Jauh dari Kesan Suram, 7 Penjara Ternyaman di Dunia Ini Bikin Tahanannya Betah

16 Juli 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Mendengar kata penjara mungkin yang ada di benak sebagian besar orang adalah sebuah sel yang penuh sesak, tak terawat, dan kehidupan yang suram. Maka dari itu, banyak orang yang sangat takut apabila harus mendekam di penjara. Tapi, hal itu nggak berlaku bagi ketujuh penjara di bawah ini. Jauh dari kesan suram, penjara-penjara ini justru nggak akan bikin penghuninya berniat untuk kabur karena nyaman banget! Fasilitas yang lengkap serta suasana yang nyaman dan bersih bikin siapa pun nggak menyangka bahwa ini adalah penjara untuk para tahanan yang melanggar hukum. Yuk, kepoin!

1. Champ-Dollon Prison, Swiss

Sebenarnya, penjara ini pernah menghadapi beberapa masalah, seperti kerusuhan, penyakit, dan jumlah napi yang terlalu ramai. Dulunya penjara ini telah dikenal sebagai penjara yang paling banyak dilanda penyakit dan paling penuh sesak di seluruh Eropa. Namun, pemerintah Swiss tak tinggal diam dan berusaha untuk merubah reputasinya. Akhirnya dibangunlah sel-sel “triple-occupancy“ yang menjadikan penjara ini indah dan sangat nyaman.

2. Justice Center Leoben, Austria

Inilah tempat di mana sebagian besar tahanan non-kekerasan tinggal. Terletak di Austria, sel-sel di sini dibuat terpisah untuk setiap narapidana dan juga dilengkapi dengan dapur pribadi, kamar mandi, dan televisi. Mereka juga bisa menikmati beberapa fasilitas, seperti area rekreasi outdoor, lapangan basket, dan ruang olahraga. Tempat ini merupakan salah satu penjara paling mewah di dunia.

3. Otago Correction Facility, Selandia Baru

Sebuah pagar listrik dan satu gerbang utama terlihat di penjara terkemuka yang berada di Negara Selandia Baru ini. Pengunjung harus melewati x-ray ketika akan masuk. Selain itu, segala hal canggih, mulai dari sensor gelombang mikro sampai jaringan ponsel, juga digunakan di penjara mewah ini. Di sini, semua tahanan akan direhabilitasi dengan mempelajari keterampilan memasak, peternakan sapi perah, dan ilmu teknik dasar.

4. Aranjuez Prison, Spanyol

Terkadang ada tahanan yang mau tak mau harus meninggalkan anaknya untuk mempertanggungjawabkan perbuatan kriminalnya. Siatuasi ini akan memengaruhi psikologis sang anak karena kurangnya kasih sayang dari orang tua. Masalah ini dianggap penting oleh pemerintah Spanyol dan dibangunlah penjara ini agar anak-anak bisa tinggal dengan orang tua mereka.

5. Sollentuna Prison, Swedia

Penjara yang terletak di Swedia ini adalah salah satu penjara paling mewah di dunia. Makanan bagi para tahanan dapat dimasak sendiri di dapur kelas atas sel-sel ini. Mereka juga bisa menonton TV dengan berbaring di sofa. Meski terkesan nyaman dan santai, tapi setiap inci penjara ini tetap diawasi oleh kamera keamanan penjara tersebut.

6. Addiewell HMP, Skotlandia

Her Majesty’s Prison (HMP) merupakan penjara yang berada di Skotlandia. Sodexo Justice Service mengelola penjara ini secara pribadi. Narapidana di penjara ini diberi waktu empat puluh jam dalam seminggu untuk melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat. Fokus utama kegiatan ini adalah membangun keterampilan kerja meski berada di dalam penjara.

7. Halden Prison, Norwegia

Bagaikan hotel yang keren, penjara yang terletak di Norwegia ini memiliki dapur pribadi, kamar mandi, dan kamar yang luas untuk setiap tahanan dalam penjara yang nyaman ini. Penjara ini juga dilengkapi dengan studio rekaman, papan panjat tebing, dan perpustakaan. Lengkap banget!

Gimana menurutmu? Penjara-penjara tersebut memang kebanyakan berada di negara maju. Hal ini bisa jadi karena pemerintah di negara maju turut memikirkan kesejahteraan para tahanan dan berupaya untuk betul-betul membina orang-orang yang telah melanggar hukum. Namanya juga lembaga pemasyarakatan, memang sudah seharusnya lebih manusiawi kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES