Inilah Kehidupan Suku Pedalaman Amazon Tertangkap Kamera dari Atas Pesawat

27 Maret 2017
|Fatwah Diniaty
Life
0SHARES

Hutan Amazon adalah hutan hujan di Amerika Selatan yang memiliki luas wilayah 7 juta km persegi, yang terletak di sembilan negara seperti Brazil, Kolombial, Peru, Venezuela, Bolivia, Ekuador, Suriname, Guyana, dan Guyana Perancis. Amazon termasuk hutan tropis terluas di dunia yang memiliki dua sebutan nama yaitu “paru-paru dunia” dan “neraka hijau”. Hutan Amazon ini masih menimbulkan banyak tanda tanya tentang suku apa saja yang ada di sana, dan bagaimana kehidupan dari suku tersebut. Suku-suku yang ada di pedalaman hutan Amazon ini menutup diri dari dunia luar, dan sangat sulit untuk ditemui. Tetapi akhirnya secara tidak sengaja tempat tinggal suku pedalaman Amazon ini tertangkap oleh kamera pemerintah Brazil dengan menggunakan pesawat.

Foto yang diambil dari udara tersebut memperlihatkan belasan atap jerami dibangun melingkar dengan lapangan kosong di tengahnya. Setiap jerami disebut-sebut sebagai kediaman satu keluarga serta tempat mereka tidur, menyimpan makanan, dan tempat menghangatkan diri dengan menyalakan api. Kelompok masyarakat Yanomami ini hidup tersembunyi di wilayah utara Brazil. Masyarakat Yanomami menghindari kontak dengan masyarakat luar dan hidup dengan baik dalam isolasi hutan di Amazon. Masyarakat kecil ini menggantungkan hidup mereka dari berburu hewan dan meramu tanaman-tanaman yang mereka temukan di hutan. Suku ini menggunakan berbagai jenis tanaman untuk berbagai keperluan.

Suku tersebut dikhawatirkan akan mengalami bentrokan karena masalah tambang liar. Para penambang sebelumnya menyerang suku tersebut di kawasan yang mereka lindungi dari pencarian emas yang tak jauh dari desa tersebut. Orang luar, khususnya para penambang liar membawa ancaman kekerasan dan kerusakan lingkungan kehidupan suku pedalaman, serta berbagai penyakit malaria yang berbahaya bagi suku pedalaman ini. Karena mereka tidak memiliki kekebalan tubuh yang cukup untuk melawan penyakit tersebut.

Saat pesawat melintas di atas pemukiman mereka, masyarakat suku tersebut langsung berlarian ke hutan dan melepaskan panah ke arah pesawat yang sedang melintas. Mereka terlihat tidak senang dengan kehadiran pesawat ini, mereka pun waspada dan berusaha untuk melindungi wilayah mereka dari ancaman dunia luar. Pada foto menunjukkan bahwa mereka tidak senang saat ada kamera yang mengarah kepadanya. 

Bagaimana pun kehidupan mereka di pedalaman sana, mereka bukanlah suku berbahaya. Mereka hanya berusaha untuk melindungi wilayah serta keluarga mereka dari jangkauan dunia luar. Dan sudah seharusnya pemerintah Brazil melindungi hak-hak masyarakat pedalaman tersebut agar bisa hidup nyaman tanpa gangguan penambang liar yang akan mengancam keberlangsungan hidup suku pedalaman Amazon.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES