Ini Dia Manfaat Menulis Diary yang Perlu Kamu Tau! Bikin Manggut-manggut!

08 Februari 2017
|Michelle Sonya
323SHARES

Ingat nggak waktu kamu kecil, kamu, atau orang terdekatmu pasti punya buku harian alias diary. Biasanya memang cewek sih yang punya. Ada yang pakai kunci dan gembok, ada yang polos biasa. Namun, banyak bentuk dan macamnya. Nah, untuk remaja atau dewasa muda, baik perempuan maupun laki-laki, menulis buku harian itu dapat membantu kamu berkembang dalam banyak hal lho. Inilah 8 manfaat yang dapat kamu peroleh apabila kamu rajin menulis diary! 

1. Melatih ingatan

Buat kamu yang pelupa, menulis diary dengan mengisi jadwal kamu per minggu dapat membantu ingatan kamu! Nggak ada lagi deh lupa ulang tahun teman, atau lupa tanggal jadian sama pacar!  

2. Menambah IQ

Riset mengatakan bahwa dengan sering menulis buku harian, IQ kamu perlahan akan bertambah lho! 

3. Berkembang secara emosional

Dengan menulis buku harian dan me-review setiap minggu, kamu akan lebih mengenal diri kamu sendiri. Dengan begitu, kamu dapat lebih mengerti perasaan-perasaan kamu. Nggak ada deh galau-galau melulu! 

4. Lebih disiplin

Karena sudah terbiasa menulis SETIAP hari, kamu akan terbiasa melakukan rutinitas-rutinitas lainnya secara teratur. Lebih disiplin deh! 

5. Memperbaiki kemampuan komunikasi

Dengan menulis setiap hari, kamu akan coba cara untuk menuangkan perasaan kamu dengan jelas. Dengan begitu, kemampuan komunikasi kamu akan meningkat! 

6. Lebih kreatif

Apalagi kalau kamu suka menghias-hias, pasti buku harian kamu akan penuh dengan hasil kreasi kamu. 

7. Tata bahasa kamu pun akan berkembang

Kalau kamu sering menulis buku harian, pasti suka bosan kalau memakai bahasa itu-itu saja. Nah, otomatis kamu akan mencari kosa kata baru untuk menuliskan keseharianmu. Paling tidak, kalau gombalin gebetan bisa lebih puitis! 

8. Kepercayaan diri kamu meningkat

Nah, kalau sudah berkembang dalam banyak hal, dan kamu lebih mengenal diri sendiri, pasti kepercayaan diri kamu akan meningkat. Eitss, tapi jangan sampe kepedean dan sombong ya! Gak bagus. 

Setelah baca 8 manfaat di atas, jadi pengen nulis buku harian ya! Gak usah malu, sekarang banyak juga profesional yang juga menulis buku harian, youtuber, selebgram, dan banyak cara menulisnya. Yuk mulai tulis buku harian! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Michelle Sonya
Gak Punya Quote Nih!
323SHARES