Jangan Diabaikan Lagi, Begini Cara Aman Mengolah Frozen Food

unsplash.com

Belakangan ini, ketenaran frozen food terus meningkat. Apalagi setelah adanya pandemi yang merebak. Makanan beku ini sering dijadikan andalan sebagai stok makanan yang dapat bertahan lama oleh banyak kalangan. Tak hanya untuk ibu rumah tangga, frozen food juga bisa menjadi penyelamat bagi anak kos ketika lapar di tengah malam dan mungkin ingin berhemat di akhir bulan. 

Meski penikmat frozen food saat ini sudah sangat banyak, ternyata ditemukan sebuah fakta bahwa tak semua orang dapat mengolah makanan beku dengan cara yang benar dan lebih aman. Perhatikan langkah berikut ini agar makanan beku yang disantap tak berubah menjadi sesuatu yang membahayakan dan membawa penyakit ke tubuh. 

1. Mencairkan terlebih dulu

pinterest.com

Bagaimana caramu mencairkan frozen food sebelum mengolahnya? Apakah didiamkan begitu saja di meja? Seorang ahli nutrisi dari Amerika Serikat bernama Jennifer Stack merekomendasikan untuk tidak mencairkan frozen food dengan suhu ruangan. Suhu yang aman dan pas adalah yang cukup dingin.

Sebelum mengolah, kamu bisa membiarkannya tersimpan di lemari es bagian bawah atau dengan meletakkannya di dalam air dingin yang berada di dalam microwave. Untuk penyimpanan di dalam lemari es bagian bawah, kamu akan butuh waktu lebih lama. Tak bisa dalam kurun waktu 1-2 jam. Paling tidak ini butuh waktu sekirat 12 jaman.

2. Termometer makanan

www.eatthis.com

Agar frozen food tetap enak dan aman dikonsumsi, kamu harus memastikan suhunya sudah pas ketika akan dimasak. Cara terbaik untuk mengetahui suhu yang tepat tentu saja dengan menggunakan termometer makanan. Bukan hanya dengan perkiraan.

Untuk buah-buahan dan sayur, suhu internal yang direkomendasikan adalah 165? F. Untuk daging, suhu internalnya harus 145?F. Kamu bisa membaca bagian kemasan juga yang sudah tercantum mengenai suhu yang disarankan. 

3. Wajib dimasak terlebih dahulu

www.businessinsider.com

Jangan pernah tertipu dengan penampilan makanan beku. Meski terkadang ada yang warnanya sudah nampak kecoklatan layaknya makanan setelah digoreng, kamu tetap harus memasaknya sebelum menyantapnya. Semua makanan beku adalah makanan mentah.

Kamu bisa membaca pada bagian labelnya pasti akan ada kalimat yang menyatakan bawah makanan itu siap untuk diolah, bukan siap disantap langsung. Jika mengonsumsinya tanpa memasaknya terlebih dahulu, itu sama saja dengan menyantap makanan mentah. 

4. Perhatikan batas waktu penyimpanan
www.pexels.com

Meski frozen food dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama, bukan berarti tak ada batas waktu penyimpanan agar makanan tetap layak dikonsumsi, memiliki rasa, serta terkstur yang tak berubah. Untuk daging giling, kamu dapat menyimpannya hingga 3-4 bulan. Daging mentah dapat disimpan selama 4-12 bulan. Sedangkan daging unggas, biasanya bisa bertahan hingga 12 bulan.

Untuk itu, kamu perlu memberi tanda atau tanggal pada kemasan ketika membeli agar tahu sudah berapa lama froozen food itu disimpan. Jangan lupa juga untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa dari pabrik. 

Tips penting lainnya agar makanan beku tetap berkualitas hingga batas akhir penyimpanan adalah dengan memastikan menyimpannya dengan benar. Pastikan menggunakan wadah yang tertutup rapat. Ketika membeli makanan, pastikan juga wadahnya masih utuh dan bagus. 

Ketika memiliki frozen food di dalam freezer padahal sedang mati listrik, jangan malah mengeluarkan makanan tersebut atau membuka kulkas. Biarkan saja tertutup. Makanan itu akan baik-baik saja. Jangan lupa juga untuk memastikan tak ada cairan yang menetes dari frozen food ke makanan lain atau ke lemari es. Jika ada, segera bersihkan agar tak mengkontaminasi makanan lainnya. 

Dengan mengikuti tips di atas, kamu bakal tetap bisa menyantap makanan beku kesukaanmu tanpa ada perubahan rasa dan tekstur. Meski bisa diolah secara instan, jangan sampai kamu mengabaikan aspek esensial di atas juga, ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kurang Riset, 5 Adegan Medis Sinetron Indonesia Ini Terkesan Nggak Logis | Keepo.me

Kurang Riset, 5 Adegan Medis Sinetron Indonesia Ini Terkesan Nggak Logis | Keepo.me

Inspirasi DIY Backdrop Foto Indoor yang Manis untuk Acara Engangement

Inspirasi DIY Backdrop Foto Indoor yang Manis untuk Acara Engangement

Sederet Artis Ini Dulu Fisiknya Dihina, Kini Glow Up Dan Bikin Pangling | Keepo.me

Sederet Artis Ini Dulu Fisiknya Dihina, Kini Glow Up Dan Bikin Pangling | Keepo.me

Styling Turtleneck Hitam untuk Penampilan Glamor Layaknya Para Influencer

Styling Turtleneck Hitam untuk Penampilan Glamor Layaknya Para Influencer

Stress PPKM Diperpanjang, Dinar Candy Turun Ke Jalan Pakai Bikini, Terancam Bui 10 Tahun? | Keepo.me

Stress PPKM Diperpanjang, Dinar Candy Turun Ke Jalan Pakai Bikini, Terancam Bui 10 Tahun? | Keepo.me

Bahaya yang Mengancam Jika Tidak Mencuci Minuman Kaleng Sebelum Membukanya

Bahaya yang Mengancam Jika Tidak Mencuci Minuman Kaleng Sebelum Membukanya

loading