Inilah Hal-hal tentang Columbus yang Tidak Diajarkan di Sekolah

15 Juli 2017
|Monica Petra
Life
0SHARES

Prestasi Christopher Columbus sangat beragam dan terkenal, namun sebagian besar dari kisah hidup dan pelayaran berikutnya ke Amerika hilang dalam mitos dan kesalahpahaman. Selama ini tentu kita mengenalnya sebagai penemu Benua Amerika dan kita mempelajarinya dari bangku sekolah. Namun, taukah kamu kalau ada fakta-fakta tentang Columbus yang tidak pernah diajarkan saat di kelas? Inilah beberapa fakta tentang Columbus yang meski sudah puluhan tahun melakukan pemeriksaan ulang, kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

1. Columbus tidak mencari 'New World'

Waktu Columbus menemukan tanah yang belum pernah dijelajahi manusia yang kemudian dikenal sebagai "The New World," tempat itu bukanlah apa yang dia cari. Dia sedang mencari jalur yang lebih cepat ke Asia dengan tidak melewati persimpangan Jalur Sutra yang telah ditutup karena jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 oleh Kekaisaran Ottoman. Tujuan pelayarannya adalah mengeksploitasi emas dan rempah-rempah yang diyakini ditemukan melimpah di Timur - dan meraihnya untuk dirinya sendiri.

2. Dia tidak pernah mencapai Asia

Columbus memperkirakan bahwa jarak dari Kepulauan Canary -tempat pelayarannya dimulai- ke Jepang (yang kemudian dikenal sebagai "Cipangu") berjarak sekitar 3.700 kilometer. Namun, perkiraan itu terlalu meremehkan karena jarak sebenarnya adalah sekitar 12.000 kilometer. Armada kecil Columbus tidak akan pernah membawa cukup banyak perbekalan dan perlengkapan untuk bertahan dalam pelayaran seperti itu serta kapal-kapal yang tidak akan bertahan lama dalam kondisi keras Pasifik.

3. Motifnya bukan Altruistik

Usulan pertamanya untuk berlayar ke Timur diajukan kepada Raja John II dari Portugal. Jika ia berhasil melakukan pelayaran, dia meminta untuk diberi gelar "Laksamana Besar Samudra" untuk ditunjuk sebagai gubernur dari setiap dan semua tanah yang dia temukan. Selain itu, dia juga meminta sepersepuluh dari seluruh pendapatan dari tanah tersebut - yang akan melibatkan sejumlah besar emas. Portugal menolak usulan ini dan beberapa lainnya. Pada akhirnya, usulan Columbus diterima oleh Kerajaan Spanyol dan mereka setuju untuk mendanai Columbus.

4. Tidak ada yang tau persis di mana Columbus mendarat

Columbus mencari Jepang, tapi yang dia temukan adalah the modern day Bahamas. Setelah meninggalkan Kepulauan Canary pada tanggal 6 September 1492, angin kencang mendorong armada tiga kapal ke barat sampai mereka melihat daratan pada tanggal 12 Oktober 1492. Columbus menyebut pulau ini "San Salvador" - dan percaya bahwa dia telah menemukan Asia. Lokasi tepatnya di mana dia pertama kali menginjakkan kaki masih belum diketahui, meski sudah dipersempit hingga tiga pulau yang mungkin menjadi tempat pertama kali dia menginjakkan kakinya di Asia.

5. Pelayaran kedua Columbus adalah tentang penaklukan

Perjalanan pertama Columbus ke Timur adalah perjalanan eksplorasi. Tapi, yang kedua tidak lain tujuannya adalah untuk menjajah dan jika perlu, konflik bersenjata. Dia meninggalkan Spanyol pada tanggal 23 September 1493 dengan armada besar yang terdiri dari 17 kapal dan 1.200 orang. 

6. Columbus menginginkan apa yang adalah miliknya (?)

Columbus menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk memastikan bahwa dia mendapatkan apa yang akan terjadi padanya. Pada tahun 1502, sesaat sebelum pelayaran keempat, Columbus menulis Book of Privileges, sebuah kesaksian panjang tentang semua judul, kekayaan, posisi kekuasaan, dan penghargaan yang dia harapkan dari mahkota Spanyol untuk memberinya dan keturunannya sepuluh persen bagian dari kepingan penjelajahannya.

7. Dia telah menjadi pendongkrak apokaliptik

Seperti banyak tokoh di zamannya, Columbus menyeimbangkan naluri tajam bereksplorasi dengan keyakinan kuat akan nubuatan-nubuatan Alkitab. Dia menuruti sejumlah "wahyu" apokaliptik dalam Kitab Wahyu yang diterbitkan pada tahun 1501.

Nah, setelah membaca artikel ini tentu pengetahuanmu semakin luas akan dunia ini kan? Tidak ada habisnya untuk mempelajari sejarah tokoh-tokoh penting dunia dan juga alam semesta ini dengan beragam misteri yang menyelimutinya. Apa pun kebenaran tentang Columbus, kiranya itu bisa menjadi cerita yang menginspirasi dan mendidik buat kita semua.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES