Jarang Disadari, 6 Sifat Sahabat yang Begini Justru Bikin Kamu Nggak Berkembang

www.elitedaily.com

Umumnya, manusia membutuhkan sesosok sahabat untuk menemaninya di kala senang dan susah. Saat bahagia, hidup jadi lebih berwarna dengan kehadiran sahabat. Ketika sedang terpuruk, hidup jadi nggak buruk-buruk amat dengan kehadiran sahabat.

Tapi benarkah semua sahabat seperti itu? Nggak juga. Ada kok sahabat yang entah bagaimana caranya malah cenderung ‘menempel’ dan membatasi ruang gerakmu sebagai individu. Mau tahu tanda-tandanya?

1. Ngambek kalau waktu luangmu dihabiskan dengan orang lain

www.shemazing.net

Katakanlah sahabatmu ini adalah teman sekampus. Kalian ketemu hampir setiap hari karena masih mengambil banyak kelas yang sama. Ketika akhir pekan, kamu ada janji sama teman yang lain. Lalu sahabatmu ini mengajak pergi nongkrong. Karena kamu sudah ada janji duluan, kamu menolak. Eh, dia ngambek. Nggak membalas chatmu atau main pasif-agresif dengan bilang “nggak apa-apa” tapi pas Seninnya ketemu, dia kayak bete gitu.

Padahal kan, kamu berhak menggunakan waktumu untuk apa dan siapa saja. Masa iya udah sering ketemu, eh weekend juga melarangmu bertemu orang lain?

2. Mau mengetahui segala hal tentangmu, bahkan yang kamu nggak ingin berbagi dengan siapapun

www.gurl.com

Sebenarnya wajar sih namanya teman baik, apalagi sahabat, mengetahui hampir segala hal tentangmu. Ibaratnya, dia memegang semua kartumu lah. Dia juga hafal dengan kebiasaanmu. Kamu juga curhat paling pertama ke dia, soal pekerjaan, gebetan, keluarga. Tapi ada masanya juga seorang manusia ingin sesuatu jadi rahasianya sendiri saja. Jangankan sahabat, keluarga saja nggak dikasih tahu.

Ini berlaku juga untuk privasi seperti handphone ya. Ada nggak di sini yang sahabatnya kepo abis sampai merasa harus mengecek handphone-mu dari foto sampai chat padahal kamu sendiri nggak nyaman dengan hal itu? Kalau kamu melarang, malah kamu dimarahin. Nah gimana kamu bisa menjadi individu yang merdeka kalau begini?

3. Terlalu ikut campur, bahkan dalam urusan privat

www.lmtonline.com

Katakanlah kamu punya pacar. Sahabatmu juga kenal dengan pacarmu. Lalu suatu saat kamu ribut atau berantem dengan pacarmu dan curhat ke sahabat. Eh, tahu-tahu keesokan harinya pacarmu tambah marah ke kamu. Dia bilang kalau sahabatmu semalam mengirim pesan kepadanya agar mau segera berbaikan denganmu.

Ego pacarmu terluka dan ia kesal kenapa sih harus ada yang ikut campur urusan hubungan kalian berdua? Intervensi-intervensi semacam ini mestinya nggak ia lakukan. Sebab, meskipun ia salah satu orang terdekatmu, ia nggak punya hak untuk turun tangan dalam hubungan percintaanmu bahkan dengan alasan peduli sekalipun (kecuali pacarmu melakukan kekerasan). Kalau sebatas memberi saran tentang hubungan, nggak masalah. Biasanya yang begini bisa sampai bikin hubunganmu bubar.

4. Dia seperti orang yang sangat tergantung kepadamu. Apa-apa minta ditemani, kayak nggak punya kehidupa sendiri

www.dailymail.co.uk

Kita semua hanya punya 24 jam untuk beraktivitas dari bangun tidur sampai bangun tidur lagi. Delapan jamnya sudah habis untuk sekolah / kuliah / kerja dan aktivitas harian rutin. Sisanya 6-8 jam harus digunakan untuk tidur. Sisanya lagi delapan jam adalah masalah prioritas. Kamu bisa menggunakannya untuk kegiatan pengembangan diri, istirahat, atau bersosialisasi dengan orang lain.

Sayangnya, ada nih tipe orang yang kayaknya susah banget gitu melakukan segalanya sendiri. Jadi dia lebih memilih minta tolong, dari yang hanya minta ditemani sampai minta tolong kamu melakukan sesuatu. Contoh: nebeng padahal nggak searah, minta ditemani belanja padahal kamu lagi sibuk, dan sebagainya. Pernah mengalami?

5. Mengajakmu membenci musuhnya
www.newlovetimes.com

Nah ini nih yang banyak modelnya. Musuh musuh siapa, kok kita dikomporin buat ikut-ikutan membenci atau bahkan membullynya di media sosial? Sungguh ini merupakan tindakan yang tidak dewasa. Pertama, kamu nggak ada urusannya. Kedua, sangat mungkin, nanti suatu saat kamu akan menjadi rekan kerja atau butuh pertolongan dari musuhnya. Hidup punya cara lucu dan unik yang bisa bikin kamu terkejut. Orang yang nggak pernah kamu bayangkan akan kamu butuh bantuannya, malah menolongmu, dan sebagainya. Jadi plis jangan menuruti kalau sahabatmu melakukan hal ini ya.

6. Secara nggak langsung menjauhkanmu dari keluarga
www.cosmopolitan.com

Kita tahu kalau nggak ada keluarga yang sempurna di dunia ini. Tapi kalau interaksimu dengan keluarga baik-baik saja, lalu sahabatmu sering mengajak ke luar atau ngapain ah dan meracunimu dengan pemikiran-pemikiran yang lambat laun membuatmu benci sama keluarga sendiri (misalnya karena merasa dikekang), perlu dipertanyakan tuh peran sahabatmu.

www.glamour.com

Ada yang merasa relatable? Mestinya sahabat bisa bikin kamu jadi individu yang lebih berkembang, bukannya malah bikin kamu nggak jelas apalagi terkekang. Sudah menemukan sahabat yang baik?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Auto Winner Winner Chicken Dinner, Inilah Senjata Terbaik di PUBG Mobile - Keepodotme

Auto Winner Winner Chicken Dinner, Inilah Senjata Terbaik di PUBG Mobile - Keepodotme

Pertemanan Kids Zaman Old: Dari Tisam Sampai Surat-Suratan Sama Sahabat Pena. Kamu Ngalamin?

Pertemanan Kids Zaman Old: Dari Tisam Sampai Surat-Suratan Sama Sahabat Pena. Kamu Ngalamin?

Hati SBY Tersayat Lihat Baliho Demokrat Dirusak, Pelakunya Disebut-Sebut Adik Caleg PDIP? - Keepodotme

Hati SBY Tersayat Lihat Baliho Demokrat Dirusak, Pelakunya Disebut-Sebut Adik Caleg PDIP? - Keepodotme

Bikin Ngakak, 10 Tampilan The Sims Error yang Absurd Ini Kocak Banget

Bikin Ngakak, 10 Tampilan The Sims Error yang Absurd Ini Kocak Banget

Investasi Masa Depan Bagi Milenial. Perlukah? - Keepodotme

Investasi Masa Depan Bagi Milenial. Perlukah? - Keepodotme

Pastikan 7 Benda Ini Ada di Tasmu Sebelum Keluar Rumah Saat Musim Hujan

Pastikan 7 Benda Ini Ada di Tasmu Sebelum Keluar Rumah Saat Musim Hujan

loading