Inilah Potret Miris Perbedaan Kehidupan Anak Jaman Dulu dan Sekarang

30 Maret 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
Life
0SHARES

Kata orang, masa kecil adalah masa yang paling indah. Kenapa? Karena pada masa itu, kita gak mikirin utang, gak mesti ngerjain tugas sekolah, atau gak mikirin kerjaan. Semua yang dilakuin enak aja gitu kayak yang gak ada beban. Masa kecil juga merupakan masa imitasi dalam kehidupan kamu. Kamu bakalan niru segala yang dilakukan orang dewasa di sekelilingmu. Makanya para pemerhati anak menghimbau para orang tua agar tidak berantem di depan mata anaknya. Sebaliknya, mereka menyarankan agar para orang tua memberikan contoh yang baik kepada anaknya, misalnya berbicara dengan sopan, rajin ibadah, dan sebagainya. Pasti deh sang anak bakalan jadi orang yang baik di kemudian harinya. Percaya deh, buah kan gak akan jatuh jauh dari pohonnya.

Melihat perubahan jaman yang sekarang ini serba canggih dan modern, anak-anak pun terkena imbasnya nih. Kekejaman teknologi membuat anak-anak di jaman sekarang lebih cenderung menghabiskan waktunya sendiri dibandingkan dengan bermain bersama teman-temannya. Kalau pas dulu itu anak-anak punya handphone yang terbuat dari kertas dengan garis serta nomor dan layar yang dibuat make pensil, sekarang anak SD bahkan TK sekalipun sudah dikasih fasilitas yang keren itu. Udah aja deh yang deket terasa jauh, yang jauh terasa dekat. Sikap individualistis pun mulai terbenih pada masa sedini itu. Sungguh sangat disayangkan memang, tapi apa daya kaki gak sampai.

Mungkin kumpulan meme di bawah ini bisa nunjukin perbedaan yang sangat kontras antara anak kecil jaman dulu dengan anak kecil jaman sekarang. Cekidot!

1. Jaman sekarang anak SD aja udah dibolehin naik motor sama orang tuanya. Kalau gak dikasih, ngerengek nangis gak mau sekolah. Sedih banget

2. Please hapus sinetron cinta-cintaan please

3. Jenis lagunya pun berbeda jauh banget, drastis

4. Geregetan deh kalau liat anak-anak sekarang ini. Kebanyakan udah pada (sok) dewasa sebelum waktunya

5. Make aqua gelas di antara sepeda dan batang sepeda juga udah berasa naik motor dulu mah

6. Rokok anak jaman dulu mah isinya serbuk coklat, enak, nyehatin, dan bukan nikotin kayak sekarang

8. Main bola tuh di luar, sama temen-temen, ngumpul asik, bukan malah ngumpul di tempat rental

Beda banget-banget kan anak-anak jaman dulu dengan yang sekarang? Ada hal-hal yang dirasakan anak jaman dulu tapi nggak lagi dirasakan anak jaman sekarang. Sedih gak sih kamu? Mirislah pokoknya miris. Kita kelak menjadi orang tua harus bisa mendidik baik anak-anak kita.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
100 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES