Jangan Asal Timpuk Pakai Sandal, Ini Kenapa Laba-Laba Rumahan Nggak Boleh Dibunuh!

04 Juli 2018
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Di antara kamu mungkin sudah tidak asing dengan keberadaan laba-laba di rumah kamu. Biasanya, mereka senang membuat jaring-jaring di sudut langit-langit untuk menangkap hewan-hewan kecil yang menjadi makanannya. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa keberadaan serangga ini di rumah adalah suatu hal yang mengganggu, apalagi bagi orang-orang yang percaya mitos tentang sarang laba-laba yang konon merupakan tempat kesukaan makhluk halus.

Membersihkan rumah dari sarang laba-laba memang tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah saat kamu membunuh serangganya juga. Dilansir dari iflscience, ternyata keberadaan laba-laba bisa berdampak positif bagi lingkungan di sekitar rumah kamu lho. Yuk simak!

1. Mereka tidak berbahaya bagi manusia

Laba-laba bisa diklasifikasikan menjadi dua jenis jika ditinjau dari habitatnya. Ada yang lebih nyaman hidup di luar ruangan, dan ada juga yang senang hidup di dalam ruangan. Yang sering ditemui di rumah-rumah adalah jenis yang kedua, dan mereka tidak berbahaya bagi manusia. Beda kasusnya jika yang ditemukan di rumah kamu adalah laba-laba ganas seperti tarantula.

2. Mereka memakan hama

Laba-laba senang memakan hama-hama yang mengganggu seperti lalat, kecoa, tungau, dan nyamuk. Keberadaan hama yang disebutkan tadi justru dapat lebih mengganggu dan memberikan dampak buruk ketimbang laba-laba rumahan. Sekarang kamu pilih mana? Kecoa mode terbang atau laba-laba yang hanya asik nongkrong di sudut langit-langit ruangan kamu?

3. Menjaga kesehatan penghuni rumah

Mungkin kamu sudah tahu bahwa beberapa hama di rumah dapat menyebarkan penyakit-penyakit tertentu. Lalat dan kecoa seringkali menimbulkan masalah di kediaman kita. Bukan hanya keberadaannya yang bisa terkesan mengganggu, mereka juga bisa membawa beribu-ribu jenis penyakit dengan mudahnya lho. Oleh karena itu, keberadaan laba-laba bisa menekan populasi mereka sehingga risiko bagi penghuni rumah untuk terkena penyakit pun semakin kecil.

4. Mereka juga bisa bermanfaat bagi ekosistem rumah

Buat kamu yang suka menyimpan tanaman di rumah, keberadaan serangga berkaki delapan ini bisa jadi sangat menguntungkan lho. Entah itu disimpan di dalam ruangan atau di taman, tanaman sangat sensitif terhadap berbagai jenis hama. Kebetulan, makanan kesukaan laba-laba adalah hama-hama yang tidak hanya berdampak buruk kepada manusia, melainkan juga tanaman. Artinya, kalau kamu memilih untuk tidak membunuh laba-laba, kamu punya pemburu terampil hama tanaman gratisan di rumah kamu.

5. Yang berbahaya bukan mereka, tapi kita

Laba-laba sudah hidup sejak dinosaurus masih menguasai muka bumi ini. Artinya, keberadaan mereka jauh lebih tua dari kita. Ketika kita membunuh laba-laba yang tidak mengancam nyawa kita, artinya kita adalah predator yang berbahaya bagi keberadaan mereka dan bukan sebaliknya.

Kalau kamu tidak ingin membunuh tapi tetap tidak merasa nyaman dengan keberadaan mereka di rumah, kamu hanya perlu membersihkan sarangnya tanpa harus membunuh mereka kok. Kalau kamu rajin membersihkan sarang laba-laba di rumah, nantinya mereka akan berpindah dengan sendirinya ke tempat-tempat yang lebih tak terjamah.

Selain tidak berbahaya, mereka bisa juga menjadi pengusir hama yang ampuh untuk kesehatan ekosistem di rumah. Tapi kamu juga harus hati-hati ya kalau melihat laba-laba yang asing dan tidak pernah kamu lihat sebelumnya. Lebih baik kamu keluarkan saja serangga asing itu untuk berjaga-jaga. Meski demikian, kemungkinan serangga itu menggigit manusia sebenarnya sangat kecil. Yang penting kita tidak mengganggu dan dapat hidup berdampingan dengan damai.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES