Inilah yang Terjadi Pada Afi Nihaya Setelah Viral Akibat Menulis Opini di Facebook

Life
0SHARES

Remaja asal Banyuwangi mendadak viral karena tulisannya di Facebook sangat kritis dan inspiratif. Ditemui di kantor Pemda Banyuwangi pada Kamis, 18 Mei 2017, Afi Nihaya Faradisa mengaku bahwa ia menonaktifkan akunnya sejak rabu malam karena kebanjiran komentar dan pesan khusus soal tulisannya yang menyoroti tentang keberagaman yang berjudul Warisan.

Ternyata tidak semua orang setuju dengan pemahaman Afi dalam tulisannya, beberapa diantaranya juga tidak segan-segan mengancam akan melaporkan Afi ke polisi jika terus-menerus menyuarakan opininya yang dinilai sangat liberal, sekuler dan tidak berpihak pada Islam. Menyikapi fakta demikian, Afi tidak mundur dan ia terus ingin membuat Indonesia terbuka wawasannya sehingga tidak sempit dalam berpikir jika ingin maju menjadi negara yang mau berkembang di masa depan.

Lantas apa yang terjadi pada Afi setelah mendadak viral karena tulisannya di Facebook? Daripada penasaran banget dengan kisah Afi ini, lebih baik kamu kepoin aja penjelasannya di bawah ini.

1. Ditawarin beasiswa oleh pemerintah Banyuwangi

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mendukung Afi yang dinilai siswa berprestasi ini. Beliau malah menawarkan Beasiswa Banyuwangi Cerdas kepada Afi untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Beasiswa ini sudah termasuk biaya kuliah dan biaya hidup gratis sampai wisuda. Wah, Afi beruntung sekali nih.

2. Jadi pembicara seminar

Universitas Tribuana Tungga Dewi yang tahu tentang makna berbobot yang terkandung dalam tulisan Afi memberanikan diri mengundang Afi ke Malang. Undangan ini dalam rangka mengajak Afi menjadi pembicara seminar berkaitan soal harapan untuk Indonesia di masa depan. Keren ya, bisa diberi ruang untuk berbicara dengan lebih leluasa.

3. Semakin semangat menulis topik perdamaian

Perbedaan yang ada di Indonesia membuat Afi bisa memandang bahwa sebenarnya Indonesia itu merupakan negara yang kaya akan keberagaman dan sumber daya alam. Dari lubuk hatinya yang paling dalam, ia ingin rakyat Indonesia menyukai perdamaian dengan banyaknya perbedaan yang dimiliki. Perasaan inilah yang membuat Afi terus semangat menulis sekalipun ia tidak henti-hentinya dicerca banyak orang. Baginya, pro dan kontra itu wajar, yang terpenting pesan dasar yang ada di pikirannya sudah tersampaikan.

4. Semakin bijak menanggapi komentar netizen

Tidak hanya menulis, Afi juga dengan setia menanggapi setiap komentar dari ribuan orang yang mendadak muncul di akun Facebook-nya. Tak jarang juga ia mengutip perkataan penulis buku-buku ternama untuk menjadi landasan pikirannya supaya ia semakin bijak untuk berkata-kata mengomentari tanggapan bahkan sanggahan banyak orang. Ternyata Afi suka baca juga ya, anak pintar!

5. Berani beritahu identitas aslinya

Banyak orang yang penasaran dengan sosok Afi akhirnya berhenti nge-stalk akun media sosialnya karena Afi mulai berani membuka identitas aslinya. Nama aslinya bukanlah Afi Nihaya Faradisa, tapi Asa Firda Inayah. Saat ini ia terdaftar sebagai murid kelas 3 di SMA Negeri 1 Gambiran, Banyuwangi. Afi itu hanyalah nama pena di mana ia sendiri ingin menyembunyikan identitas aslinya karena ingin menyampaikan pesan kebaikan secara anonim di dunia maya. Tak hanya itu, ia juga merupakan admin paling muda yang juga berhasil membongkar tulisan 'hoax' yang beredar di media sosial. Akhirnya, Afi buka topengnya juga ya tentang siapa dia sebenarnya.

Menyuarakan pesan positif juga harus berani menghadapi pro dan kontra dari masyarakat luas. Jika sebagai generasi muda saja, Afi berani melakukan hal ekstrem demikian. Mengapa kamu tidak? Selama tujuanmu benar dan mulia untuk membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik, lakukan saja!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Yuniar Dwi Setiawati
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES