Intip 10 Inspirasi Home Decor dari Kayu yang Ramah Lingkungan Ini. Bye, Plastik Jahat!

21 Juni 2018
|Naftalia Inge Fabian

Setiap rumah tentunya memiliki konsep dan desain interior yang beragam, tergantung dari selera masing-masing pemiliknya. Apalagi di masa kini banyak sekali referensi interior rumah yang sederhana tapi tetap menawan dari internet. Nah kalau kamu masuk dalam tipe orang yang menyukai nuansa vintage ataupun rustic, kamu bisa memanfaatkan berbagai hiasan rumah yang terbuat dari kayu. Selain menambah kesan hangat di dalam rumah, hiasan dari kayu pun cenderung lebih ramah lingkungan daripada yang berbahan dasar plastik.

Berikut rekomendasi hiasan rumah yang cantik dan ramah lingkungan yang terbuat dari kayu. Yuk, simak!

1. Cermin dinding

Rumah tanpa adanya cermin rasanya kurang lengkap. Selain menjadi hiasan, cermin juga memiliki banyak fungsi yang menguntungkan bagi pemilik rumah. Macamnya pun beragam. Ada cermin rias, cermin hias, cermin kamar mandi hingga cermin dinding. Nah kalau kalian ingin cermin yang unik, pilih saja cermin yang berhiaskan aksen kayu seperti ini. Penampakan cermin nggak akan terlihat monoton lagi, bahkan terkesan sangat artistik. Tapi bersihkan dengan baik ya, karena ada banyak sela yang harus diperhatikan biar debu nggak numpuk.

2. Tempat gantungan kunci

Pernak-pernik dari kayu memang nggak ada matinya, bahkan tempat gantungan kunci seperti ini bisa terlihat chic karena berbahan dasar kayu. Selain kunci, kamu bisa menggantungkan benda-benda lain jika memang diperlukan. Sayangnya gantungan kunci ini agak repot ya penggunaannya, mengingat kuncinya harus diikat alih-alih digantung seperti biasa.

3. Jam dinding

Dari sekian perabot yang harus ada di dalam rumah, jam dinding termasuk salah satu benda yang nggak boleh terlewatkan. Tapi selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam dinding ternyata bisa juga menjadi pemanis dinding rumah kita lho. Contohnya aja jam dinding dari kayu seperti ini. Buat kamu yang ingin rumah bertemakan minimalis namun tetap memiliki kesan vintage, jam dinding kayu ini bisa jadi pilihan yang cocok banget.

4. Tempat lilin

Pengen suasana rumah lebih romantis? Kamu bisa menambahkan tempat lilin dari kayu seperti ini guys. Bisa diletakkan di meja makan atau diruang tamu. Ditambah dengan menggunakan lilin beraroma terapi, suasana rumah akan terasa lebih rileks dan menenangkan. Gimana? Udah pengen belom nambahin pernak-pernik kayu dirumah kamu?

5. Peralatan dapur

Masuk ke bagian rumah lainnya, dapur juga bisa diramaikan dengan peralatan yang berbahan dasar kayu. Bentuknya yang unik dan menggemaskan ini pasti banyak digandrungi oleh banyak ibu-ibu muda yang baru berumah tangga. Peralatan dapur dari kayu juga lebih ramah lingkungan dan lebih aman untuk digunakan bersama dengan anak-anak.

6. Pajangan depan pintu

Kalau yang satu ini tentu sudah sering dijumpai di banyak rumah, bentuknya yang beraneka ragam serta tulisan didalamnya yang bisa dipilih sesuka hati membuat pajangan depan pintu dari kayu ini banyak dipilih untuk sekedar memberikan kata sambutan sebelum masuk rumah, atau mencantumkan nama pemilik kamar. Sederhana tapi fungsional kan guys? Apa kamu juga salah satu yang sudah memakai pajangan depan pintu dari kayu?

7. Tempat peralatan mandi

Berbentuk seperti rak atau tangga mini, tempat peralatan mandi dari kayu ini nampak begitu elegan dan memiliki banyak ruang untuk menyimpan berbagai hal. Mulai dari handuk, sabun, shampoo dan peralatan lainnya bisa kamu tata dengan rapih di sini. Lebih hemat tempat dan terlihat mewah kan? Yakin nih nggak mau nyoba pakai perabot dari kayu seperti ini?

8. Celengan

Selain perabot berukuran besar, barang-barang yang terbuat dari kayu juga bisa ditemui dalam versi mini. Contohnya saja seperti celengan ini. Itung-itung sambil menabung uang receh yang ada didompet kamu, celengan ini pun bisa menjadi hiasan yang apik untuk kamar atau ruang pribadi kamu.

9. Vas bunga

Tak melulu terbuat dari plastik atau kaca, ternyata ada pula vas bunga yang terbuat dari kayu seperti ini. Menghadirkan kesan yang lebih alami, vas bunga dari kayu juga tidak rawan pecah ataupun bocor. Jadi kemungkinan akan lebih awet untuk jangka waktu yang cukup lama.

10. Rak buku

Buat kamu yang gemar mengoleksi buku, mungkin perlu perabotan dari kayu yang satu ini. Nggak melulu berbentuk membosankan, rupanya banyak juga lho rak buku dari kayu yang memiliki tampilan modis seperti ini. Jadi nggak perlu bingung mau diletakkan di mana, entah itu di kamar atau di ruang tamu sekalipun, rak buku dari kayu seperti ini akan tetap terlihat menarik.

Selain unik dan cantik, perabot home decor dari kayu memang lebih ramah lingkungan. Selagi bisa meminimalisir penggunaan plastik, nggak ada salahnya buat bereksperimen untuk mengisi rumah dengan perabotan yang lebih bersifat alami seperti kayu. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
SHARES