Inilah Sisi Lain Kehidupan Korea Utara yang Tidak Banyak Orang Tau

19 Mei 2017
|Monica Petra
Life
0SHARES

Tahun 2013, seorang fotografer Singapura bernama Aram Pan mengunjungi Korea Utara. Dia mendapat ijin untuk proyek 360 photography-nya setelah mengirim email dan fax kepada beberapa kontak Korea Utara, yang semuanya mudah ditemukan secara online jika kamu melakukan pencarian. Kemudian suatu hari seseorang benar-benar membalas email Pan dan dia bertemu dengan perwakilan mereka. 

Penasaran seperti apa foto-foto yang berhasil diambil oleh Pan? Dia terkejut karena ternyata apa yang sering diberitakan media tidaklah seburuk kenyataannya. Mungkin tiap mendengar kata Korea Utara kita akan memikirkan negara yang miskin dengan orang-orang yang sedih, tetapi ternyata hal itu tidak 100% benar. Langsung cek yuk!

1. Makan es krim

Pria-pria Korea Utara yang mengenakan pakaian menikmati es krim di bawah sinar matahari, bertentangan dengan kalimat klise yang paling sering kita dengar bahwa Korea Utara adalah 'negara miskin dan kelaparan'.

2. Bermain bersama

Wanita dengan pakaian renang berwarna cerah melemparkan pasir ke pantai, sementara yang lain berdiri dengan sepeda di latar belakang. Pada bulan Juni 2013 dilaporkan bahwa, sebagai bagian dari rencana Kim Jong-un untuk mengubah Korea Utara menjadi tujuan wisata 'kelas dunia', pemimpin Kim Jong-un memerintahkan transformasi pelabuhan industri Wonsan menjadi kota resor pantai.

3. Pemandangan indah

Pemandangan yang menakjubkan dari Gunung Kumgang, gunung setinggi 1.638 meter di Kangwon-do, Korea Utara.

4. Ada salon

Seorang wanita berpakaian pink sedang ditata rambutnya di depan penata rambut tradisional. Pan berkata, "Orang-orang sepertinya menjalani kehidupan sehari-hari mereka dan semuanya terlihat sangat normal."

6. Bermain voli bersama di pantai

"Hal-hal yang pernah saya lihat dan di foto mengatakan bahwa situasinya tidak seburuk yang saya duga," ujar Pan menjelaskan setelah melihat pria dan wanita yang terlihat sehat bermain bola voli bersama di pantai.

7. Seni pertunjukan

Gadis-gadis muda membawa bunga merah di Grand Mass Gymnastics and Artistic Performance Arirang, sebuah senam dan festival artistik yang diadakan di Stadion Rungnado May Day di Pyongyang, Korea Utara.

8. Kaesong Town

Sore yang cerah di Kaesong Town. Kota ini dekat dengan Kawasan Industri Kaesong yang dekat dengan perbatasan Korea Selatan dan berisi sisa-sisa istana Manwoldae.

9. Ladang yang siap panen

Ladang tampak siap panen saat sang fotografer berkunjung. 'Mengapa orang-orang mengatakan harus mencari tanaman bermil-mil jauhnya, padahal di depan mata saya terhampar tanaman siap panen.' Pan bertanya-tanya dalam hati bagaimana jadinya jika hal-hal ini diperlihatkan di televisi.

10. Anak-anak sekolah

The Pyongyang Metro menunjukkan anak-anak sekolah menunggu untuk naik kereta api dan penumpang meninggalkan stasiun.

11. Ada mobil

Jalanan di Pyongyang sama seperti negara-negara lain yang memiliki mobil dan bus, hanya saja tidak seramai di negara lain.

Melihat wajah Korea Utara dengan lebih dekat semoga bisa menjadi inspirasi. Kalau mereka yang kebebasannya saja sangat terbatas masih bisa bahagia dan bersyukur, lebih lagi kita yang masih memiliki banyak kebebasan. Tapi janganlah kebebasan yang kita punya sekarang kita salahgunakan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES