Inilah Perbedaan Es Krim, Gelato, Soft Serve dan 7 Jenis Dessert Lainnya

25 April 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Kayaknya makanan satu ini merupakan makanan favorit semua orang deh. Nggak hanya anak kecil, orang dewasa pun kadang tergiur dengan lembut dan dinginnya es krim yang dijajakan di kedai maupun supermarket. Apalagi kalau cuaca saat itu panas dan mendukung banget untuk mendinginkan tenggorokan dengan makan es krim. Tapi, tahukah kamu kalau ada 7 jenis dessert yang biasanya kita sebut dengan es krim padahal itu sama sekali bukan es krim? Nah, apa aja ya? Yuk, kepoin!

1. Es krim

Menurut BPOM-nya Amerika Serikat, suguhan beku harus memiliki setidaknya 10% lemak susu untuk bisa dikatakan sebagai es krim. Untuk bisa menciptakan tekstur es krim yang lembut, maka pembuatannya harus dengan cara dikocok atau diaduk dalam tong.

2. Gelato

Nah, kalau dibandingkan dengan es krim biasa, gelato dibuat dengan cream yang lebih sedikit dan susu yang lebih banyak. Proses pembuatan gelato hampir mirip sih dengan es krim, bedanya proses pengadukkannya lebih lambat untuk membuat tekstur yang lebih padat, tebal dan creamy.

3. Frozen custard

Mungkin istilah frozen custard masih asing di telinga orang Indonesia. Tahukah kamu, kalau kita juga punya frozen custard lokal yang biasa disebut dengan es podeng. Frozen custard terdiri dari setidaknya 1,4% kuning telur dan 10% lemak susu. Kedua bahan inilah yang membuat tekstur dari es podeng menjadi lebih tebal dan kental.

4. Sherbet

Kalau dessert yang satu ini umumnya bercita rasa buah-buahan. Meskipun lebih banyak rasa buahnya, tapi sherbet juga tetap ada lemak susunya sekitar 1-2%. Makanya, jangan heran kalau dessert ini merupakan dessert yang paling manis.

5. Sorbet

Selain penyebutannya yang mirip dengan sherbet, dessert sorbet juga memiliki cita rasa khas buah-buahan. Bedanya, sorbet dibuat tanpa susu. Bahan-bahan sorbet biasanya terbuat dari jus buah yang dibekukan, sari buah, atau essence.

6. Soft serve

Pasti pernah dong makan es krim jenis ini? Sebenarnya ini jenis es krim yang lazim kita temui dan kita makan. Teksturnya yang lembut banget itu ternyata terbuat dari susu yang rendah lemak dan diproses dengan udara yang cukup untuk menghasilkan tekstur yang halus kayak busa.

7. Frozen yogurt

Dessert yang lagi nge-hits ini mirip sih sama dengan es krim, mulai dari proses pembuatannya hingga teksturnya. Yang membuatnya beda banget hanyalah bahan utamanya yang tak lain tak bukan adalah yogurt. Selain tekstur, rasanya yang sedikit asam juga jadi ciri khas dari dessert ini, guys!

Duh, siapa nih yang ngiler melihat dessert-dessert di atas? Menurut penelitian, makan es krim bisa memunculkan hormon-hormon yang menyenangkan. Itulah mengapa es krim menjadi dessert bagi semua kalangan. Tapi jangan dikonsumsi terus-terusan, ya. Jadi, mana nih favoritmu?

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES