Inilah Perbedaan Amnesia Dalam Film dan Sinetron Vs Amnesia Pada Kenyataanya

20 Mei 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Kondisi amnesia sering diceritakan di film-film dan sinetron. Tak terkecuali produksi film dan sinteron dalam negeri. Amnesia merupakan kondisi fisik dan psikologis seseorang yang membuatnya kehilangan memori atau ingatan dan pengalamannya di masa lalu atau ketidakmampuan untuk menyimpan memori baru. Tapi apakah amnesia yang digambarkan dalam film dan sinetron memang kondisi amnesia yang sebenarnya? Nah, agar kamu nggak terkecoh dengan apa yang ditayangkan dalam film dan sinetron, ini dia penjelasan ilmiahnya.

Dalam film atau sinetron biasanya akan dipertontonkan seseorang yang menderita amnesia, di mana ia mengalami hilang ingatan total tentang masa lalunya. Misalnya mengalami kecelakaan parah dan benturan di kepala kemudian koma dan bangun-bangun hilang ingatan. Tak jarang yang ketika sadar jadi nggak kenal orang-orang terdekatnya atau bahkan lupa sama dirinya sendiri. Tapi lucunya, masih bisa berbicara dengan lancar tanpa lupa satu kata pun. Kok bisa ya? Apakah amnesia versi film dan sinetron sesuai dengan kenyataannya?

Perlu diketahui bahwa sebenarnya amnesia terbagi atas beberapa jenis. Dua jenis amnesia yang paling terkenal adalah retrograde amnesia dan anterograde amnesia. Nah, yang paling sering diperlihatkan di film dan sinetron adalah retrograde amnesia, di mana seseorang hilang ingatan akan masa lalunya. Kalau dalam film dan sinetron pasien amnesia ini bisa beraktivitas normal (bergerak dan berbicara normal), lain halnya dengan kenyataannya di mana pasien amnesia ini justru sulit ngapa-ngapain. Bisa jadi karena sakit kepala yang parah hingga sering kehilangan kesadaran.

Lain lagi dengan anterograde amnesia, di mana seseorang yang mengalami kondisi ini akan sulit menyimpan memori yang baru sehingga informasi yang baru mudah hilang. Contoh film yang paling akurat adalah Finding Dory, yang cepat banget lupa sesuatu yang baru aja diingat. Tapi kalau film yang kurang tepat dalam menggambarkan anterograde amnesia salah satunya adalah 50 First Date. Seseorang nggak akan hilang ingatan setiap tidur dan bangun lagi dalam keadaan memorinya ‘kosong’. Jadi itu hanya drama aja, guys.

Jadi udah bisa bedain dong versi film dan sinetron dengan versi aslinya? Intinya, seseorang yang menderita amnesia memang memiliki kerusakan otak yang mungkin aja nggak bisa disembuhkan sehingga ingatannya pun nggak bisa kembali. Tapi bukan berarti fungsi otaknya yang lain pun mati. Seseorang yang amnesia bisa banget kok menjalani terapi pemulihan agar fungsi-fungsi otaknya yang lain bisa optimal. Tapi jangan pura-pura amnesia ya kalau tiba-tiba ditanya kapan nikah!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES