Inilah Bentuk Handphone Keluaran Pertama dari 7 Brand Terkenal Dunia

24 April 2017
|Reza Pratama
Life
0SHARES

Jauh sebelum beredarnya Samsung S8, iPhone 7, dan Nokia 6 seperti sekarang, zaman dulu hanya tersedia handphone yang bisa digunakan untuk telpon dan mengirim pesan saja. Itupun hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Namun, di zaman sekarang smartphone layar sentuh hampir dimiliki semua orang. Bahkan anak-anak pun sudah mengerti cara mengoperasikan smartphone.  Namun, jika kita kembali ke sekitar 20 sampai 30 tahun yang lalu, HP dengan brand besar seperti Nokia, Samsung, Blackberry belum terlihat seramping dan secanggih sekarang. Bahkan bentuknya pun ada yang terlihat seperti radio. Nah, berikut wujud handphone pertama dari berbagai merek di dunia.    

1. Nokia

Mungkin era 90-an sampai 2000-an awal hampir semua orang pernah menggunakan Nokia. Brand raksasa asal Finlandia ini pernah berjaya di era-era sebelum adanya smartphone seperti sekarang. Walaupun pada mulanya Nokia merupakan perusahaan kayu, namun seiring berkembangnya zaman, Nokia mencoba untuk membuat teknologi telekomukasi yang sedang mulai marak saat itu.

Pada tahun 1982, Nokia resmi meluncurkan produk pertamanya yang merupakan alat komukasi yang masih menggunakan jaringan NMT. Handphone berbentuk unik ini juga hanya bisa digunakan di dalam mobil. Namun, siapa sangka jika 13 tahun kemudian Nokia menjadi salah satu perusahaan teknologi raksasa di dunia.

 

2. Samsung

Saat ini Samsung merupakan perusahaan elektronik terbesar di dunia setelah Apple. Tak hanya fokus mengembangkan smartphone, Samsung juga menciptakan beberapa barang elektronik unggulan lainnya seperti TV, AC, dan lain-lain. Jauh sebelum brandnya melambung seperti sekarang, pada tahun 1993, Samsung pertama kali memperkenalkan ponsel buatannya dengan merek Samsung SH-700.

Wujudnya pun terlihat lebih simpel dan berbentuk seperti handphone pada umumnya. Walaupun kalah pamor dibanding dengan Nokia pada saat itu, Samsung terus mengikuti perkembangan zaman dengan membuat smartphone yang mampu mendobrak pasar dunia hingga saat ini.

 

3. Motorola

Pada tahun 1980, Motorola meluncurkan ponsel sebesar batu bata. Jika dibandingkan dengan smartphone di zaman sekarang, mungkin ukuran ponsel ini lebih besar dan berat berkali lipat. Ponsel dengan ukuran jumbo ini hanya bisa digunakan untuk menelpon dan hanya bisa digunakan maksimal 1 jam. Tak sebanding dengan pengisian daya baterainya yang membutuhkan waktu hampir 10 jam.

4. Blackberry

Brand yang sempat populer di tahun 2007 sampai 2012 ini memang menjadi salah satu alasan jatuhnya nama Nokia. Blackberry adalah brand pertama yang berhasil meluncurkan ponsel dengan fasilitas e-mail di dalamnya. Handphone pertama Blackberry pertama kali dirilis pada tahun 1999 yang memiliki bentuk seperti kalkulator.

5. Sony Mobile Communication

Sony yang pada saat itu masih berdiri sendiri dan belum bergabung dengan Ericsson, sempat mencoba untuk membuat ponsel namun produknya tak laku di pasaran. Akhirnya pada tahun 2001, Sony memutuskan untuk bekerjasama dengan perusahaan Ericsson dalam mengembangkan produk ponsel. Dan ponsel pertama Sony Ericsson merupakan handphone lipat dengan tipe C1002S.

6. Ericsson

Sebelum bergabung dengan Sony, Ericsson merupakan perusahaan telekomukasi yang pernah berjaya dengan beberapa ponselnya pada tahun 90-an. Namun, karena mengalami kerugian yang sangat besar, pada tahun 2001 Ericsson memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan elektronik asal Jepang, Sony. Ponsel Ericsson pertama kali dirilis pada tahun 1996 dengan tipe Ericsson GA 628.

7. iPhone

Walaupun iPhone tergolong ponsel yang paling baru dibanding merek lain, namun iPhone mampu menggebrak pasar dunia dengan teknologi canggih yang ia terapkan pada ponsel buatannya. Apple pertama kali merilis iPhone pada tahun 2007 dengan jaringan 2G. Di tahun peluncurannya, iPhone 2G mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat Amerika Serikat meskipun harganya jauh lebih mahal dibanding ponsel lain.    

Itulah wujud ponsel pertama dari 7 brand terkenal dunia. Tentunya perkembangan teknologi ke depannya tak akan jauh lebih canggih dan modern dibanding sekarang. Belum tentu 10 tahun ke depan, produk-produk yang sedang populer saat ini bisa bertahan dan konsisten. Setiap tahunnya akan selalu ada brand-brand teknologi baru yang siap bersaing. Nah, di antara brand-brand di atas, produk manakah yang pernah kamu gunakan?

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES