Inilah Gejala-gejala yang Menandakan Kalau Kamu Berada di Zona Depresi Akut!

22 Januari 2017
|Rhesa Leo
0SHARES

Namanya hidup pasti ada jatuh bangunnya. Kadang senang besoknya sedih, begitu juga sebaliknya. Tapi pernah nggak sih kamu merasa menyerah, putus asa apalagi frustasi sama keadaan? Ketika kamu udah berusaha keras dalam karier, pendidikan atau hubungan cintamu, namun masalah dan rintangan terus datang sampai akhirnya muncul perasaan depresi. Depresi itu bisa dimulai dari hal-hal kecil lho, mulai dari badmood yang berkepanjangan, masalah yang nggak kelar, tekanan pekerjaan dan masih banyak lagi. Nah, sebelum kamu jadi depresi beneran ada baiknya kamu kenali gejala-gejalanya. Kalau kamu telah mengalami 7 gejala di bawah ini, hati-hati bisa jadi kamu udah memasuki zona depresi.

1. Kamu jadi gampang marah

Depresi bisa meyebabkan penderitanya memiliki rasa sensitif yang berlebihan. Mereka yang mengalami depresi, biasanya jadi mudah tersinggung. Kalau kamu mulai ketus waktu ditanya baik-baik, mulai nggak terima kalau dinasehati orang lain, pokoknya kamu jadi sensian deh. Wah, hati-hati itu salah satu tanda awal kamu mulai memasuki zona depresi.

2. Bawaannya pengen tidur mulu tapi nggak bisa tidur

Depresi bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan pola tidur. Banyaknya pikiran di kepala dan hati yang gelisah pastinya bikin mereka yang mengalami depresi kesulitan tidur. Tapi, di saat yang bersamaan mereka yang mengalami depresi sering banget ngerasa mager dan pengen tidur terus.

3. Sering pusing

Kamu sering ngerasa pusing akhir-akhir ini? Pusing mendadak tanpa alasan, badan nyeri-nyeri. Tenang aja, kamu bukan terkena DBD. Ternyata rasa nyeri dan pusing bisa juga dipengaruhi oleh neurotransmitter di dalam otak. Jadi ketika perasaan negatif muncul maka efeknya berpengaruh ke fisik. Badan jadi pegal-pegal dan sakit.

4. Gampang capek

Sama seperti pusing dan nyeri, rasa capek dan lelah nggak cuma disebabkan oleh aktvitas fisik (lari sambil bawa galon misalnya) tapi juga bisa disebabkan karena energi negatif di dalam pikiran mereka yang menderita depresi. Semakin tinggi tingkat depresinya, maka semakin sering orang tersebut merasa murung dan tubuh akan terasa semakin loyo nggak bertenaga.

5. Mulai nyalahin diri sendiri

Kalau awalnya sering nyalahin orang lain, sekarang amarah kamu mulai menyasar ke diri sendiri. Mereka yang mengalami depresi, cenderung ngerasa payah, nggak percaya diri. Nggak heran kalau mereka yang mengalami depresi suka menyalahkan diri sendiri secara terus-menerus. Kamu suka gitu nggak akhir-akhir ini?

6. Mulai ngelakuin hal-hal nggak sehat

Jangan anggap remeh depresi! Perasaan depresi yang terus berlanjut beresiko mengubah mental serta perilaku seseorang. Bisa aja kamu yang tadinya gemar hidup sehat tiba-tiba ngerokok lima bungkus sehari, minum minuman keras 1 truk, konsumsi obat-batan terlarang gara-gara depresi. Mereka berpikir hal-hal tadi bisa ngilangin stres padahal malah sebaliknya. Makin stres dan depresi cuy!

7. Sulit konsentrasi

Tanda-tanda lainnya seseorang mengalami depresi adalah kacaunya tingkat konsentrasi, gampang bingung (pegangan makanya). Efeknya produktivitas jadi berantakan.

Gimana, kamu memiliki salah satu dari gejala di atas atau malah semuanya? Intinya, jangan sepelekan depresi. Merasa sedih, kecewa, stres itu sah-sah aja tapi ingat jangan berlebihan. Coba ceritakan beban dan unek-unek kamu ke orang terdekat, teruslah berpikir positif. Kalau kamu merasa beban kamu berat banget jangan ragu apalagi malu untuk meminta bantuan ke psikolog.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES