun perlu kita kenali bahan makanan dan bagaimana cara menyimpan makanan tersebut. Agar manfaat dalam berbagai jenis makanan tadi tidak hilang dan bisa diperoleh secara maksimal.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Ciri-ciri Pacarmu Adalah Orang yang Narsis

Ciri-ciri Pacarmu Adalah Orang yang Narsis

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Hal yang Harus Direnungkan Saat Kesepian Mulai Melanda

Hal yang Harus Direnungkan Saat Kesepian Mulai Melanda

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Sedih, Galau, Takut: Ini yang Kamu Rasakan Ketika Mengalami Quarter Life Crisis

Sedih, Galau, Takut: Ini yang Kamu Rasakan Ketika Mengalami Quarter Life Crisis

loading