Inilah 11 Desain Uang Rupiah Baru! Yuk Telisik Bedanya Sama yang Dulu!

20 Desember 2016
|Setia Ningrum
Life
0SHARES

Tepat Senin 19 Desember 2016, Bapak Presiden Jokowi meresmikan rilisnya uang rupiah yang baru. Apa kabar dengan uang yang lama yah? Yang pasti sih baik-baik aja, kalau emang kamu masih punya uang lama. Tapi tenang, uang lamanya gak kadaluarsa kok, masih bisa kamu gunain asal kamu punya uang aja, kalau gak punya ya gak bisa digunainlah. Banyak hal yang bikin uang baru ini tuh beda banget sama uang lama. Katanya Pak Presiden Jokowi sih, uang barunya bakalan sulit banget dipalsukan. Itu hal penting sih, yang harus kamu tau. Karena maraknya pemalsuan uang, maka dari itu pemerinta menciptakan uang baru ini. Jadi, jangan sedih ya uang lama, posisi kamu emang bakalan lengser dengan yang baru. Tapi kamu masih jadi hal yang paling banyak orang cari kok! Nah, ngomongin masalah uang baru dan uang lama milik Indonesia ini, YuKepo kali ini mau ngebahasnya lebih dalam nih. Ngebahas mengenai penampakan perbedaan uang baru dengan uang lamanya. Kamu yang belum dapet uang barunya, pasti penasaran banget kan kayak apa? Nah, makanya nih YuKepo kasih liat nih perbedaannya. Makanya, terus kepo yah! Yuk kepo!

1. Uang koin 1.000 rupiah

Koin 1.000 tuh paling asik kalau dikumpulin, soalnya bentuknya yang slim tuh bikin suaranya nyaring di kuping. Apalagi kalau punya sekarung, nyaring banget pasti haha. Nah, perbedaannya lumayan berubah nih, dari lambang garuda yang dipindah di bagian muka, sampai hilangnya gambar angklung diganti oleh wajah pahlawan. 

2. Koin 100 rupiah

Walaupun koin ini sering gak diterima buat kembalian, tapi tetep dirilis koin barunya kok. Perubahan koin baru 100 perak ini, terlihat dari hilangnya burung kakatua dan diganti sama wajah pahlawan. Angka 100nya juga terlihat lebih besar nih sekarang. 

3. Koin 500 rupiah

Koin yang sering ketuker sama 200 ini, juga mengalami perubahan yang dahsyat nih gengs. Koin 500 yang baru, terlihat lebih simple. Dengan angka 500 yang keliatan lebih besar dari sebelumnya dan hilangnya lambang melati yang digantikan dengan gambar pahlawan. 

4. Koin 200 rupiah

Sama halnya dengan koin 500 nih, burung jalaknya juga diganti sama wajah pahlawan. Siapa hayo nama pahlawannya?

5. Uang kertas 1.000 rupiah

Hijaunya lebih terang yah di uang baru 1.000 rupiah ini? Udah gitu, wajah pahlawan yang di uang 1.000 lama diganti nih. Semoga, masih bisa ngira yah kalau itu uang 1.000 yang baru.

6. Uang kertas 2.000 rupiah

Untuk warna sih masih sama, cuma bedanya warna kuningnya lebih terang aja. Lagi-lagi pahlawannya diganti nih di uang baru pecahan 2.000 rupiah.

7. Uang kertas 5.000 rupiah

Tetep yah, warna uang baru gak jauh beda sama uang lamanya. Cuman, emang uang barunya desainnya lebih rame dari uang lama. Seperti di tampak belakangnya, uang baru ada gambar penari dan Gunung Bromo. Rame yah?

8. Uang kertas 10.000 rupiah

Wah, kalau uang yang satu ini banyak perubahannya juga nih. Dari warna, sampai ke wajah pahlawannya juga berubah nih. Untuk warna pun, uang baru lebih berwarna daripada uang 10.000 yang lama. Jadi asik nih, kalau ada segepok di dompet haha.

9. Uang kertas 20.000 rupiah

Untuk warna uang baru pecahan 20.000 ini tetap konsisten dengan warna hijaunya. Nah, kalau diperhatikan uang lama itu kan kegiatan memetik teh, nah kalau di uang baru cuma ada daun tehnya gitu di tampak belakangnya. Tetep gak ninggalin yang lama kok uang barunya.

10. Uang kertas 50.000 rupiah

Warna biru di uang baru pecahan 50.000 lebih muda dibandingkan dengan uang lamanya. Yang menariknya nih yah, uang lama itu kan ada gambar khas Bali gitu, nah ternyata si uang barunya pun tidak meninggalkan jejak uang lama. Karena, masih ada unsur Bali-Balinya gitu lho. Dengan gambar penari dari Bali dan bunga khas Bali yang sering dicantolin di kuping. Makin seru nih, kalau ada di dompet segepok.

11. Uang kertas 100.000 rupiah

Nah yang satu ini, uang barunya warnanya lebih lembut nih dibanding uang lamanya. Untuk tokohnya sih masih sama yah, cuma bentuknya aja yang beda. Udah gitu di uang baru masih dengan tema Jakarta yaitu penari Betawi gitu, gak jauh beda dengan uang lama yang ada gambar DPR yang berada di Jakarta. Seru nih kalau punya dua gepok di dompet. Mau gak? Kerja makanya haha.

Jadi gimana nih warga Indonesia? Sudah siap adaptasi dengan uang-uang baru ini? Semoga, gak ada lagi yang bisa memalsukan uang ini yah. Pemerintah sih berharap banget, uang-uang ini diciptakan sedemikian rupa biar gak ada yang memalsukan. Intinya, kalau kamu mau uang-uang ini di dompet kamu, kerja! Usaha! Jangan malas! Dan Jangan korupsi! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Setia Ningrum
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES