Inilah Asal-usul Nama Julukan Negara-negara di Dunia yang Belum Kamu Tahu

20 April 2017
|Reza Pratama
Life
0SHARES

Pastinya kamu sudah gak asing dengan julukan beberapa negara di dunia. Seperti Amerika Serikat yang dijuluki Negeri Paman Sam, Tiongkok yang dijuluki Negeri Tirai Bambu, serta Belanda yang dijuluki Negeri Kincir Angin. Tentunya ada alasan tersendiri kenapa beberapa negara tersebut memiliki julukannya masing-masing. Biasanya julukan-julukan pada beberapa negara dilatarbelakangi oleh sebuah sejarah atau peristiwa yang terjadi di negara tersebut. Walaupun tidak semua negara memiliki julukan, namun bukan berarti negara-negara tersebut tidak memiliki peristiwa dan sejarah. Nah, di bawah ini ada nama julukan negara-negara beserta alasannya. Yuk langsung aja kita kita kepoin.

1. Jepang - Negeri Matahari Terbit

Jepang atau yang dikenal juga dengan sebutan Nihon atau Nippon ini memiliki lambang matahari sebagai lambang bendera. Nihon sendiri memiliki arti “asal matahari”, atau secara harfiah diartikan sebagai “matahari terbit”. Kata “Nihon” merupakan julukan untuk Negara Jepang yang digunakan kekaisaran Tiongkok pada tahun 589-618. Jika dilihat dari Negera Tiongkok, letak Negara Jepang berada tepat di arah timur yang mana matahari terlihat seperti terbit dari Negara Jepang jika dilihat dari  Tongkok. Maka dari sinilah Jepang dijuluki sebagai Negeri Matahari Terbit.

2. Amerika – Negeri Paman Sam

Mungkin julukan Negeri Paman Sam sudah gak asing lagi di telinga kamu. Ada alasan di balik pemberian julukan “Paman Sam” pada Negara Adidaya tersebut. Pada tahun 1813, seorang pria asal Amerika Serikat bernama Samuel Wilson yang merupakan seorang penyuplai daging untuk para tentara perang. Daging-daging yang dikemas Samuel Wilson dimasukan ke dalam tong-tong kayu lalu diberi label U.S. yang berarti United States. 

Di lingkungan para tentara, tong-tong yang berlogo “U.S.” tersebut diartikan oleh para tentara dengan julukan “Uncle Sam (Paman Sam)”. Julukan tersebut pun menjadi populer di kalangan para tentara dan prajurit, sehingga seorang jurnalis yang sedang meliput di medan perang pun menggunakan istilah “Uncle Sam (Paman Sam)” untuk mewakli Amerika Serikat.

3. Tiongkok – Negeri Tirai Bambu

Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini terkenal dengan negara yang memiliki bambu dengan kualitas terbaik di dunia. Sehingga bambu-bambu yang berada di Tiongkok sangat kuat dan sulit untuk dipatahkan. Karena banyaknya bambu yang tumbuh, bambu-bambu tersebut tumbuh bergerombol sehingga terlihat seperti tirai. Tirai Bambu juga diibaratkan sebagai negara yang tertutup dari kebudayaan luar. Tiongkok mampu menutupi segala sesuatunya dengan begitu rapat.

4. Brasil – Negeri Samba

Julukan Negeri Samba sendiri diambil dari tarian khas Brasil bernama Samba. Tarian samba ini merupakan kebudayaan khas asal Brasil yang terkenal di seluruh penjuru dunia. Bahkan tarian samba juga diterapkan di permainan sepakbola Brasil. Jadi tak heran jika tim sepakbola Brasil sering dijuluki Tim Samba. 

5. Indonesia – Negeri Zamrud Khatulistiwa

Bukan tanpa alasan kenapa negara kita dijuluki Negeri Zamrud Khatulistiwa. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau besar yang dilalui garis ekuator atau garis khatulistiwa. Bahkan ada satu kota di Indonesia yang tepat dilalui garis khatulistiwa, yaitu Kota Pontianak yang berada di Kalimantan Barat. Karena memiliki tempat-tempat yang sangat indah serta eksotis, Indonesia digambarkan seperti batu zamrud yang berada di khatulistiwa, hal itulah yang membuat Indonesia dijuluki Negeri Zamrud Khatulistiwa.

6. Belanda – Negeri Kincir Angin

Mungkin kamu sering mendengar Negara Belanda dengan sebutan Negeri Kincir Angin? Nah, alasan kenapa Belanda dijuluki Negeri Kincir Angin adalah karena pada awalnya, hampir seluruh wilayah Belanda adalah laut. Sehingga untuk memperluas wilayahnya, pantai serta laut yang mengelilingi Belanda dikeruk untuk dibuat bendungan. Dalam proyek peluasan dataran inilah kincir angin berperan sangat penting untuk membendung serta mengalihkan air. Seiring berkembangnya teknologi, kincir angin kini memiliki fungsi lain, yaitu sebagai alat pembantu bidang industri serta pertanian. Karena itulah Belanda dijuluki sebagai Negeri Kincir Angin.

7. Thailand – Negeri Gajah Putih

Sebagaimana yang kita ketahui, gajah adalah hewan yang dianggap suci di Thailand. Menurut sejarah yang beredar, pada zaman dahulu gajah putih merupakan hewan yang ditumpangi oleh sang Buddha Siddhartha Gautama saat menuju pohon suci untuk bertapa. Selain itu, gajah putih juga merupakan hewan endemik Thailand. Itulah yang mendasari kenapa Thailand dijuluki Negeri Gajah Putih.

Itulah beberapa julukan negara-negara di dunia beserta alasannya. Mungkin jika awalnya kita hanya mengikuti dan menggunakan nama julukan yang mewakili negara-negara tersebut tanpa mengetahui alasannya, setidaknya sekarang kita jadi lebih tahu kenapa negara-negara tersebut memiliki julukan yang berbeda-beda. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES