Ini Lho 5 Cara Belajar Efektif dengan Sistem Kebut Semalam untuk Menghadapi Ujian

www.studyinternational.com

Sistem kebut semalam atau akrab disingkat dengan istilah SKS merupakan salah satu metode belajar yang umum dilakukan para pelajar ketika akan menghadapi. Sebenarnya, belajar dengan sistem kebut semalam sangatlah nggak dianjurkan karena metode ini nggak akan membuatmu memahami betul apa yang kamu pelajari. Tapi, kalau kamu hanya ada sedikit waktu untuk belajar, kamu harus memanfaatkan waktu tersebut untuk belajar dengan cara yang lebih efektif. Berikut tipsnya!

1. Pastikan kamu tahu materinya dari mana sampai mana

www.buzzfeed.com

Ini adalah awal persiapan yang penting banget. Pastikan kamu tahu materinya apa aja dan yang berpotensi untuk keluar di ujian itu yang mana aja. Dengan begini kamu akan belajar dengan lebih efektif dan nggak perlu menghapal di luar materi. Nggak hanya sekedar tahu seberapa, tapi pastikan kamu juga tahu mana materi yang paling sulit kamu pahami sampai yang paling mudah. Ketahui juga kamu akan belajar berapa lama sampai ujian dilaksanakan.

2. Bagi-bagi waktu untuk setiap bagian materinya

plus.google.com

Dengan mengetahui seberapa banyak materinya dan waktu yang tersisa menuju ujian, kamu bisa membagi-bagi materinya sesuai waktu yang kamu miliki. Pelajari materi yang menurut kamu paling sulit terlebih dahulu hingga yang paling mudah. Ini dimaksudkan kamu bisa menyerap informasi di saat otakmu masih bisa bekerja secara maksimal. Kalau materinya adalah urutan, kamu bisa memporsikan waktu yang lebih lama untuk bagian yang paling sulit.

3. Gunakan teknik mencatat dengan menulis pakai tangan

astrologyy-gifs.tumblr.com

Jangan hanya membaca, karena otak memiliki kemampuan ingatan jangka pendek sebatas 30 detik saja. Setelah membaca, tulis dengan bahasamu sendiri sebagai bentuk recalling atau mengingat kembali. Mengapa harus ditulis tangan? Karena dengan menulis tangan kamu akan lebih mudah menyimpan informasi dibandingkan dengan mengetik yang prosesnya lebih cepat sehingga lebih mudah terlupakan.

4. Menghapal dengan metode mind-mapping
sketchnotearmy.com

Metode ini telah banyak digunakan oleh para pengajar profesional untuk para pelajar yang ingin menghapal dengan lebih mudah. Nggak perlu bagus-bagus banget, yang penting kamu bisa memahami skema mind-mapping yang telah kamu buat. Akan lebih baik lagi kalau kamu membuatnya dengan pulpen berwarna untuk membedakan setiap bagian materinya. Sebelum membuat mind-mapping sangat dianjurkan untuk membaca materi secara keseluruhan terlebih dahulu.

5. Jangan membaca ulang sebelum ujian
capinaremos.com

Salah satu kesalahan utama setiap pelajar yang menggunakan metode sistem kebut semalam adalah kembali membaca ulang di detik-detik sebelum ujian di mulai. Padahal, ketika membaca tersebut informasi yang telah diserap pada malam sebelumnya akan hilang terganti oleh informasi yang barusan kamu baca sebelum ujian. Nggak mau kan capek-capek begadang eh jadi lupa semua gara-gara membaca ulang? Jadi, lebih baik rileks aja sebelum ujian dimulai.

Kalau kamu perhatikan, kok kayaknya capek banget ya belajar efektif dengan sistem kebut semalam ini? Iya, memang melelahkan, lho. Oleh karena itu, memang nggak dianjurkan untuk terlalu sering belajar dengan sistem kebut semalam karena kamu jadi nggak memahami betul-betul apa yang kamu pelajari tersebut. Cepat ingat, cepat lupa, deh!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Mau Buat Usaha? Inilah Quotes dari Bill Gates Untuk Pengusaha Muda Biar Makin Semangat

Mau Buat Usaha? Inilah Quotes dari Bill Gates Untuk Pengusaha Muda Biar Makin Semangat

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

10 Ungkapan “Aku Rindu” dari Berbagai Bahasa Daerah Ini Bikin Kamu Baper Nggak Karuan!

10 Ungkapan “Aku Rindu” dari Berbagai Bahasa Daerah Ini Bikin Kamu Baper Nggak Karuan!

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

9 Skill yang Perlu Kamu Kuasai Sebelum Meninggalkan Usia 20an

9 Skill yang Perlu Kamu Kuasai Sebelum Meninggalkan Usia 20an

loading