Jangan Sedih Apalagi Merana! Inilah Keuntungan Bagi Orang yang Sering Putus Cinta

28 Juni 2018
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Putus cinta bukanlah perkara yang mudah untuk dilalui. Meskipun dalam beberapa kasus bisa saja ada orang yang tidak mengambil pusing saat hubungan cintanya kandas di tengah jalan, tapi tidak sedikit juga orang-orang yang menghayati putus cinta sebagai tragedi yang menyakitkan. Pada tingkat paling ekstrem, putus cinta bahkan bisa menyebabkan depresi berkepanjangan sehingga orang yang mengalaminya pun bisa sampai kehilangan semangat untuk meneruskan hidup.

Mungkin beberapa di antara kalian ada yang kesulitan untuk menjaga keawetan hubungan berpacaran sampai-sampai jumlah mantan kekasih yang pernah singgah di hati pun nyaris tak terhitung lagi. Jika kalian termasuk orang yang seperti itu, janganlah kalian merasa sedih dan menganggap bahwa kalian tidak akan pernah bisa mendapatkan pendamping hidup yang akan menemani sampai ajal menjemput. Karena sering putus cinta, ada juga keuntungannya.

1. Kamu jadi punya banyak pengalaman

Pengalaman merupakan hal yang sangat penting dalam menjalin hubungan. Pengetahuan soal cinta akan lebih mudah dihayati dan diaplikasikan jika kamu menjalaninya langsung lewat pengalaman. Mungkin kedatangan kekasih yang silih-berganti merupakan batu loncatan sebelum kamu bisa menjalin hubungan yang lebih sempurna dengan jodoh kamu nanti.

2. Kemampuan kamu dalam berinteraksi dengan orang lain akan meningkat

Kalau kamu sering putus cinta, artinya kamu sudah sering menghadapi orang dengan berbagai karakter yang berbeda-beda. Dengan begitu, kemampuan kamu dalam berinteraksi dengan orang lain pun akan terus ditempa. Jadi, meskipun kamu sering merasa sedih karena hubungan yang kandas, setidaknya kemampuan kamu untuk berkontribusi di masyarakat akan meningkat.

3. Ruang untuk interospeksi diri

Putus cinta bisa dianggap sebagai kegagalan. Akan tetapi, kegagalan adalah guru terbaik yang bisa memberikan kamu ruang untuk terus mengevaluasi diri akan berbagai kekurangan yang bisa kamu perbaiki. Selama kamu mau berintrospeksi akan kesalahan kamu, tragedi putus cinta pun bisa menjadi hal yang positif!

4. Pendewasaan diri

Terkadang memang sulit untuk menyatukan dua pribadi yang memiliki ego masing-masing. Kalau kamu sering putus cinta dan mengambil hikmah darinya, kamu bisa terus belajar untuk berlapang dada dan mengikis ego kamu sedikit demi sedikit. Dengan begitu, kamu bisa memiliki pribadi yang lebih dewasa dari sebelumnya.

5. Kamu bisa lebih peka saat sedang PDKT

Keuntungan yang ini pada umumnya lebih cenderung dirasakan oleh kaum adam yang sering dianggap sebagai pihak yang harus memulai duluan dalam menjalin hubungan. Kalau kamu sudah banyak makan asam garam dalam urusan percintaan, kamu sudah paham betul akan celah-celah yang bisa kamu susupi untuk merebut hati orang yang kamu suka.

6. Kamu sudah bisa menebak akan seperti apa hubungan kamu nantinya bahkan sebelum mulai berpacaran

PDKT adalah proses yang tepat bagi kamu untuk meraba-raba seperti apa kepribadian orang yang kemungkinan akana menjalin hubungan kekasih dengan kamu. Nah, kalau sebelumnya kamu sudah punya banyak pengalaman menjalin hubungan dengan orang yang berbeda-beda, kamu sudah bisa memperkirakan akan seperti apa hubungan kamu nantinya bahkan saat kamu masih menjalani proses PDKT.

7. Kamu jadi lebih tegar

Tidak sedikit orang yang sampai rela meregang nyawa sendiri karena tragedi putus cinta. Nah, kalau kamu sudah terbiasa mengalami tragedi itu, tentunya mental kamu pun akan semakin kuat sehingga kamu dapat menyikapi putus cinta dengan lebih bijak.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh jika kamu sering mengalami putus cinta. Akan tetapi, keuntungan-keuntungan yang dipaparkan di atas tidak mungkin kamu rasakan jika kamu tidak memiliki keinginan untuk mengevaluasi diri. Jadi, jangan lupa untuk selalu belajar dari kesalahan ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES