Ini Dia Hal-hal Unik yang Terjadi Saat Perayaan Academy Awards 2017!

01 Maret 2017
|Idham Nur Indrajaya
Life
0SHARES

Perayaan Academy Awards ke-89 yang diselenggarakan tempo hari, tidak luput dari sisipan-sisipan kisah unik yang mewarnai perayaan tersebut dan menjadi buah bibir dari netizen yang tersebar di mancanegara. Apalagi perayaan tahun ini merupakan perayaan Academy Awards yang pertama diselenggarakan setelah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat yang tentunya memicu reaksi dari berbagai pihak, termasuk dari para pelaku industri perfilman Hollywood yang tergabung dalam The Academy. Meryl Streep, aktris senior yang sempat memberikan pidato anti-Trump pada saat perayaan Golden Globe Awards yang diadakan beberapa bulan sebelumnya pun menjadi pusat perhatian dari para hadirin loh.

Nah, selain kisah dari Meryl Streep yang mengundang banyak perhatian, kamu juga bisa lihat beberapa hal unik lainnya yang terjadi saat perayaan Academy Awards ke-89 di bawah ini nih. Yuk, kita kepoin! 

1. Mahershala Ali, muslim pertama yang memenangkan penghargaan Oscar

Berita tentang Mahershala Ali yang memenangkan penghargaan aktor pemeran pembantu terbaik dalam film Moonlight memang sempat viral di media sosial ketika perayaan Oscar 2017 dilaksanakan. Faktor yang memicu meledaknya berita ini adalah kebijakan Trump yang dianggap seakan-akan telah memandang orang yang berkepercayaan Islam dengan sebelah mata. Hal ini seakan-akan menjadi bukti bahwa terlepas dari apa pun kepercayaan yang dianut, setiap orang dapat menjunjung dirinya dengan mengabdikan dirinya untuk berkarya. 

2. Meryl Streep yang mendapatkan standing applause karena pidato anti-Trump yang dilontarkannya pada saat Golden Globe Awards

Saat Meryl Streep memberi pidato singkat yang berisi protes terhadap Donald Trump di acara Golden Globe Awards yang diadakan beberapa bulan sebelumnya, presiden Amerika Serikat itu pun langsung memberi reaksi di dalam cuitan Twitter-nya yang berkata bahwa Meryl Streep adalah aktris yang dinilai terlalu tinggi dan tidak inspiratif. Jimmy Kimmel, sebagai pembawa acara di Academy Awards 2017 pun mengajak para penonton untuk memberi standing applause kepada Meryl Streep yang sudah memberanikan diri menyatakan protesnya kepada Trump.

Selain itu, Kimmel mengatakan bahwa perayaan tersebut ditonton oleh negara-negara yang kini membenci Amerika Serikat karena kebijakan Trump. Kimmel juga menyindir Trump dengan mengatakan bahwa perayaan Academy Awards yang ke-89 ini kurang rasis, dan tentu hal itu berlawanan dengan kenyataan yang terjadi mengingat Asghar Farhadi yang menjadi sutradara The Salesman tidak menghadiri acara tersebut mengingat larangan Trump atas kedatangan imigran dari negara Iran. 

3. Dukungan untuk kebebasan masyarakat sipil Amerika Serikat yang disimbolkan oleh pita berwarna biru

Ruth Negga, aktris berkebangsaan Irlandia-Ethiopia yang masuk ke dalam nominasi aktris pemeran utama terbaik atas perannya dalam film Loving, adalah selebritis pertama yang terlihat memakai aksesoris pita biru ketika sedang diambil gambarnya di atas karpet merah. Aksesoris pita biru yang juga dikenakan oleh para hadirin lainnya, merupakan simbol atas dukungan mereka terhadap ACLU (American Civil Liberty Union), organisasi non-profit yang bergerak dalam penolakan terhadap kebijakan imigrasi yang dikeluarkan oleh Trump. Selain Negga, yang terlihat mengenakan pita biru ini adalah Barry Jenkins— sutradara Moonlight, Lin-Manuel Miranda—penggubah lagu “How Far I’ll Go" dalam Moana, Emma Stone—aktris pemeran utama dalam La La Land, dan juga para selebritis lainnya yang menyatakan simpati terhadap pergerakan ACLU. 

4. Sindiran sutradara The Salesman kepada Donald Trump yang melarang imigran dari beberapa negara muslim

Film The Salesman adalah film dari Iran yang berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori film asing terbaik. Asghar Farhadi, sutradara dari film ini, tidak menghadiri perayaan dan tidak bisa menyampaikan pidato secara langsung atas keberhasilannya tersebut. Pidato singkatnya diwakili oleh Anousheh Ansari, astronot berkebangsaan Amerika-Iran. Ansari memberikan pidato yang dititipkan oleh Farhadi, yang isinya kurang-lebih menyatakan bahwa ketidakhadirannya pada acara tersebut didasari oleh rasa solidaritasnya terhadap para muslim yang dilarang keberadaannya di Amerika Serikat oleh aturan imigrasi Trump. Kebijakan yang dianggap oleh Farhadi sebagai kebijakan yang tidak manusiawi.

5. Pemutaran film The Salesman di London dalam rangka memprotes kebijakan Trump

Ribuan warga London mengadakan pemutaran film The Salesman saat hari Minggu tanggal 26 Februari, tepatnya pada pagi hari sebelum perayaan Academy Awards ke-89 akan dilaksanakan pada malam harinya. Pemutaran film itu diadakan sebagai bentuk simpati kepada seluruh warga dari 7 negara Muslim yang dilarang berimigrasi ke Amerika Serikat. Mayor dari kota London, yakni Sadiq Khan, yang sekaligus menjadi pewara dalam acara pemutaran film yang diadakan di Trafalgar Square, menyatakan, “Presiden Trump tidak bisa membuatku diam. Kita di sini atas solidaritas terhadap Asghar Farhadi, salah satu dari sutradara terbaik di seluruh dunia”. Di atas ini, kamu bisa lihat video yang berisi ucapan terima kasih dari Farhadi kepada Sadiq Khan yang menunjukkan rasa simpatinya kepada warga muslim yang didiskriminasi oleh kebijakan Trump.

6. Jimmy Kimmel berupaya untuk berdamai dengan Matt Damon ketika sedang di atas panggung

Perseteruan antara Jimmy Kimmel dan Matt Damon, aktor yang dikenal popularitasnya dalam Bourne Trilogy, nampaknya memang perseteruan yang dibuat-buat. Namun, perseteruan mereka berdua dianggap sebagai salah satu bentuk hiburan yang mengundang banyak perhatian dari para masyarakat Amerika Serikat. Perseteruan yang dimulai pada acara Jimmy Kimmel Live! yang terjadi 11 tahun silam, nampaknya hendak berakhir pada saat Jimmy Kimmel memberi pernyataan khusus yang ditujukan kepada Damon di acara Academy Awards tempo hari. Kimmel mengatakan bahwa dirinya hendak mengubur kapak peperangan dengan Damon yang hadir juga sebagai penonton.

Kocaknya, pada acara tersebut, Kimmel memberikan candaan kepada peran Damon dalam film We Bought A Zoo (2011), dan menyindir kegemukan Damon dengan mengatakan, “Saat pertama kali aku bertemu Matt, akulah yang berbadan gemuk”. Saat Damon dan Ben Affleck hendak memberi pengumuman untuk kategori penulisan skrip orisinal terbaik, Kimmel pun memotong pidato Matt Damon dengan lantunan musik yang seakan-akan tengah dipimpinnya sebagai konduktor. Tampaknya perseteruan antara mereka berdua akan tetap mewarnai dunia entertainment di Amerika Serikat dengan berbagai kekonyolan tingkah mereka berdua.

7. Salah sebut nama pemenang untuk film terbaik!

Hal ini merupakan sesuatu yang cukup fatal, mengingat para pelaku yang terlibat dalam produksi film La La Land sudah hendak menaiki panggung saat La La Land disebut sebagai peraih penghargaan untuk kategori film terbaik. Warren Beaty, aktor yang membacakan nominasi tersebut, mengungkapkan bahwa dirinya diberi amplop yang salah, yang isinya mengatakan “Emma Stone – La La Land”. Mungkin amplopnya tertukar dengan amplop cadangan untuk nominasi aktris pemeran utama terbaik. Setelah dikoreksi, ternyata yang memenangkan penghargaan film terbaik adalah Moonlight yang digarap oleh Barry Jenkins. 

Semangat para seniman Amerika Serikat yang turut memperjuangkan kebebasan berpendapat para warganya memang patut diacungi jempol. Hal ini menunjukkan bahwa para selebritis di sana tidak hanya berkutat dan asik sendiri dengan dunia hiburan yang digelutinya saja, mereka juga melek politik loh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES