Inilah 7 Tradisi Lebaran di Indonesia yang Selalu Lekat di Hati. Nggak Ingin Usai!

travel.detik.com

Idul Fitri atau biasa juga disebut Lebaran memang menjadi salah satu momen yang paling dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia. Pasalnya, Lebaran menjadi titik kembalinya umat muslim menuju kemenangan setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa. Di Indonesia sendiri, Lebaran menjadi hari yang paling dirayakan secara meriah. Ada beberapa tradisi khas Lebaran yang hanya ditemui di Indonesia. Nah, tradisi-tradisi inilah yang dirindukan oleh banyak orang, khususnya umat muslim di Indonesia. Berikut tujuh tradisi Lebaran yang hanya ditemui di Indonesia.

1. Beli baju baru buat lebaran

islamidia.com

Salah satu tradisi yang rutin dilakukan orang Indonesia saat menjelang lebaran adalah membeli baju baru untuk dipakai di hari raya. Maka tak heran jika menjelang Lebaran tiba, pusat perbelanjaan tak pernah sepi didatangi pengunjung yang berburu baju Lebaran. Kamu sendiri udah beli baju berapa potong nih? Ingat ya, jangan terlalu berlebihan dalam belanja baju baru karena Lebaran bukan untuk ajang pamer baju, namun ajang untuk saling memaafkan.

2. Mudik

blog.jelaja.com

Untuk orang-orang yang sedang merantau di luar kota, Lebaran menjadi momen yang paling tepat untuk pulang ke kampung halaman. Pulang ke kampung halaman atau biasa juga disebut mudik adalah tradisi yang selalu dilakukan setiap menjelang Lebaran. Biasanya ketika mudik, orang-orang akan membawa segala keperluan dan oleh-oleh untuk sanak saudara yang ada di kampung halaman. 

Melihat banyaknya orang membawa kardus dan koper menjadi pemandangan yang biasa ketika menjelang lebaran. Lalu lintas pun akan menjadi macet dari hari biasanya karena banyaknya jumlah pemudik. Namun, kemacetan ini akan terbayar dengan rindunya suasana di kampung halaman. 

 

3. Takbir keliling

www.datdut.com

Ketika malam menjelang Lebaran, suasana di berbagai jalanan akan terlihat sangat meriah dengan pawai obor atau takbir keliling. Anak-anak hingga orang dewasa ikut meneriakan kalimat takbir sebagai tanda kemenangan di esok hari. Suasana kebahagiaan dalam kebersamaan pun sangat kental dan terasa di momen ini. Namun, buat kamu yang ingin ikut melaksanakan takbir keliling, jangan lupa tetap perhatikan ketertiban lalu lintas dan utamakan keselamatan.

4. Halalbihalal
www.kompasiana.com

Halalbihalal atau saling mengunjungi sanak saudara dan kerabat untuk saling bermaaf-maafan menjadi tujuan dari Lebaran itu sendiri. Sebagai hari suci, Idul Fitri akan terasa sia-sia jika tidak saling meminta maaf dan saling memaafkan. Selain untuk ajang maaf-maafan, Halalbihalal juga menjadi ajang silaturahmi untuk saling mengunjungi tetangga dan anak saudara. Dari momen inilah kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

5. Makan ketupat
netz.id

Ada banyak makanan yang biasa disajikan saat Lebaran tiba, salah satunya adalah ketupat dan opor ayam. Ketupat memang tak hanya kita temui saat Lebaran saja, namun juga ditemui di hari-hari yang lain. Namun, entah kenapa rasa ketupat dan opor ayam akan jauh terasa lebih nikmat ketika disantap bersama keluarga di saat Lebaran. Ketupat, opor ayam, dan daging rendang menjadi santapan yang paling diburu saat lebaran tiba.

6. Bagi-bagi THR

blog.8share.com

Lebaran terasa belum lengkap tanpa bagi-bagi THR. Bagi-bagi THR juga menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak sekolah dan mahasiswa. Tradisi bagi-bagi THR biasanya dilakukan setelah Halalbihalal.  Nominal THR yang dibagikan biasanya akan berbeda-beda sesuai dengan usia si anak. Nah, kalau kamu di tahun ini masih nerima THR atau udah mulai bagi-bagi THR nih?

7. Ziarah

www.bumiajipanatagama.com

Momen lebaran memang menjadi sebuah kemenangan untuk seluruh umat muslim di dunia. Tak hanya sebagai ajang bersilaturahmi dengan sanak saudara dan keluarga, namun juga menjadi ajang untuk mendoakan saudara-saudara kita yang sudah tiada. Melakukan ziarah ke makam keluarga memang menjadi sebuah tradisi di Indonesia yang rutin dilakukan setiap tahunnya.

Itulah beberapa tradisi Lebaran di Indonesia yang bikin kita pengen cepet-cepet mudik ke kampung halaman. Merayakan hari Lebaran bersama keluarga dan sanak saudara memang menjadi momen yang sangat berkesan. Saking berkesannya, rasanya kita berat untuk berpisah dengan momen ini. Tapi hidup harus terus berjalan. Dan bukankah momen Lebaran justru jadi terasa spesial karena hanya sekali setahun?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jomblo Bahagia Bakal Kebal Sama 9 Ejekan Ini!

Jomblo Bahagia Bakal Kebal Sama 9 Ejekan Ini!

Tanda Hubungan Jarak Jauhmu Layak Dipertahankan. Nggak Lagi Khawatir Buang Waktu Percuma

Tanda Hubungan Jarak Jauhmu Layak Dipertahankan. Nggak Lagi Khawatir Buang Waktu Percuma

Nggak Bisa Pulang Kampung? Jangan Sedih, Ini Tips Bagimu Untuk Hadapi Lebaran di Perantauan!

Nggak Bisa Pulang Kampung? Jangan Sedih, Ini Tips Bagimu Untuk Hadapi Lebaran di Perantauan!

6 Alasan Cewek Mandiri Sering Jadi Rebutan Para Cowok untuk Dipacari

6 Alasan Cewek Mandiri Sering Jadi Rebutan Para Cowok untuk Dipacari

7 Kata Romantis dari Cowok Ini, Tanda Dia Tak Bisa Diandalkan Sama Sekali

7 Kata Romantis dari Cowok Ini, Tanda Dia Tak Bisa Diandalkan Sama Sekali

6 Zodiak yang Diprediksi Bakal Hadapi Pahit Getirnya Cinta. Duh, Sabar!

6 Zodiak yang Diprediksi Bakal Hadapi Pahit Getirnya Cinta. Duh, Sabar!

loading