Inilah Makna Tersembunyi di Balik Logo Perusahaan Dunia yang Belum Kamu Tau

23 Juni 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Sebuah logo memang harus mampu mencerminkan dan mewakilkan keberadaan perusahaan. Pembuatan logo memang bukan menjadi hal yang mudah. Banyak logo perusahaan yang sederhana namun memiliki makna tersembunyi di sana. Berikut ini beberapa makna tersembunyi di balik logo perusahaan dunia. Penasaran seperti apa saja? Yuk kepoin!

1. McDonald’s

Seorang desainer restoran McDonald’s yang pertama memang memiliki ide untuk menggunakan dua buah lengkungan emas untuk gedung restoran tersebut. Nah, ide arsitektur restoran ini seketika langsung menjadi logo perusahaan makanan cepat saji ini. Namun kemudian perusahaan tersebut meminta untuk mengganti logo tersebut karena dianggap mirip dengan payudara wanita. Namun seorang psikolog yang bernama Louis Cheskin menganjurkan untuk tetap menggunakan logo tersebut.

2. Chanel

Cerita pembuatan logo ini memang memiliki kesan spesial dan romantis yang luar biasa. Coco Chanel sendirilah yang memang menggambar logo tersebut saat sedang bermalam di Château Crémat di Nice, Perancis. Menurut suatu sumber, salah satu logo yang paling populer ini memang terispirasi dari lengkungan kubah bangunan tersebut. Sehingga “CC” memang bukan hanya merepresentasikan inisial dari Coco Chanel, tapi juga dari Château Crémat.

3. Google

Pembuat logo Google memang menggunakan tiga warna yang utama yaitu merah, kuning, dan biru. Mungkin agak susah disadari bahwa penyusunan huruf tersebut adalah sebuah algoritma yang cukup spesifik. Namun kemunculan huruf yang berwarna hijau mematahkan logika keseluruhannya, dan jelas saja itu merujuk pada sebuah huruf yang paling penting di dunia. Dengan adanya huruf yang berwarna hijau tersebut, sang desainer memang secara tidak langsung mengatakan bahwa Google akan mematahkan steorotip dan tidak akan bermain dengan aturan yang biasa.

4. Gillette

Sekilas, logo tersebut memang tidak memiliki maksud lain selain menampilkan nama dari brand tersebut. Tapi kalau diperhatikan dengan seksama, bisa terlihat dari ujung huruf G dan I membentuk sebuah mata pisau alat cukur.

5. Mistubishi

Pada dasarnya logo ini merepresentasikan lapisan dari keluarga Iwasaki, penemu perusahaan Mitsubishi. Lapisan tersebut menonjolkan tiga berlian yang bertumpukan di atas satu dan lainnya. Tiga berlian tersebut merepresentasikan kepercayaan, integritas, dan kesuksesan, sedangkan warna merah melambangkan kepercayaan diri. Selain itu, orang Jepang percaya bahwa warna merah merupakan warna yang paling bisa menarik pelanggan.

6. Goodwill

Goodwill adalah sebuah organisasi non-profit yang mengumpulkan donasi makanan, pakaian, dan peralatan yang dibutuhkan. Para karyawannya percaya bahwa dalam melakukan suatu hal yang baik tidak perlu dibalas dengan sesuatu dan seharusnya bisa dilakukan setiap hari. Oleh karena perhatikan huruf G pada logo mereka, melambangkan sebuah wajah yang sedang tersenyum.

7. FedEx

Kebanyakan orang tidak menyadari adanya anak panah yang terbentuk dari ruang kosong antara huruf E dan X. Namun saat mereka sudah menemukannya, mereka justru akan melihat anak panah tersebut kemudian. Itulah yang menjadi tujuan dari sang desainer, anak panah tersebut merujuk pada alam bawah sadar para pelanggan yang melambangkan kecepatan jasa kurir dan kepercayaan.

8. Nike

Seorang siswa bernama Carolyn Davidson hanya dibayar 35 USD (US Dollar) saat mendesain logo ini pada tahun 1975. Logo yang terkenal ini merupakan representasi dari sayap dewa mitologi Yunani yang bernama Nike yang menginspirasi para prajurit perang kala itu untuk mencapai kemenangan.

 

Nah itulah tadi makna tersembunyi yang ada di balik logo perusahaan terkenal di dunia. Pembuatan sebuah logo memang tidak mudah, malah harus mencerminkan kepribadiaan perusahaan. Siapa yang sangka bahwa logo-logo sederhana di atas ternyata memiliki makna yang luar biasa? Kalau ada tambahan, boleh ditambahin di kolom komentar.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES