Jadi Bahan Ajaib, Ini 10 Hack Baking Soda yang Bisa Buat Hidupmu lebih Mudah!

www.yukepo.com

Perlu diketahui bahwa sebenarnya ada banyak sekali manfaat-manfaat yang bisa diperoleh dari bahan-bahan makanan yang ada di dapur. Bukan hanya untuk kepentingan memasak saja, ternyata bahan-bahan sederhana itu memiliki segudang manfaat untuk keseharian kita.

Salah satu bahan yang mungkin sering kamu temui di dapur rumah adalah baking soda, khususnya bagi rumah-rumah yang anggota keluarganya sering memasak kue. Selain berfungsi sebagai pengembang kue, ternyata kita bisa memanfaatkan baking soda untuk kecantikan, kesehatan, dan juga keperluan rumah tangga. Nah kalau ingin tahu lebih lanjut apa saja manfaat-manfaat baking soda selain untuk digunakan sebagai pengembang kue, simak ya!

1. Obat kumur-kumur

www.wisegeek.com

Kandungan dalam baking soda ternyata bisa membantu menghilangkan bakteri-bakteri yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 100 ml air dan aduk sampai rata. Gunakanlah sebagai obat kumur saat pagi hari dan sebelum tidur.

2. Menghilangkan bau ketiak

health.howstuffworks.com

Meskipun deodoran konvensional memang cukup ampuh untuk menghilangkan bau ketiak, tapi ada beberapa efek samping yang kurang baik bagi kesehatan kulit. Buat yang tidak ingin mengambil resiko dari penggunaan deodoran pada umumnya, kamu bisa menggunakan baking soda sebagai alternatifnya.

3. Meredakan sakit akibat asam lambung

www.buoyhealth.com

Untuk menetralisir rasa sakit akibat asam lambung, campurkan seperempat sendok teh bahan ini ke dalam segelas air hangat untuk diminum. Tapi kalau sakit berlanjut segera periksakan ke dokter ya.

4. Penghilang gatal
www.youtube.com

Menggaruk area kulit yang gatal bisa membuat kulit kamu terluka. Jadi, jika di rumah kamu ada baking soda, lebih baik kamu gunakan saja bahan ini untuk menghilangkan gatal yang mengganggu. Siapkan satu sendok teh dan campur sedikit air, oleskan ke bagian yang gatal, tunggu selama beberapa menit, dan bilas dengan menggunakan air.

5. Mengurangi kulit pecah-pecah pada kaki
www.huffingtonpost.com

Tingkat asam basa pada baking soda dapat membantu memperbaiki kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Rendamlah kaki selama beberapa menit di dalam baskom air hangat yang sudah dicampur dengan dua sendok makan baking soda untuk merasakan khasiatnya.

6. Membersihkan toilet

mysimpleremedies.com

Produk pembersih dari bahan kimia bisa menguarkan zat yang berbahaya bagi tubuh manusia jika sirkulasi udara ruangan tidak terkondisikan dengan baik. Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, kamu juga bisa menggunakan bahan ini sebagai alternatif untuk membersihkan toilet. Taburkan baking soda ke toilet, sikat sampai merata, dan siram sampai bersih.

7. Menghilangkan noda gosong

www.youtube.com

Panci-panci di rumah seringkali dihiasi oleh noda gosong yang disebabkan oleh api kompor. Untuk mengembalikan panci seperti baru lagi, kamu hanya perlu menaburkan baking soda ke spons kawat, tambahkan sedikit cuka, dan gosok bagian yang gosong sebelum dicuci dengan sabun piring.

8. Pembersih perhiasan

www.youtube.com

Perhiasan tidak akan tampak indah lagi jika kilaunya mulai memudar. Agar terlihat seperti baru lagi, gosokkan baking soda ke perhiasan yang kamu miliki, diamkan selama lima menit, dan bersihkan dengan menggunakan air.

 

9. Pembersih buah dan sayuran
www.fithacker.biz

Selain bisa menghilangkan bakteri pada buah dan sayuran, bahan ini juga bisa mengurangi kadar pestisida yang berbahaya bagi tubuh. Caranya, campurkan baking soda dengan air, dan rendam buah atau sayuran di dalam campuran tersebut.

10. Pembersih noda bandel pada pakaian
www.thespruce.com

Untuk menghilangkan noda pakaian yang sulit dihilangkan, campurkan seperempat cangkir baking soda dengan deterjen yang hendak digunakan. 

Itulah beberapa khasiat dari baking soda yang mungkin belum diketahui banyak orang. Selain manfaat-manfaat di atas, baking soda seringkali dijadikan sebagai produk yang bisa mempercantik wajah. Akan tetapi, sebenarnya penggunaan baking soda yang berlebihan pada wajah dapat merusak kulit karena kandungan alkaline di dalamnya dapat mengikis kulit sedikit demi sedikit. Karena itu, daripada menggunakan baking soda di kulit, coba hack baking soda yang lain ini yuk!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Lagi PDKT Sama Cowok Leo? Biar Lancar, Kamu Harus Pahami Dulu 6 Karakter Ini!

Lagi PDKT Sama Cowok Leo? Biar Lancar, Kamu Harus Pahami Dulu 6 Karakter Ini!

Bangganya Jadi Anak Bungsu. Kamu yang Punya 7 Kelebihan Ini

Bangganya Jadi Anak Bungsu. Kamu yang Punya 7 Kelebihan Ini

Gaya Ngapel Pacaran Zaman Dulu Vs Zaman Sekarang, Mana yang Lebih Baik?

Gaya Ngapel Pacaran Zaman Dulu Vs Zaman Sekarang, Mana yang Lebih Baik?

Karya 3D Gemash Realistis Ini Cuma Bermodalkan Jarum, Kain Wol dan Ketekunan. Epic!

Karya 3D Gemash Realistis Ini Cuma Bermodalkan Jarum, Kain Wol dan Ketekunan. Epic!

Ingin Jadi Pahlawan Lingkungan? Terapkan Cara Mudah Diet Plastik Ini. Nggak Pakai Ribet!

Ingin Jadi Pahlawan Lingkungan? Terapkan Cara Mudah Diet Plastik Ini. Nggak Pakai Ribet!

7 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Berhenti Berusaha untuk Perbaiki Masalah Orang. Sekarang!

7 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Berhenti Berusaha untuk Perbaiki Masalah Orang. Sekarang!

loading