Jangan Kasih Kendor! Ini 5 Tips Anti Lelah Berolahraga Saat Puasa

07 Mei 2018
|Chandra W.
0SHARES

Puasa yang diharapkan menjadi salah satu medium agar tubuh jadi sehat dan cenderung ramping, justru bisa jadi kebalikannya jika kamu kalap jajan setiap buka puasa. Merasa kelelahan dan mudah haus biasanya jadi alasan seseorang menghentikan olahraga selama bulan Ramadhan. Padahal, kamu bisa dan dianjurkan terus beraktivitas fisik meski sedang berpuasa. Tentu saja ada bedanya dengan hari-hari biasa. 

1. Pertama, perhatikan waktu olahraga. Jangan di siang hari dong

Ada yang mengatakan bahwa waktu olahraga terbaik saat berpuasa adalah 30-60 menit menjelang berbuka. Sebab, setelah itu kalori akan langsung dapat terganti oleh asupan yang didapat saat buka puasa. Tapi ada juga yang menyarankan setelah berbuka puasa. Nah ini tergantung bagaimana ketahanan tubuhmu. Kalau kamu tipikal yang mudah lemas, lebih baik berolahraga setelah jam buka puasa saja. Tapi jangan menjelang tidur, karena bisa menyebabkan insomnia. Jangan sampai susah bangun sahur karena nggak bisa tidur semalaman akibat berolahraga sebelum tidur. 

2. Pilih olahraga yang ringan dan menyenangkan

Ya kali mau hiking atau HIIT (High Intensity Interval Training) pas puasa. Jangan siksa dirimu. Lebih baik kamu jalan-jalan, jogging dan bersepeda keliling kompleks atau keliling kota saja. Selain sehat dan ringan, sambil ngabuburit juga. Seru banget! Selain itu kamu juga boleh melakukan peregangan otot, yoga atau latihan ringan seperti sit up dan push up.

3. Tetap jaga asupan makanan. Jangan kalap!

Tujuan puasa itu apa coba? Menahan nafsu, kan? Nggak berarti juga nafsu makanmu boleh digas pol saat berbuka. Memang agak sulit sih mengendalikan ini di Indonesia yang semua daerahnya menjelma jadi surga jajanan saat menjelang buka puasa setiap bulan Ramadhan. Tapi, kamu pasti bisa kok. Caranya adalah makan dengan porsi biasa atau sama saja dengan asupan sehari-hari. Hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Sebab, tubuhmu akan lebih mudah lelah. Kalau sudah begitu, pasti malas olahraganya.

4. Minum air mineral yang banyak supaya nggak dehidrasi

Sehari-hari, kita dianjurkan untuk minum air mineral 1,5-2 liter atau sekitar delapan gelas. Saat puasa juga ini tetap bisa dilakukan, hanya dengan pola dan rentang waktu berbeda. Anjurannya adalah dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka dan empat gelas selama waktu dari berbuka hingga sahur. Dengan begini, tubuhmu akan terhindar dari dehidrasi dan olahraga bisa tetap lancar. 

5. Pilih tempat yang sejuk, indoor disarankan

Kalau kamu berolahraga sore saat cuaca terik, kamu akan kehausan. Jadi pilihlah tempat olahraga indoor atau outdoor tapi yang rindang. Meskipun indoor, jika kamu memilih berolahraga sebelum buka puasa, usahakan jangan berenang ya. Sebab, berenang bisa secara tidak sengaja membatalkan puasamu. Sambil menyelam minum air yang banyak gitu misalnya. Bisa saja kan?

Dengan melakukan olahraga selama puasa, dijamin semua bakal pangling waktu lebaran. Nggak mau dong lebaran bertemu semua saudara dan dibilang, 'Lagi isi ya?' Hmm isi jajanan pasar kali. Jangan kasih kendor!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES