Jangan Sepelekan Datang Bulan Tidak Teratur, Bisa Jadi Kamu Mengalami 6 Hal Ini

www.12wbt.com

Umumnya periode haid atau datang bulan setiap 28 hari dengan masa menstruasi 5 sampai 7 hari. Tapi sebagian wanita ada yang mengalami masa datang bulan tidak lancar.

Namun sayangnya beberapa di antara mereka tidak terlalu mengambil pusing dengan siklusnya yang tidak teratur itu. Bahkan, menganggap semua itu kejadian yang normal saja.

Padahal, datang bulan yang tidak teratur bisa disebabkan oleh berbagai hal yang mungkin itu tidak baik untuk tubuhmu sendiri. Lalu apa saja penyebab siklus haid kamu tidak teratur? Berikut di antaranya seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Adanya ketidakseimbangan hormon

www.verywellhealth.com

Hormon yang nggak seimbang bisa membuat menstruasi kamu nggak teratur. Dalam tubuh wanita terdapat hormon estrogen dan progesteron yang bekerja dalam sistem reproduksi.

Jika salah satu hormon tidak bekerja dengan baik, maka siklus datang bulan kamu juga akan terganggu sekaligus kesuburannya. Masalah ini bisa kamu atasi dengan konsumsi makanan sehat kayak nutrisi seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan.

2. Terjadi penebalan dinding rahim atau endometriosis

o4uxrk33.com

Ketika menstruasi dinding rahim akan luruh keluar karena tak adanya pembuahan. Penyakit endometriosis terjadi karena adanya jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim. Sehingga, dinding rahim mengalami penebalan karena darah yang seharusnya keluar malah terjebak di dalam dinding rahim.

Jika hal ini terjadi terus-menerus, akan membuat iritasi jaringan di sekitarnya. Akhirnya, kamu akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa ketika haid atau ketidakteraturan siklus itu sendiri. Jadi kalau kamu mengalami haid yang nggak teratur, nggak ada salahnya untuk periksa ke dokter.

3. Kamu mengalami kurang gizi

www.vix.com

Kurangnya asupan nutrisi juga bisa mempengaruhi siklus haid yang nggak normal. Bahkan, kalau kamu sudah kekurangan gizi, siklus haid kamu bisa berantakan bahkan berhenti. Kalau sudah kayak gini, kamu harus segera periksakan ke dokter. Atau, kamu bisa mengkonsumsi beberapa asupan makanan yang mengandung vitamin B, zat besi, asam lemak esensial, dan serat.

4. Stres secara terus-terusan
www.news.at

Ketika kamu mengalami stres, produksi hormon estrogen dan progesteron akan terganggu sehingga siklus haid menjadi kacau. Untuk menghindari hal ini kamu bisa memulai mengubah gaya hidup. Misalnya, mencoba berolahraga, meditasi, bahkan mencoba pergi jalan-jalan untuk menenangkan pikiran.

5. Kelenjar tiroid kamu bermasalah
wallpaper.mascuk.com

Ketika kelenjar tiroid bermasalah, akan membuat terlalu banyak atau lebih sedikit hormon hipertiroid. Efek dari masalah ini, kemungkinan besar kamu akan mengalami siklus menstruasi lebih cepat. Bahkan dalam sebulan kamu bisa mengalami dua kali menstruasi. Kalau kamu mengalami hal ini, segeralah konsultasikan ke dokter.

6. Terjadi gangguan keseimbangan kadar hormonal atau PCOS

airfreshener.club

Gangguan keseimbangan kadar hormonal juga disebut sebagai Sindrom ovarium polikistik atau Polycystic ovary syndrome (PCOS). Ketika wanita menderita PCOS, tubuhnya akan menghasilkan hormon pria yang disebut androgen dengan jumlah yang banyak.

Alhasil, datang bulan kamu menjadi terlambat sekaligus proses ovulasi menjadi terganggu. Jika PCOS kamu abaikan, ini bisa menjadi agesif hingga membuat tubuh kamu mengalami peningkatan berat badan hingga resiko terkena kanker rahim.

Kalau kamu mengalami datang bulan yang tidak teratur sebaiknya jangan dianggap sepele. Bisa saja ini adalah masalah serius. Melansir laman Detik, dr. Vanda Mustika menjelaskan jika tidak ada haid, kemungkinan besar tidak terjadi pengeluaran sel telur, sehingga wanita yang tidak mengalami haid menjadi tidak subur.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Museum Unik dan Menarik yang Wajib Dikunjungi Saat di Jepang | Keepo.me

Museum Unik dan Menarik yang Wajib Dikunjungi Saat di Jepang | Keepo.me

Hati-hati, 5 Benda Ini Bisa Digunakan untuk Mengintip di Ruang Ganti

Hati-hati, 5 Benda Ini Bisa Digunakan untuk Mengintip di Ruang Ganti

Berniat Pamerkan Lokasi Usaha Baru, Barbie Kumalasari Disebut Halu Perlihatkan Bangunan Kafe Terkenal | Keepo.me

Berniat Pamerkan Lokasi Usaha Baru, Barbie Kumalasari Disebut Halu Perlihatkan Bangunan Kafe Terkenal | Keepo.me

5 DIY Pengharum Ruangan yang Bisa Kamu Bikin di Rumah dengan Mudah!

5 DIY Pengharum Ruangan yang Bisa Kamu Bikin di Rumah dengan Mudah!

Sejarah Kelam Interogasi Sadis CIA Sejak Robohnya WTC | Keepo.me

Sejarah Kelam Interogasi Sadis CIA Sejak Robohnya WTC | Keepo.me

Percayalah Bahwa Perjuanganmu Tak Akan Sia-sia, Wahai Anak Rantau!

Percayalah Bahwa Perjuanganmu Tak Akan Sia-sia, Wahai Anak Rantau!

loading