Jangan Ngaku Orang Indonesia Kalau Gak Tau 12 Seragam Polisi Ini!

21 Februari 2017
|Iswara Aji Pratama
Life
0SHARES

Selain pilot dan dokter, polisi pun sering dijadikan cita-cita oleh kita ketika masih anak-anak. Mungkin sosok polisi yang gagah dan berani menumpas kejahatan membuat kita jadi kagum. Tugas dan fungsi polisi tersebut gak ada bedanya dengan superhero yang sering kita tonton di film-film. Ya otomatislah kita pun jadi terpengaruh dan oleh sebab itu punya keinginan untuk menjadi polisi. Akan tetapi, kamu tau gak sih bedanya polisi dengan TNI? Ya udah deh kalau kamu gak tau, YuKepo kasih tau nih perbedaan paling mendasar dilihat dari segi fungsinya. Polisi Indonesia atau Polri memiliki tugas di seluruh wilayah Indonesia yakni memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan memberikan pengayoman, perlindungan, serta pelayanan pada masyarakat. Sedangkan TNI lebih fokus pada keamanan negara dari pihak asing.

Jadi, kalau ada penjajah semisal Belanda atau Jepang mau menduduki Indonesia lagi, TNI lah yang maju paling depan untuk menghentikan tindakan penjajahan tersebut. Pokoknya tugas TNI tuh mempertahankan kedaulatan NKRI dari pihak luar deh. Kembali ke polisi, dalam menjalankan tugasnya institusi ini memiliki beberapa divisi yang dibedakan berdasarkan seragamnya. Nah, kalau kamu ngaku orang Indonesia, berarti kamu harus tau nih seragam-seragam polisi dari berbagi divisi biar gak salah sebut lagi. Yuk kita tengok serba-serbi seragam polisi!

1. Seragam Sabhara

Nah, ini nih seragam polisi yang sering kita lihat, warnanya abu-abu. Seragam ini disebut seragam Sabhara yang kepanjangannya adalah Samapta Bhayangkara. 

2. Polisi Satlantas

Dimulai dari divisi Satlantas yang paling akrab di kehidupan kita sehari-hari karena selalu nongol di jalan raya. Ciri khas dari divisi ini adalah kopel putih, penutup kepala putih atau helm, dan tali kur putih. Polisi Satlantas bertugas membina lalu lintas meliputi penjagaan, pengaturan, patroli, pengawalan, dan semua hal yang berhubungan dengan kendaraan dan lalu lintas deh. Polisi Satlantas pun kerap dijadikan momok bagi para pengendara yang gak punya SIM! Ayo ngaku kamu punya SIM gak nih?

3. Seragam Brimob

Kalau TNI punya Kopassus sebagai pasukan khusus, Polri punya Brimob nih. Tugas dari Brimob adalah mengatasi keadaan darurat, memberi bantuan pada kepolisian kewilayahan dan menangani kejahatan yang tingkatannya tinggi misalnya penjahat yang pake senjata api atau bom ketika melakukan aksinya. Selain seragam ini, Brimob pun memiliki seragam yang berwarna hitam yang bisa kamu lihat pada gambar paling awal di artikel ini.

4. Provos atau Propam

Nah, untuk divisi ini memiliki tugas untuk membina profesi dan melakukan pengamanan di lingkungan internal alias lingkungan Polri itu sendiri. 

5. Polisi PBB

Karena merasa memiliki tanggung jawab dalam terciptanya perdamaian dunia, Polri pun membentuk divisi yang disebut Polisi PBB. Sesuai sama namanya, divisi ini memiliki tugas untuk menjaga perdamaian yang cakupannya internasional.

6. Polisi pariwisata

Kamu pernah ngeliat polisi dengan seragam cokelat, berdasi merah ketika pergi berwisata? Polisi yang menggunakan seragam tersebut berada di divisi pariwisata yang berfungsi untuk mengamankan situasi pada obyek wisata, dan memberikan pelayanan kepada wisatawan. Terkadang polisi ini berpatroli dengan memakai sepeda.

7. Polisi sepatu roda

Berbeda dengan yang lainnya, polisi ini memiliki seragam yang warnanya bukan cokelat, melainkan putih dengan strip oranye. Divisi ini biasanya bertugas ketika car free day diadakan di jalan Sudirman-Bundaran HI, Jakarta. Seru juga ya pake sepatu roda.

8. Polisi air dan polisi udara

Mungkin karena tempat beroperasinya bukan di darat, polisi udara dan air ini punya seragam yang berbeda. Mereka menggunakan seragam khusus berwarna biru. Sesuai dengan namanya, polisi ini bertugas mengamankan daerah Indonesia dari air yakni laut dan dari udara.

9. Polisi pantai

Karena lokasi bertugasnya di pantai, polisi pantai punya seragam yang lebih kasual alias santai dibandingkan polisi dari divisi lain. 

10. Polisi DVI

DVI adalah singkatan dari Disaster Victim Identification. Divisi ini bertugas mengidentifikasi korban dari suatu bencana. Divisi ini dipanggil ketika si korban udah gak bisa dikenali lagi bentuknya alias ancur. Orang-orang yang masuk dalam divisi ini biasanya punya latar belakang ilmu forensik, dokter, anatomi, dan sebagainya. 

11. Labfor Polri

Nah, kalau polisi yang bertanggung jawab dalam mengolah TKP namanya Labfor. Divisi inilah yang mengumpulkan barang-barang bukti yang nantinya bakal digunakan untuk penyelidikan lebih lanjut. Seragam khusus untuk divisi ini yaitu berkemeja hitam dengan topi dan rompi.

12. Polisi Inafis

Kalau divisi DVI melakukan identifikasi dari bagian tubuh korban atau tersangka, lain halnya dengan divisi Inafis. Divisi ini berfokus pada identifikasi sidik jari. Oh ya, singkatan dari Inafis adalah Indonesian Automatic Fingerprints Identification System.

Ternyata banyak jenisnya yah seragam polisi di negara kita ini. Paling yang kamu tau seragam divisi Satlantas doang kan? Hayo ngaku! Ya wajarlah kan divisi tersebut paling sering keliataan di tiap sudut lampu merah. Semoga Polri bisa terus memberantas kejahatan di Indonesia secara sigap ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES