Jangan Kalah Sama Lapar! Ini 7 Tips Semangat Bekerja Meski Sedang Puasa

26 Mei 2018
|Chandra W.
72SHARES

Awal bulan puasa, tubuh pasti membutuhkan waktu untuk beradaptasi sejenak. Merasa lemas di siang hari, kelaparan di jam-jam antara sarapan dan makan siang, selalu ingin tidur dan masih banyak lagi. Begitu pula saat bekerja. Jika pada hari-hari biasa, kamu semangat bekerja, bisa jadi semangat agak menurun karena berpuasa. Padahal, bekerja juga beribadah. Masa mau kalah sama lapar dan haus? Sayang dong puasanya. Biar tetap semangat, ikuti tujuh tips berikut ini yuk. 

1. Semua diawali dari niat bekerja dengan ikhlas

Apapun yang kamu lakukan, kalau nggak niat dari awal, percuma. Niat ini yang mendasari manusia melakukan kegiatan dengan maksimal. Ingatlah bahwa puasa dan pekerjaan sama-sama kewajiban yang akan membawa kebaikan untuk hidupmu. Dengan niat, kamu bisa melakukan langkah-langkah selanjutnya dengan lebih ringan.

2. Makan sahur yang cukup

Makan sahur sangat penting dan dianjurkan untuk memenuhi energi seharian selama berpuasa. Tidak perlu makan berlebihan karena justru akan membuat tubuh mudah lemas. Seimbangkan asupan makanan, perbanyak sayur dan buah serta makanan berserat lainnya agar kenyangmu lebih tahan lama. Jangan lupa juga minum air putih yang cukup. 

3. Tidur cukup agar tubuh segar

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tidur cukup membuat badan lebih segar saat bangun di keesokan harinya. Tapi, bukan hanya durasi yang penting melainkan juga waktu tidur itu sendiri. Kalau kamu tidur 5-7 jam tapi baru tidur pukul satu malam, bagaimana mau sehat?

Saat puasa, kamu harus bangun sahur sekitar pukul tiga pagi. Jika kamu pekerja yang harus berangkat pagi sekitar pukul 7 atau 8, maka setelah sahur tidak ada waktu untuk tidur lagi. Jadi, tidurlah pada pukul 9 atau 10 malam hingga pukul 3 pagi. Dengan begitu, tubuhmu tetap mendapatkan porsi tidur cukup dan tidak akan kelelahan esok harinya. 

4. Rehat sejenak di kantor

Tidak semangat saat bekerja bisa juga muncul dari kebosanan. Sekitar jam istirahat biasanya rasa ini mulai menyerang. Jika pada hari-hari biasa kamu dapat melawan kebosanan dengan ngemil, ketika puasa kamu harus sedikit lebih kreatif. Kamu bisa jalan-jalan sebentar baik di dalam area kantor atau ke luar ke taman misalnya. Atau kamu juga bisa menonton TV / drama / film di komputer. Jika kantormu menyediakan fasilitas permainan seperti UNO atau foosball, pakai saja. Lumayan kan menghilangkan kejenuhan dan bisa bikin lebih akrab dengan teman kerja. 

5. Mengurangi asupan kafein

Kafein memang bisa membuat seseorang lebih terjaga dan berenergi. Tapi ternyata, mengonsumsi kafein setiap sahur dan berbuka justru bisa meningkatkan asam lambung yang selanjutnya bikin puasamu nggak nyaman. Sebenarnya lebih aman dikonsumsi setelah berbuka karena setelah itu masih ada waktu panjang untuk memakan makanan lainnya. Jadi, buat yang hobi banget ngopi dan ngeteh, dikurangin dulu deh ya. 

6. Tidur siang atau mendengarkan musik

Selain alternatif jalan-jalan dan bermain tadi, kamu juga bisa menggunakan sedikit waktu istirahat untuk tidur atau hanya rebahan sambil mendengarkan musik. 30 menit saja sudah cukup kok untuk membuatmu merasa segar kembali dan siap untuk melanjutkan pekerjaan. 

7. Menyibukkan diri dengan beribadah

Karena ini adalah bulan yang sangat tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, sayang sekali jika tidak dimanfaatkan untuk beribadah. Meskipun bekerja dan tidur juga adalah ibadah, kamu bisa terus mendorong kemauan diri sendiri untuk melakukan ibadah yang biasanya jarang kamu lakukan. Mulai dari membaca Al-Quran sampai sedekah langsung ke panti asuhan, misalnya.

Beribadah membantu manusia mengisi celah-celah kosong yang dirasa kurang selama ini. Cobain deh, pasti kamu akan merasakan manfaatnya dan itu akan berimbas pada caramu memandang hidup, apalagi kalau hanya untuk menjaga semangat bekerja. Dengan beribadah, kamu jadi ingat tujuanmu bekerja itu untuk apa dan untuk siapa. 

Itu dia tujuh cara agar tetap semangat bekerja meskipun sedang berpuasa. Nggak sulit, kan? Selamat bekerja!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
72SHARES