Jangan Baper, Mengucapkan Selamat Hari Raya ke Penganut Agama Lain Boleh Kok, Ini Alasannya!

metro.co.uk

Saat mendekati waktu hari raya agama lain, umat Islam kerap dilanda kebimbangan. Bolehkah mengucapkan selamat hari raya kepada para penganut agama lain? Beberapa pihak bersikeras bahwa ucapan selamat hari raya itu hukumnya haram. Sedang beberapa lainnya berpendapat bahwa hal tersebut diperbolehkan. Meski hingga saat ini umat muslim belum satu suara mengenai hukum mengucapkan selamat hari raya ini, namun berikut lima pertimbangan mengapa mengucapkan selamat hari raya diperbolehkan. Yuk, simak!

1. Mengucapkan selamat hari raya bukan berarti membenarkan ajaran penganut agama lain

darkroom.baltimoresun.com

Beberapa pihak melarang ucapan selamat ini karena beranggapan bahwa dengan mengucapkan selamat, berarti kita telah mengakui dan membenarkan ajaran agama lain. Hal ini tentu saja dapat membuat seorang muslim menjadi ‘kafir’. Akan tetapi hal ini kembali kepada pribadi dan niat masing-masing. Jika ucapan selamat dilakukan semata demi menjaga hubungan baik dan bukan dengan maksud membenarkan ajaran agama tersebut, maka hal ini diperbolehkan. Meski orang lain yang mendengar mungkin merasa bahwa ucapan tersebut adalah sebuah pengakuan, tapi bukankah yang benar-benar mengetahui isi hati dan niatmu hanyalah Allah SWT?

2. Rasulullah melarang hadir dan ikut dalam perayaan agama lain, bukan memberi ucapan selamat

www.sify.com

Dalam hadits memang dijabarkan bahwa Rasulullah SAW melarang kita untuk hadir dan turut dalam perayaan agama lain. Akan tetapi tidak ada dalil Al-Quran maupun hadits yang secara jelas melarang ucapan selamat hari raya bagi penganut agama lain. Bahkan salah satu ayat Al-Quran dalam surat Al-Kafirun yang berbunyi “bagimu agamamu, bagiku agamaku” juga menunjukkan bahwa toleransi antaragama merupakan sesuatu yang penting untuk dimiliki.

3. Tidak sedikit pula ulama yang berpendapat bahwa memberi ucapan semata diperbolehkan

www.tumblr.com

Secara mengejutkan, ulama yang memperbolehkan ucapan selamat hari raya bagi penganut agama lain ternyata tidak sedikit. Meski yang terkenal adalah Dr. Quraisy Shihab, tapi ternyata ada banyak lagi yang lain, lho. Termasuk Syeikh Dr. Yusuf Al-Qaradawi, Dr. Mustafa Al-Zarqa, Dr. Abdussattar Fathullah Said, dan berbagai ulama baik dalam negeri maupun luar negeri lainnya.

4. Islam mengajarkan untuk menghormati dan membalas penghormatan dari orang lain
www.ndtv.com

Islam mengajarkan kita untuk berhubungan baik dengan orang lain, termasuk mereka yang menganut agama lain. Tidak berhenti di situ saja, Islam juga mengajarkan kita untuk membalas penghormatan dari orang lain. Oleh karena itu, membalas ucapan selamat hari raya kepada penganut agama lain yang mengucapkan selamat hari raya pula saat kita merayakan, menjadi bentuk pembalasan penghormatan yang diperbolehkan.

5. MUI pun tidak melarang ucapan selamat hari raya
aboutislam.net

Ya, MUI, selaku lembaga ulama yang memiliki legitimasi di skala nasional, tidak melarang ucapan selamat hari raya. Mereka memang telah mengeluarkan fatwa yang melarang umat Islam untuk turut merayakan hari raya agama lain. Namun fatwa tersebut tidak menyatakan bahwa memberi ucapan selamat pun dilarang. Bahkan ketua MUI tahun 2014-2015, Din Syamsudin, menyatakan bahwa memberi ucapan selamat semata tidaklah dilarang. Yang dilarang adalah mengikuti ritual atau upacara perayaan hari raya agama lain.

Nah, kelima alasan di atas menjadikan ucapan selamat hari raya bagi penganut agama lain merupakan sesuatu yang diperbolehkan. Akan tetapi semuanya kembali kepada diri masing-masing. Jika kamu merasa bahwa keimananmu terganggu dengan ucapan selamat tersebut, maka jangan lakukan. Akan tetapi jika ucapan tersebut hanya dilakukan sebagai bentuk menjaga hubungan baik dan persaudaraan antar umat beragama, maka hal tersebut diperbolehkan. Dan jika kamu masih ragu-ragu mengenai perkara ini, lebih baik tidak usah mengucapkan karena Rasulullah pernah menghimbau untuk menjauhi perkara yang syubhat atau meragukan.

Sudah jelas kan, guys? Nah, untuk lebih jelas lagi bagaimana menjadi umat Islam yang baik dan cinta damai, coba deh cek instagram @milenialislami, fan page Milenial Islami atau baca artikel di website milenialislami.id Agar menjadi milenial islami yang lebih cerdas, bertaqwa, dan toleran!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Catat! 11 Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

Catat! 11 Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

Indonesia Punya Akun Palsu Terbanyak, Ini 7 Alasan Seseorang Membuat Akun Palsu

Indonesia Punya Akun Palsu Terbanyak, Ini 7 Alasan Seseorang Membuat Akun Palsu

Anak Usia 20-an Harus Tahu, 7 Kesalahan Berkarier yang Sering Kamu Lakukan

Anak Usia 20-an Harus Tahu, 7 Kesalahan Berkarier yang Sering Kamu Lakukan

Dear Fresh Graduate, Begini 6 Cara Membuat Profil LinkedIn Menarik di Mata Employer

Dear Fresh Graduate, Begini 6 Cara Membuat Profil LinkedIn Menarik di Mata Employer

Inilah 7 Alasan Mengapa Cewek Berambut Panjang Terlihat 'Hot' di Mata Cowok!

Inilah 7 Alasan Mengapa Cewek Berambut Panjang Terlihat 'Hot' di Mata Cowok!

Beneran Nggak Pakai Modal. Kamu Bisa Cari Penghasilan Tambahan dengan 5 Cara Ini!

Beneran Nggak Pakai Modal. Kamu Bisa Cari Penghasilan Tambahan dengan 5 Cara Ini!

loading