Inilah 7 Fakta Unik Ulang Tahun yang Belum Banyak Orang Tahu

09 Juli 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Mungkin kamu pernah bertemu orang yang ulang tahunnya sama denganmu. Mungkin juga kamu pernah merayakan hari ulang tahun yang sangat istimewa sehingga tak terlupakan hingga saat ini. Nah, ternyata banyak fakta unik di balik ulang tahun lho. Berikut ini YuKepo telah merangkum beberapa fakta unik terkait ulang tahun. Check this one out, guys!

1. Perhitungan usia yang berbeda di negara-negara Asia Timur

Perhitungan usia di negara-negara kawasan Asia Timur terbilang cukup unik. Kalau biasanya usia satu tahun dihitung pada tahun berikutnya setelah kelahiran, di Korea dan beberapa kawasan di Tiongkok menghitung usia satu tahun sejak dilahirkan. Belum lagi harus dihitung berdasarkan penanggalan Cina. Jadi, kalau usiamu saat ini 20 tahun, bisa jadi di Korea kamu terhitung berusia 21 atau 22 tahun! Memang agak membingungkan ya.

2. Perayaan ulang tahun termahal di dunia

Sultan Brunei menjadi tuan rumah dari pesta perayaan ulang tahun termahal di dunia untuk merayakan ulang tahunnya yang ke 50 pada tanggal 13 Juli 1996. Biayanya diperkirakan mencapai lebih dari 27,2 juta USD (US Dollar). Ia juga mengundang Michael Jackson dalam konser senilai 16 juta USD. Setiap tamu yang datang juga diberikan medali emas untuk dibawa pulang lho!

3. Awal mula lagu “Happy Birthday to You”

Lagu “Good Morning to All” ditulis oleh Mildred Hill dan Dr. Patty Hill pada tahun 1893, untuk sekolah Kindergarten. Patty Hill kemudian mengganti lirik “Happy Birthday” setelah menyadari bahwa lagunya populer. Lagu ini masih memiliki hak cipta yang artinya harus membayar royalti ketika membawakan lagu ini.

4. Tradisi unik perayaan ulang tahun

Di Nepal dan India, pada hari ulang tahun pertama seorang anak, kepala mereka dicukur dengan api khusus. Pencukuran rambut diyakini bisa membersihkan anak dari kejahatan di kehidupan lampau dan melambangkan pembaharuan jiwa. Anak laki-laki Hindu dari beberapa kasta, seperti Brahmana yang berulang tahun ke-12 atau ke 13 diganti dengan “upacara benang” atau Upanayana. Anak yang berulang tahun mengambil untaian yang diberkati dan memakainya sebagai lambang bertambahnya usia.

5. Golden Birthday

Tahukah kamu kalau ada istilah 'Golden Birthday'? Nah, faktanya beberapa orang bisa aja merayakan Golden Birthday, lho. Jika usia dan tanggal lahir kamu sama, hari tersebut dianggap begitu spesial dan dikenal sebagai Golden Birthday. Jadi, misalkan kamu lahir pada tanggal 22, maka Golden Birthday-mu adalah ketika kamu berulang tahun yang ke-22. Sabar aja ya buat yang tanggal lahirnya 31!

6. Bulan dengan kelahiran terbanyak

Sebenarnya belum ada data yang pasti mengenai frekuensi kelahiran pada bulan tertentu di dunia ini. Hal ini dikarenakan setiap hari ratusan ribu hingga mungkin jutaan bayi lahir ke dunia. Namun, penelitian statistik di Amerika Serikat pernah menyebutkan bahwa bulan Agustus adalah bulan dengan kelahiran terbanyak. Sedangkan tanggal 16 September merupakan tanggal dengan kelahiran terbanyak yang diduga sebagai hasil konsepsi warga Amerika Serikat saat libur akhir tahun.

7. Inilah yang terjadi sejak ulang tahun terakhirmu

Bayangkan hari ini adalah hari ulang tahunmu. Selama setahun, kalau nggak dipotong, rambutmu kemungkinan besar akan tumbuh 12 cm dan kukumu sekitar 4 cm. Sejak ulang tahun terakhirmu, kamu memiliki sekitar 1.460 mimpi. Sejak ulang tahun terakhirmu, jantungmu telah berdetak sekitar 42.075.900 kali!

Nah, begitulah fakta unik ulang tahun yang mungkin belum kamu ketahui. Bagaimanapun, ulang tahun bukanlah ajang sukacita semata, tapi juga menjadi momen penuh rasa syukur yang bisa kamu jadikan evaluasi setiap tahunnya. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES