Inilah Fenomena Alam Langka yang Pernah Terjadi di Bumi

01 Mei 2017
|Monica Petra
Life
0SHARES

Alam semesta selalu menyimpan sejuta misteri. Bahkan tanpa kita sadar, Tuhan terkadang berbicara melalui alam semesta. Maka tak mengherankan kalau masih ada peristiwa-peristiwa alam yang unik atau ganjil. Tapi itu semua menunjukkan betapa hebat sang pencipta alam semesta ini. Berikut YuKepo mau kasih tahu beberapa fenomena alam yang sangat langka terjadi di muka bumi. Apa aja tuh? Langsung aja kepo!

1. Donat Salju

Bentuk yang langka ini bisa terjadi jika berada hanya dalam kondisi suhu yang sempurna. Hal ini menyebabkan ada banyak salju yang jatuh atau tertiup angin. Jika berhasil menangkap beberapa salju lain, dan gravitasi atau angin menguntungkannya, maka bola salju baru akan bergulir sendiri dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

2. Skypunch

Lubang fallstreak, juga dikenal sebagai awan lubang pukulan adalah celah melingkar atau eliptis besar, yang bisa muncul di awan cirrocumulous atau altocumulous. Lubang seperti itu terbentuk saat suhu air di awan berada di bawah titik beku namun air belum membeku karena kurangnya partikel esenukleasi.

3. Bunga embun beku

Fenomena partikel es ini biasanya terjadi di sekitar dasar tanaman dan jenis kayu tertentu. Bila suhu di luar tanaman berada di bawah titik beku dan suhu di dalamnya tidak, maka air ditarik ke permukaan dalam proses yang mirip dengan transpirasi. Hal ini menyebabkan rantai es yang rapuh didorong keluar, yang akhirnya membentuk formasi yang melebar dan halus.

4. Waterspouts

Waterspouts adalah tornado yang terbentuk di atas air. Karena itu, waterspouts tidak menimbulkan ancaman besar kecuali jika kamu kebetulan berada di kapal - tapi jika memang begitu, harus hati-hati, karena waterspouts ini dapat mencapai kecepatan hingga 305 km per jam. 

5. Brinicles

Ketika permukaan laut membeku seperti di sekitar kutub utara dan selatan, hal itu terjadi dengan cara memaksa kantong air laut yang dingin dan asin untuk berkumpul di bagian bawah es. Campuran air garam ini lebih padat daripada air laut di bawahnya, dan akibatnya cenderung perlahan tenggelam ke dasar. Sekarang, karena sangat dingin, air segar di bawah air garam benar-benar membeku di sekitarnya saat jatuh yang menghasilkan es raksasa di bawah permukaan.

6. Penitentes

Medan runcing es ini disebut penitentes, dan masing-masing pecahan individunya bisa mencapai ketinggian 4 meter. Struktur salju yang mengintimidasi ini terbentuk di daerah dataran tinggi dengan kelembaban rendah, seperti gletser pegunungan Andes. Jika kondisinya benar, sinar matahari sangat panas sehingga sebenarnya bisa menyublimasi bidang salju yang berarti air beku menguap tanpa pernah menjadi cairan. Hal ini menyebabkan sedikit kantong di es, yang berkat bentuknya sebenarnya akhirnya menarik lebih banyak panas lagi.

7. Finlandia Lapland

Gambar ini diambil musim dingin yang lalu di Finlandia Lapland di mana cuaca dapat mencakup suhu beku dan salju. Pemandangan ini kadang terjadi, di mana pepohonan biasa diliputi warna putih dan tampak seperti beberapa binatang buruan atau patung aneh.

Menarik ya semua fenomena yang terjadi di atas? Itu semua menunjukkan kemahakuasaan dari sang pencipta. Melalui alam semesta, Sang Pencipta kadang berbicara kepada manusia. Entah itu fenomena yang baik atau buruk semua itu memberi pencerahan untuk kita. Kalau kamu punya pengalaman atau pernah melihat fenomena seperti di atas, boleh dong bagikan di sini. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES