Jangan Bete, Ini Trik Berkelit dari Pertanyaan Kepo dan Ngeselin Saat Kumpul Keluarga!

www.feedme.id

Lebaran bagi umat Muslim di Indonesia lebih dari sekadar hari kemenangan, tetapi ada beberapa tradisi yang membuat hari lebaran menjadi hari yang paling dirindukan. Opor ayam, ketupat, rendang, gulai kambing, dan THR adalah segelintir dari hal-hal ‘magis’ yang paling membuat suasana lebaran terasa spesial. 

Tetapi tak semua hal di hari raya terasa menggembirakan. Terutama saat bertemu dengan sanak saudara yang sudah lama tak saling jumpa. Biasanya akan selalu ada beberapa pertanyaan yang akan dilontarkan oleh tante, om, atau sepupu sebagai bahan obrolan dalam bertegur sapa. Namun ada beberapa pertanyaan yang justru terdengar seperti basa-basi tetapi nyubit di hati. Tenang, di bawah ini ada beberapa tips untuk menepis pertanyaan-pertanyaan klasik dari saudara saat di hari raya.

1. Eh kok udah gede aja sekarang?

tabloid-desa.com

Pertanyaan ‘basic’ ini seringkali muncul saat sedang berkumpul atau bersilaturahmi dengan sanak saudara. Meski hanya tidak bertemu setahun dua tahun saja, pertumbuhan seperti menjadi hal yang sangat mengejutkan bagi mereka. Biasanya orang yang mendapat pertanyaan ini pun jawabannya seragam, cuma menjawab "hehehe iya".

Cara aman untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan sedikit menyelipkan candaan di dalamnya. “Hehe iya dong om/tante, emangnya aku pohon bonsai nggak bisa tumbuh gede hehehe”

2. Kok sekarang gendutan?

www.rollingstone.com

Pertanyaan yang sedikit terdengar sensitif ini memang tak jarang dilontarkan sebagian orang saat melihat saudara sedikit terlihat berisi dari terakhir kali bertemu. Untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan tetap tenang, berikan ekspresi ramahmu seraya menjawab “Hehehe iya om/tante, efek dari hidup bahagia” atau bisa juga dengan candaan “Iya nih om/tante, kebetulan di rumah banyak sarang tawon. Jadi sering disengat gitu pas mau keluar rumah. Jadi aja gini hehehehe”

3. Udah keterima kuliah di mana? Hah, di mana itu?

hellosehat.com

Pertanyaan pertama mungkin terdengar biasa saja. Tetapi pertanyaan susulan tentang ketidaktahuan mereka itu lah yang membuat hati dirundung pilu. Menjelaskan pun hanya berujung tanggapan “Ooh” atau malah lebih buruknya lagi, “Nggak pernah denger tuh.” Buat kalian yang pernah merasakan susahnya masuk PTN favorit, jangan lampiaskan amarahmu saat mendengar pertanyaan seperti ini. 

Tips untuk menangani orang yang cuma tahu perguruan tinggi favorit saja adalah dengan cara menjawab “Masa sih om/tante nggak tahu? Padahal itu PTN terkenal lho. Pernah dijadiin lokasi syuting sinetron juga” 

4. Gimana skripsinya? Kapan lulus?
www.idntimes.com

Skripsi adalah bahasan yang paling sensitif bagi mahasiswa tingkat akhir yang deritanya juga tak pernah berakhir. Meski sudah bersembunyi dan menyelinap di antara banyak orang, tetapi pertanyaan ini seperti membuntuti tiada henti. Jalan satu-satunya adalah dengan menghadapinya dengan jawaban-jawaban penuh percaya diri.

Tepis pertanyaan menjengkelkan ini dengan menjawab “Ini juga lagi getol-getolnya dikerjain kok. Doain aja yah semoga cepat lulus” atau bisa juga kamu jawab “Jadi gini, actually aku sudah berusaha sekuat tenaga gitu untuk bisa graduated. Cuma sometimes people like me tuh lebih menikmati kuliah sebagai experience, bukan jadi beban. Which means aku gak mau cepet lulus tapi ujung-ujungnya nganggur juga. Karena menurutku, kunci kesuksesan adalah key of success.” 

5. Lagi sibuk apa sekarang?
www.bekasiurbancity.com

Pertanyaan basa-basi selanjutnya adalah tentang kesibukan apa yang sedang kamu kerjakan. Sebenanrnya pertanyaan di atas tidak selalu harus dikonotasikan negatif, karena pertanyaan tersebut juga bisa sebagai tanda bahwa saudaramu ingin tahu sampai mana perkembanganmu.

Tak perlu dimasukkan ke hati jika kamu masih dalam posisi menganggur, cukup dengan jawab “Lagi sibuk menata diri untuk menyambut jodohku nanti. Btw, om/tante punya kenalan nggak? Bisa kali hehehe”

6. Mana nih, kok calonnya nggak dibawa?

www.yukepo.com

Buat kamu yang sudah nggak kebagian THR lagi, biasanya bakal kebagian pertanyaan tentang pasangan kayak gini. Pertanyaan ini biasanya akan dilontarkan oleh om atau tante sebagai bahan candaan. 

Jadi pertanyaan ini pun jangan terlalu diseriusin, sedikit dijawab dengan nada bercanda seperti “Hehehe aku masih jomblo om/tante. Terakhir punya pacar pas masih TK nol besar :(” 

7. Kapan nikah?

islamidia.com

Pertanyaan ini sering muncul bagi kamu yang sudah matang dalam segi ekonomi tetapi masih tetap sendiri. Mungkin jika terlalu sering mendengar pertanyaan ini, jadi kesel sendiri juga. Tetapi ingat, harus tetap tenang saat menjawab pertanyaan ini. Jangan emosi apalagi sampai banting meja. 

Pertanyaan ini hanya perlu dijawab dengan cerdas seperti “Jodohku masih dijaga Tuhan, nanti jika sudah waktunya tiba, dia akan datang dengan sendirinya” atau kalo nggak mau terkesan serius banget, jawab saja “Besok deh nikah, kalau nggak hujan.”

Itu tadi tips untuk menangkis beberapa pertanyaan yang terdengar rese saat lebaran. Jangan sampai momen kemenangan di hari raya jadi terkesan menjengkelkan karena munculnya beberapa pertanyaan di atas. Semoga kita semua bisa terhindari dari saudara-saudara yang sok asik dan kepo berlebihan di hari raya nanti. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jokowi Resmikan Monumen Kapsul Waktu, Tempat Menyemai Mimpi Anak-Anak Indonesia - Keepodotme

Jokowi Resmikan Monumen Kapsul Waktu, Tempat Menyemai Mimpi Anak-Anak Indonesia - Keepodotme

Malam Takbiran Hampir Tiba, 5 Tipe Bocah Ini Bakal Kamu Temui Saat Takbir Keliling

Malam Takbiran Hampir Tiba, 5 Tipe Bocah Ini Bakal Kamu Temui Saat Takbir Keliling

Filler Puting dan Citra Payudara Ideal - Keepodotme

Filler Puting dan Citra Payudara Ideal - Keepodotme

10 Jokes Receh Cowok yang Bikin Ketawa dan Makin Cinta. Beruntung Kalau Bersama Dia

10 Jokes Receh Cowok yang Bikin Ketawa dan Makin Cinta. Beruntung Kalau Bersama Dia

Ingin Memanjakan Karyawan, Perusahaan Ini Bikin Aturan Cuti Khusus  Untuk Masturbasi.  - Keepodotme

Ingin Memanjakan Karyawan, Perusahaan Ini Bikin Aturan Cuti Khusus Untuk Masturbasi.  - Keepodotme

Jadilah Dewasa, Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Memaafkan Mantan Saat Ramadan

Jadilah Dewasa, Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Memaafkan Mantan Saat Ramadan

loading