Inilah Fakta-fakta Aneh di Dunia yang Bakal Bikin Kamu Geleng-geleng!

16 Februari 2017
|Rhesa Leo
0SHARES

Hidup sendiri emang udah cukup aneh, banyak hal-hal memukau, indah dan nggak masuk akal yang terjadi. Selain hal-hal indah ada juga hal-hal aneh dan menyeramkan terjadi di dunia ini. Di antara seluruh fenomena dan kejadian aneh tadi mungkin nggak semua orang tahu tentang hal tersebut. Berikut 7 fakta aneh bin unik yang bakal bikin kamu heran.

1. Tubuh hewan bisa meledak sendiri

 Tahu nggak kamu kalau beberapa bangkai binatang bisa meledak secara alami karena berbagai alasan. Tahun 2004 lalu, akibat penumpukan gas dalam bangkai ikan paus berbobot 50 ton berujung dengan ledakan di Taiwan. Dilaporkan bahwa bangkai ikan paus tersebut meledak dan menyemprotkan darah beserta isi perutnya. Selain ikan paus, kodok pun juga dilaporkan dapat meledak secara alami. Kejadian tersebut pertama terjadi di Jerman (1968), Denmark (2005), Belgia dan Amerika.

2. Belatung ternyata bisa menyembuhkan luka

Larva lalat alias belatung emang bikin jijik. Tapi tahu nggak kamu makhluk yang katanya menjijikan ini dulunya dipakai sebagai obat penyembuh luka? Terapi pengobatan cara ini dikenal dengan nama “Maggot Debridement Therapy”. Belatung diyakini dapat memakan sel-sel kulit mati dan bakteri pada lapisan kulit. Tujuan terapi belatung sendiri nggak lain buat membersihkan jaringan mati pada luka dan mempercepat penyembuhan.

3. Tubuh manusia ternyata mengandung emas

Siapa sangka ternyata tubuh manusia mengandung emas di dalamnya. Emas tersebut berasal dari lingkungan sekitar yang diserap oleh tubuh. Emas sendiri merupakan senyawa yang memiliki sifat infert, yang mana nggak memiliki sifat racun sehingga nggak berbahaya dalam dosis kecil. Kandungan emas dalam tubuh manusia sendiri sangat sedikit hanya sebesar 0,2 miligram. Untuk mendapatkan 8 mg emas dari tubuh manusia, dibutuhkan darah dari sekitar 40.000 orang.

4. Terdapat jutaan partikel berlian di api lilin

Kalau tadi emas, kali ini soal fakta partikel berlian yan terkandung dalam api lilin. Berlian ini berasal dari proses kimiawi ketika molekul hidrokarbon diubah menjadi karbondioksida. Setiap detiknya 1,5 juta berlian nano ini tercipta tapi langsung terbakar habis dalam sekejap pada proses pembakaran.

5. Rambut bisa menahan 12 ton beban

Lewat penelitian yang dilakukan oleh Dr. Frederic Leroy, mengungkapkan bahwa rambut manusia mampu menahan berat sampai 12 ton. Namun, beban seberat 12 ton (berat 2 ekor gajah) tadi bisa ditahan bukan oleh sehelai rambut melainkan sekitar 15 ribu helai rambut.

6. Ubur-ubur ini bisa hidup abadi

Seorang mahasiswa biologi asal Jerman, Christian Sommer pada tahun 1998 menemukan spesies ubur-ubur yang sangat unik. Makhluk ini adalah ubur-ubur Turritopsi Nutricula. Ketika luka ubur-ubur ini memiliki sistem pemulihan yang dikenal dengan nama transdifferentiation. Sel dari ubur-ubur ini akan kembali ke bentuk awal dan kembali bertumbuh.

7. Hujan hewan dari langit

Kalau hujan biasanya proses turunnya air dari langit. Fenomena hujan yang satu ini sangat berbeda. Hujan hewan adalah fenomena langka meteorologi yang terjadi di berbagai belahan dunia. Di antaranya hujan kodok di Minneapolis (1901), London (1998) dan Serbia (2005). Hujan ikan di India (2006) sampai hujan buaya di Silvertown, Amerika. Bayangin tuh hujan buaya! Menurut ahli cuaca buruk dan angin yang kuat jadi penyebab hujan hewan ini.

Itu tadi 7 fakta aneh seputar sains yang pernah terjadi di dunia. Hidup emang penuh misteri, mungkin masih banyak fakta-fakta unik yang saat ini masih tersembunyi. Tapi lumayanlah 7 fakta tadi bisa jadi bahan obrolan kamu sama gebeta biar kelihatan smart dikit.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES