Jangan Keliru! 9 Isyarat Tangan Berikut Punya Arti yang Berbeda di Tiap Negara

20 April 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Secara nggak sadar, kita sering menggunakan isyarat atau bahasa tubuh ketika berkomunikasi. Salah satunya adalah dengan isyarat tangan. Apalagi kalau lagi malas ngomong, biasanya kita hanya cukup mengacungkan jempol sebagai tanda “OK” atau menunjukkan suatu benda dengan jari telunjuk. Tapi, tahukah kamu kalau di tiap negara, setiap isyarat tangan bisa berbeda-beda artinya meski bentuknya sama? Coba deh simak penjelasan berikut biar kamu nggak awkward ketika jalan-jalan ke negara lain.

1. “The OK sign”

Jari jempol dan telunjuk yang menyatu sementara tiga jari lainnya tetap tegak umumnya menjadi isyarat OK (oke) atau tanda persetujuan dan kepuasan bagi di beberapa negara di Australia, Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Tapi jangan sekali-sekali kamu mengisyaratkan ini di Brasil, karena isyarat tangan seperti ini dan ditunjukkan terbalik mengisyaratkan bahwa kamu nggak sopan setara dengan mengacungkan jari tengah pada umumnya.

2. Jari bertanduk ala rocker

Diadopsi dari gaya rocker ketika manggung, Amerika Serikat menyebut isyarat tangan seperti ini sebagai tanda untuk menunjukkan antusiasme terhadap musik rock. Berbeda dengan Italia, Brasil, Kolombia, Portugal, dan Spanyol. Di negara-negara latin tersebut, kalau kamu mengacungkan isyarat tangan seperti ini ke orang lain maka itu artinya kamu memberitahunya kalau istrinya lagi berselingkuh!

3. Isyarat seluruh jari menyatu

Kalau di Indonesia lagi terkenal dengan ungkapan ‘makan bang’ dengan isyarat tangan seperti ini, lain halnya dengan di beberapa negara lain. Di Italia, artinya adalah bertanya “apa yang kamu mau?” atau “apa ini?” yang biasanya sambil digerakkan. Kalau di Republik Kongo isyarat ini untuk menunjukkan jumlah yang sedikit. Beda lagi kalau di Turki yang mengartikan isyarat ini sebagai tanda pujian kalau sesuatu tersebut bagus atau baik. Dan di Mesir, ini menandakan bahwa kamu butuh waktu sebentar.

4. Si jempol

Hampir sama dengan Indonesia, di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, dan Rusia pun isyarat tangan seperti ini artinya adalah top banget, oke, atau menyatakan kesetujuan. Sementara di Amerika Latin, Afrika Barat, Iran, Irak, dan Afghanistan, isyarat tangan kayak gini justru menandakan kamu lagi marah dengan seseorang sehingga disebut juga dengan isyarat untuk mengumpat seperti mengacungkan jari tengah gitu.

5. Dua jari yang menyilang

Negara-negara berbahasa Inggris seperti Kanada, Australia, Inggris, dan Amerika Serikat sepakat bahwa isyarat tangan ini merupakan tanda untuk menunjukan dukungan yaitu semoga berhasil (good luck). Tapi jangan coba-coba mengacungkan jari telunjuk dan jari tengah menyilang di Vietnam ya, karena di sana isyarat tangan ini berarti menggambarkan alat kelamin perempuan. Tentu dianggap nggak sopan banget kalau ditunjukkan ke orang lain.

6. Huruf V atau angka 2

Selain untuk menunjukkan angka 2, di Amerika isyarat tangan seperti ini melambangkan kedamaian atau ajakan damai. Sementara di Indonesia isyarat seperti ini ditunjukkan saat mengucap sumpah. Sedangkan di Inggris, Australia, Irlandia, dan Selandia Baru isyarat tangan ini menandakan bahwa kamu nggak sopan dan sering digunakan sebagai isyarat jijik atau menentang kekuasaan.

7. “Ke sini?”

Nggak hanya di Indonesia, negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Australia pun menggunakan isyarat tangan seperti ini untuk menyuruh seseorang datang mendekat. Sementara di Filipina, isyarat kayak gini justru sangat menghina karena biasanya isyarat tangan seperti ini ditujukan untuk berkomunikasi dengan anjing.

8. Jari yang nunjuk

Beberapa negara, jari jempol dan telunjuk yang terbuka seakan sedang menunjuk sesuatu yang bisa berarti angka. Seperti di Belgia, Belanda, Jerman, dan Austria yang menggunakan isyarat tangan seperti ini untuk menunjukkan angka 2. Sementara di Tiongkok untuk menunjukkan angka 8. Tapi kalau di Italia mengindikasikan ada sesuatu yang nggak beres tuh.

9. Lambaian tangan tanda mengusir

Beda banget nih. Kalau di Indonesia dan negara-negara berbahasa Inggris, lambaian tangan maju mundur dengan telapak tangan menghadap ke bawah ini berarti kamu sedang mengusir atau ingin seseorang pergi. Nah, kalau di Filipina, Vietnam, India, dan Ghana isyarat tangan kayak gini justru digunakan untuk memanggil atau menyuruh mendekat. Come here!

Sama seperti bahasa lisan, isyarat tangan berbeda antara satu budaya dengan budaya lainnya. Ini bisa terjadi karena belum ada kesepakatan secara universal mengenai isyarat tangan. Kalau kamu lagi berencana ingin mengunjungi negara-negara yang disebutkan di atas, ada baiknya kamu juga mengingat beberapa isyarat dan artinya biar nggak salah sangka, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES