Jangan Kalap Apalagi Khilaf, Ini 5 Tips Mengelola Uang THR Agar Berfaedah

05 Juni 2018
|Chandra W.
0SHARES

Bagi kamu yang sudah bekerja, pasti pertengahan puasa bawaannya sudah senyum-senyum sendiri mendambakan kehadiran si manis bernama THR yang akan turun menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dalam benak sudah terbayang baju baru, makeup, dan banyak lagi. Eits, jangan terlalu senang dulu. Nanti ujung-ujungnya malah habis entah untuk apa. Sebelum buru-buru menghabiskan THR untuk hal-hal tidak berguna dan untuk barang yang dibeli karena 'lucu aja', simak tips berikut. 

1. Catat pengeluaran untuk lebaran dalam skala prioritas

Beli oleh-oleh, beli baju, ongkos mudik, sampai memberi uang lebaran ke saudara-saudara terutama keponakan-keponakan yang masih kecil itu. Catat dulu semuanya, urutkan sesuai prioritas, jangan sampai ada yang terlewat. 

2. Dahulukan membayar kewajiban

Zakat fitrah, hutang, cicilan, kredit dan segala tagihan yang masih belum terbayar wajib didahulukan. Jangan berani-berani bersenang-senang dengan uang THR jika kewajibanmu belum tuntas. Mungkin kamu jadi agak sulit membeli pakaian atau barang-barang lain, tapi setidaknya kamu juga telah terbebas dari macam-macam tanggungan selepas lebaran nanti.

3. Sisihkan sebagian untuk orangtua

Orangtua memang hanya mengharapkan kehadiran dan kebersamaanmu saat hari raya, tapi nggak ada salahnya memberi sebagian THR untuk mereka. Ingat, tanpa orangtua, kamu nggak akan bisa mencapai posisi yang sekarang, lho. Jangan ditransfer, berikan saja saat kamu sudah sampai di kampung halaman. Cium tangan mereka, lalu berikan. 

4. Bedakan keinginan dan kebutuhan

Karena besaran THR rata-rata satu kali gaji yang artinya cukup besar, keinginan untuk membeli barang-barang dengan nilai tinggi pun meningkat. Gadget terbaru, misalnya. Di sini kamu harus bisa membedakan mana yang keinginan mana yang kebutuhan. Jika handphone masih layak pakai, untuk apa beli lagi?

5. Tabung sebagian

THR ini sebenarnya seperti bonus gaji setelah setahun bekerja. Jadi betapa sayangnya jika kamu habiskan semua tuntas tak bersisa. Sisihkan setidaknya 30-50% untuk ditabung. Selain menabungnya di bank, kamu juga dapat menabungnya dalam bentuk investasi, misalnya emas. 

Jadi, jangan sampai baru terima THR hari ini, besok sudah habis hanya untuk menuruti hasrat membeli barang diskonan ya. Setahun sekali doang, jangan sampai sia-sia terbuang. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES