Jangan Asal Percaya, 5 Mitos Aneh Seputar Menstruasi Ini Perlu Kamu Ketahui

08 Juni 2017
|Fatwah Diniaty
932SHARES

Menstruasi atau haid adalah siklus alami yang terjadi pada tubuh seorang wanita secara berkala yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Menstruasi biasanya terjadi tiap bulan selama kurang lebih 7 hari, sehingga banyak juga yang menyebutnya dengan tamu bulanan. Saat wanita mengalami menstruasi biasanya mood seorang wanita pun akan ikut berubah. Bisa aja sekarang ketawa-ketawa, tapi beberapa menit kemudian marah atau mungkin nangis. Semua perasaan itu dikarenakan kondisi hormon yang tidak stabil.

Nah guys, bagi kamu yang pernah mengalami menstruasi pasti pernah dong mendengar  mitos atau larangan-larangan seputar menstruasi yang tidak boleh kamu lakukan. Misalnya tidak boleh minum air dingin, tidak boleh keramas, ataupun tidak boleh berolahraga. Tapi sebelum kamu memercayai hal tersebut, ada baiknya kamu cari tahu dulu kebenaran dari larangan-larangan tersebut. Langsung aja yuk simak ulasannya di sini.

 

1. Minuman dingin dapat menghambat siklus menstruasi

Banyak orang beranggapan bahwa saat sedang haid, jika kamu meminum air dingin maka darah menstruasi akan membeku dan berpengaruh pada siklus menstruasi. Anggapan ini hanyalah mitos belaka lho, guys. Karena faktanya, minuman dingin tidak memengaruhi siklus menstruasi. Siklus menstruasi yang sebenarnya dipengaruhi oleh keseimbangan hormon, kesehatan fisik, dan kondisi psikologis lho ya, bukan karena dipengaruhi oleh air dingin. Jadi jangan sampai salah lagi.

2. Minuman bersoda dapat mempercepat menstruasi

Ada yang bilang kalau minum bersoda bisa bikin menstruasi kamu cepat beres. Anggapan seperti ini hanyalah mitos lho, guys. Tidak ada bukti penelitian jika minuman bersoda dapat memperlancar atau menghambat menstruasi. Akan tetapi jika saat menstruasi kamu banyak minum minuman bersoda, maka itu bisa membahayakan kesehatan kamu lho.

3. Tidak boleh keramas saat menstruasi

Jika kamu haid selama 7 hari maka kamu gak keramas selaa 7 hari juga dong? Duh gak kebayang deh gimana gatelnya kulit kepalamu kalau tidak keramas selama itu. Anggapan tidak boleh keramas saat sedang haid adalah salah. Karena keramas atau mencuci rambut ketika menstruasi tidak akan mengganggu kelancaran haid. Justru keramas sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan tubuh, sehingga mood pun meningkat dan kamu merasa nyaman meski sedang masa-masa menstruasi karena badanmu menjadi bersih dan wangi.

4. Tidak boleh berolahraga saat sedang menstruasi

Saat sedang haid justru kebanyakan wanita lebih memilih untuk tidak melakukan olahraga karena takut menimbulkan nyeri haid yang parah. Anggapan ini tidaklah benar, guys. Olahraga ringan justru membantu kamu untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Tapi ingat ya, jangan melakukan olahraga yang terlalu berat. Cukup olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, ataupun yoga.

5. Minum obat pereda nyeri haid saat menstruasi dapat mengganggu rahim atau kandungan

Hal ini tidaklah benar. Karena meminum obat pereda nyeri tidak akan mengakibatkan gangguan pada rahim ataupun mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh kamu selama kamu mengonsumsinya sesuai dengan dosis dan anjuran yang tertera pada setiap kemasan. Untuk obat pereda nyeri haid, usahakan untuk memilih obat yang mengandung paracetamol dan ekstrak hiosiami yang aman bagi tubuhmu ya.

6. Nah, inilah penjelasan seputar mitos aneh ketika menstruasi, yuk kita simak!

Itulah beberapa mitos seputar menstruasi yang berkembang di kalangan wanita. Tapi dengan adanya fakta-fakta ini kamu jangan sampai salah lagi ya dengan anggapan-anggapan seputar menstruasi di atas. Semoga bermanfaat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
932SHARES