Ini Hal Nggak Terduga yang Suka Bikin Kamu Menunda Pekerjaan Sampai Mepet Deadline!

www.yukepo.com

Kalian pasti pernah mengalami kejadian seperti ini: kerjaan yang harus diserahkan esok pagi sudah nongkrong dengan manis di meja. Tapi kalian merasa bahwa waktu masih panjang, jadi kalian menunda pekerjaan dan bersantai dulu sejenak, menonton drakor, bermain media sosial, atau membaca artikel gosip terkini. Hingga waktu sudah menunjukkan larut malam. Kalian lalu mulai panik dan mulai mengerjakan pekerjaan yang tertunda. Tapi kalian merasa susah fokus dan memutuskan untuk istirahat dahulu. Begitu terus hingga akhirnya kalian baru mengerjakan tugas tersebut beberapa jam sebelum tenggat waktu habis. Familiar?

Iya, kisah di atas pasti pernah dialami oleh mayoritas kita. Procrastination atau menunda-nunda pekerjaan adalah hal umum yang sudah jadi begitu lumrah. Bahkan, orang-orang pun banyak yang menjadikannya sebagai lelucon alih-alih sesuatu yang miris, saking lumrahnya. Tapi menunda itu nggak baik. Beban stress yang kamu alami akan lebih intens, pekerjaan pun hasilnya jadi nggak maksimal. Lagipula, emangnya enak harus begadang semalaman suntuk demi mengejar deadline?

www.yukepo.com

Terus, kalau udah tau nggak enak, kenapa masih dilakukan saja? Ada beberapa alasan kenapa kita suka menunda pekerjaan. Pertama, karena kita suka sistem reward yang instan, yang langsung terasa. Dan reward itu kita dapat dari melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti menonton drama Korea atau bermain Instagram. Padahal, reward yang instan pun akan sirna secepat hadirnya pula.

Kedua, kita takut akan melakukan kesalahan saat mengerjakannya. Karena itu, kita memilih menghindari dan menunda pekerjaan. Padahal kita tau kalau akhirnya pun kita harus menyelesaikannya. Ketiga, karena kita nggak bisa mengatur emosi dan prioritas dengan baik. Nah yang satu ini nih yang agak bahaya. Karena berarti menunda pekerjaan sudah menjadi kebiasaan buruk kita. Dan tau kan gimana sulitnya mengubah kebiasaan itu?

Apa pun alasanmu, sadarilah kalau menunda pekerjaan itu nggak baik dan merugikan diri kamu sendiri. Iya, kamu mungkin santai dan senang di awal, tapi di akhir kamu bakal gelagapan dan stress sendiri. Lagipula, santai di awal itu nggak akan pernah benar-benar menyenangkan karena kita pasti selalu terbayang pekerjaan yang menumpuk. Jadi, coba yuk atur lagi skala prioritas kita dan kontrol diri dengan lebih baik agar nggak terus-terusan menunda pekerjaan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Biar Meja Makanmu Makin Hipster, Cobain DIY Taplak Keren ala Wabi-Sabi Ini!

Biar Meja Makanmu Makin Hipster, Cobain DIY Taplak Keren ala Wabi-Sabi Ini!

Merayakan Ulang Tahun Sebenarnya Perlu Nggak Sih? Cek Jawabannya Dulu!

Merayakan Ulang Tahun Sebenarnya Perlu Nggak Sih? Cek Jawabannya Dulu!

Mau Sehat Sekaligus Hits? Cobain Olahraga Kekinian Ini. Body Goals di Depan Mata!

Mau Sehat Sekaligus Hits? Cobain Olahraga Kekinian Ini. Body Goals di Depan Mata!

Jangan Sampai Body Fit Goals Gagal, Hindari Kesalahan-Kesalahan Umum Saat Fitness Ini!

Jangan Sampai Body Fit Goals Gagal, Hindari Kesalahan-Kesalahan Umum Saat Fitness Ini!

Friendzone Emang Titik Paling Nadir dalam Hubungan, Lakukan Ini Biar Nggak Terjebak!

Friendzone Emang Titik Paling Nadir dalam Hubungan, Lakukan Ini Biar Nggak Terjebak!

Jangan Lagi Ngatain Cewek Ribet Karena Bawaannya Banyak, Ini Alasannya!

Jangan Lagi Ngatain Cewek Ribet Karena Bawaannya Banyak, Ini Alasannya!

loading