Jangan Kasih Kalap, Ikuti 5 Tips Ini Agar Tetap Hemat Saat Belanja Lebaran!

06 Juni 2018
|Romlah Sundari

Siapa yang masih mengikuti tradisi beli baju baru saat lebaran? Tradisi ini tampaknya menjadi salah satu tradisi yang membahagiakan nggak hanya umat muslim saja, tapi juga para pedagang sekaligus pemburu diskon. Pusat-pusat perbelanjaan selalu penuh berdesakan oleh orang-orang yang mencari baju lebaran dan baju diskonan.

Nggak ada yang salah dari tradisi ini sebenarnya. Hanya saja, kita kerap kalap belanja hingga akhirnya membeli hal-hal yang nggak dibutuhkan atau malah membuat rekening kita menangis sehabis lebaran. Padahal, kebutuhan lain selain baju baru juga masih banyak. Nah, biar nggak kalap dan berakhir menyesal, yuk ikuti tips hemat belanja lebaran di bawah ini!

1. Jangan belanja dalam keadaan lapar

Aturan pertama saat belanja, apapun dan kapanpun itu, adalah jangan belanja dalam keadaan lapar. Usahakan kamu sudah makan sebelum pergi belanja agar kamu dapat berpikir lebih jernih saat memutuskan akan membeli sesuatu. Jika kamu berbelanja saat bulan Ramadan, ada baiknya kamu melakukannya setelah berbuka puasa.

2. Atur dan tentukan anggaran belanja lebaran dengan cermat dan realistis

Budgeting, atau mengatur pos-pos anggaran ini penting banget untuk dilakukan. Nggak cuma waktu belanja lebaran aja, tapi juga untuk mengatur pengeluaran bulanan. Tapi pengaturan ini haruslah cermat dan realistis. Pikirkan juga berbagai pengeluaran lebaran lainnya seperti ongkos mudik, THR keponakan, hingga oleh-oleh untuk saudara dan kerabat di kampung halaman.

3. Pilih berbelanja di pusat grosir alih-alih Mall

Kita semua tahu bahwa berbelanja di pusat grosir akan jauh lebih murah daripada berbelanja di Mall. Jika Mall biasanya lebih disenangi karena tidak harus berdesakan dan lokasinya lebih nyaman, saat menjelang lebaran sebenarnya Mall dan pusat grosir akan sama-sama penuh sesak oleh pembeli. Dan bukankah lebih baik berdesakan tapi dapat barang lebih murah daripada berdesakan dan tetap hanya bisa membeli sedikit karena mahal?

4. Manfaatkan diskon, tapi tetap waspada!

Saat mendekati lebaran, diskon memang bertaburan di mana-mana. Dari pusat perbelanjaan hingga toko online, kita bisa menemukan berbagai barang diskonan. Akan tetapi kita juga harus waspada karena nggak semua diskon itu jujur. Beberapa pihak kerap melonjakkan harga terlebih dahulu baru mendiskonnya. Dan harga akhir yang kamu dapat pun sama saja seperti harga barang saat nggak diskon.

5. Cermat saat memilih baju, jangan sampai menyesal

Ada harga ada barang. Meski bertebaran diskon yang menggiurkan, tapi seringkali barang yang didiskon merupakan stok lama atau justru barang yang cacat. Karena itu, kamu harus mencermati tiap item yang kamu pilih untuk memastikan bahwa barang tersebut berkualitas baik.

6. Bedakan keinginan dan kebutuhan

Pada akhirnya, kamu harus belajar memilah antara kebutuhan dan keinginan. Karena kebutuhan itu berbatas sedangkan keinginan nggak ada habisnya. Sesuaikan dengan budget kamu, dan beli barang-barang yang memang kamu butuhkan. Jangan sampai kamu membeli hal-hal yang nantinya nggak terpakai karena kamu memang nggak butuh.

Lebaran memang menyenangkan dengan segala tradisinya, THR dan kesempatan bertemu dengan keluarga. Akan tetapi ingat untuk tetap menjaga kondisi keuangan kita sehat, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
SHARES