Inilah 7 Tren Kerja Generasi Millennial Jaman Sekarang, Kamu Siap Nggak?

14 April 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES
<p>Generasi millennial atau biasa disebut dengan generasi Y adalah generasi kelahiran tahun 1982-2000. Saat ini generasi millennial merupakan generasi muda yang sedang berada di dunia profesional, baik sebagai pencipta <em>(creator)</em>, pekerja <em>(worker)</em>, hingga manajer. Kalau kamu perhatiin, tren bekerja dari jaman ke jaman berubah mengikuti perkembangan generasi dan kemajuan teknologi. Karena jaman sekarang teknologi tengah berkembang pesat, seakan nggak ada jarak lagi dalam bekerja. Ini hanya salah satu dari beberapa tren kerja generasi millennial. Karena kita hidup di jaman serba modern dan kita termasuk generasi millennial, mau nggak mau kita mengikuti tren kerja kayak gini, <em>guys</em>. Yuk kepoin!</p>

1. Kerja di coworking space

Jaman sekarang udah berjamur co-working space di kota-kota besar. Coworking space adalah tempat kerja umum yang bisa digunakan oleh siapa aja. Saat ini banyak generasi millennial yang memilih untuk bekerja di coworking space karena lebih nyaman dan nggak sekaku bekerja di kantor. Coworking space biasa didesain dengan nuansa yang mendukung dengan aktivitas kerja seperti ruang rapat, ruang bekerja individu, ruang seminar, dan lain-lain. Coworking space dipilih para generasi millennial jaman sekarang karena kebutuhan kerja yang fleksibel dan pastinya menekan dana operasional kantor atau organisasi. Karena menyewa gedung kantor kan mahal banget.

2. Jam kerja fleksibel

Bukannya nggak betah di kantor, tapi kalau ada pilihan bekerja dengan jam kerja fleksibel, generasi millennial pasti tergiur banget. Kenapa sih ini menjadi tren? Karena generasi millennial mementingkan work-life balance alias keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan personal. Generasi millennial jaman sekarang bisa bekerja ketika di hari libur atau libur di hari orang-orang pada kerja. Kalau kamu senang dengan sistem jam kerja fleksibel, kamu juga harus siap menghadapi deadline. Kerja fleksibel bukan berarti banyak waktu untuk malas-malasan ya.

3. Bekerja sebagai freelance atau by project

Ini pun menjadi pertimbangan bagi para generasi millennial. Banyak yang memilih bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas dibandingkan menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan. Generasi millennial juga lebih senang bekerja by project alias bekerja ketika ada proyek yang harus diselesaikan. Mungkin ini karena generasi millennial lebih senang bekerja secara dinamis biar nggak cepat bosan. Bekerja sebagai freelance pun dianggap memiliki keuntungan tersendiri karena bisa bekerja dalam beberapa project sekaligus.

4. Lebih mengutamakan kreativitas

Sadar nggak sih kalau generasi millennial merupakan generasi yang sangat kreatif? Itulah mengapa tren kerja generasi ini lebih mementingkan kreativitas. Banyak pekerja yang sekarang berprofesi sebagai desainer grafis, penulis, musisi, pembuat film, vlogger, dan sebagainya. Bahkan nggak sedikit yang bermodalkan sosial media untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini disebabkan tuntutan bekerja jaman sekarang nggak hanya pendidikan dan kemampuan kasar tetapi juga kreativitas.

5. Bekerja di bidang industri kreatif

Pemerintah Indonesia lagi gencar-gencarnya mendorong pemuda Indonesia untuk memajukan ekonomi kreatif, salah satunya adalah berkarya di industri kreatif. Maka dari itu, sekarang udah banyak banget start-up atau UKM yang generasi millennial ciptakan. Industri kreatif ini diminati sebagian besar generasi millennial karena seperti pada poin sebelumnya, generasi ini lebih senang bekerja melalui kreativitas. Nggak salah lagi kalau industri ini lagi berkembang pesat-pesatnya. Semoga pemerintah selalu mendukung karya anak bangsa ya!

6. Menjual kemampuan pemecahan masalah

Nggak hanya kreatif, generasi millennial juga menjual kemampuan pemecahan masalah. Generasi ini kritis dan selalu ingin memberikan andil dalam pemecahan masalah, maka dari itu generasi millennial merupakan orang-orang yang dapat diandalkan dalam pemecahan masalah. Jaman sekarang, kemampuan kayak gini sangat penting di dunia profesional. Kita nggak hanya dituntut untuk bisa kerja, tapi juga harus bisa menyelesaikan masalah.

7. Berjiwa sosial yang tinggi

Meskipun nggak semua orang generasi millennial berjiwa sosial yang tinggi, namun nggak sedikit kok yang memberikan perhatiannya terhadap isu sosial dan tergerak untuk membawa perubahan positif. Tren bekerja dengan semangat sosial ini sangat lekat dengan generasi millennial, di mana generasi ini senang menciptakan ide-ide untuk membantu orang-orang banyak dengan cara yang praktis.

<p>Itulah tren kerja para generasi millennial yang bisa jadi pertimbangan kamu dalam memutuskan untuk terjun ke dunia profesional. Kini, para profesional yang dicari untuk masuk ke dunia kerja adalah mereka yang bisa mengikuti tren kerja di atas. Nggak hanya mampu bersaing di <em>hard skill </em>aja, tapi mampu juga bersaing dalam menciptakan ide-ide segar khas generasi millennial. Apakah kamu termasuk generasi millennial yang mengikuti tren kerja seperti ini?</p>

Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES