Jangan Sampai Amburadul, 5 Hal Ini Wajib Kamu Siapkan Saat Wawancara Kerja Digital!

25 Juni 2018
|M.A
0SHARES

Biasanya kalau kamu ingin melamar kerja di tempat yang jauh dari tempat tinggalmu, kamu akan diberi penawaran wawancara kerja dari jauh dengan perangkat elektronik. Tujuannya agar kamu tidak perlu keluar banyak dana hanya untuk wawancara kerja yang hasilnya belum tentu baik. Berikut ini hal-hal yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin wawancara kerja melalui perangkat elektronik yang harus kamu cermati menurut Forbes.

1. Persiapkan perangkat elektronikmu biar wawancara nggak pakai buffer!

Saat wawancara ada kemungkinan momen internet tiba-tiba mati atau koneksinya menjadi lambat. Solusinya? Tes dulu kecepatan dan bandwidth internetmu sebelum memulai wawancara. Jika kamu menggunakan internet Wifi, pastikan bahwa tidak ada temanmu atau pengguna lain yang menggunakan internet untuk melihat Youtube, Netflix, dan situs internet yang memakan banyak bandwidth. Lalu, test software video yang bakal kamu gunakan, apakah suara dan kualitas gambar sudah baik atau tidak.

2. Jangan sampai ada suara-suara yang mendistraksi

Selanjutnya pastikan noise atau suara-suara yang tidak diinginkan tidak muncul saat wawancara kerja. Pastikan kamu berada di lingkungan yang sunyi. Idealnya, pastikan kamu berada di rumah atau di ruangan yang ada sekat untuk meredam suara lain. Jika kamu punya binatang peliharaan, letakkan binatangmu di luar ruangan dahulu. Informasikan ke keluarga dan orang-orang disekitarmu agar tidak menganggumu untuk sementara. Minumlah air dahulu sebelum memulai sehingga pewawancara kerja tidak perlu mendengar suara gelas saat kamu minum.

3. Baterai gawaimu jangan sampai sekarat di tengah wawancara!

Pastikan baterai perangkat elektronikmu berada dalam kondisi penuh daya. Lalu, belajar untuk melakukan kontak mata secara virtual dengan melihat ke lensa perangkat lunakmu bukan ke monitor, karena biasanya lensa berada di atas monitor. Jadi, belajarlah untuk terbiasa melihat lensa di atas monitor tersebut.

4. Tetap perhatikan tutur bahasa dan penampilan agar kesan profesional melekat

Meskipun posisimu bukan di kantor atau di tempat yang bernuansa formal, tapi tetap gunakan bahasa yang formal dan santun. Naikkan tingkat kewaspadaanmu, semakin waspada, semakin sadar bahwa kamu harus memakai bahasa yang formal untuk menghadapi pewawancara. Dan jangan lupa untuk perhatikan penampilanmu juga jika kamu melakukan wawancara melalui video call. Pakai baju yang rapih dan sesuai dengan karakter pekerjaan atau calon kantormu saat wawancara melalui video. Hal ini akan membuktikan bahwa kamu tetap profesional dimanapun kamu berada.

5. Be serious!

Solusi selanjutnya adalah pastikan kamu harus mengambil kesempatan ini secara serius sama seperti ketika wawancara secara langsung. Siapkan dirimu dengan berbagai teknik wawancara sebelum kamu bertemu dengan sang pewawancara. Kesiapan ini juga dapat membuktikan kepada perusahaan bahwa kamu sudah siap dengan teknologi yang ada dan serba modern. Ini akan menjadi nilai tambah kamu dalam hal profesionalitas dan kemampuan digital.

Itulah saran yang bisa diberikan oleh Forbes, semoga bermanfaat untuk wawancara digitalmu kelak ya. Jangan lupa untuk menyiapkan modal paling utama yakni kepercayaan diri!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
M.A
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES