Ini Caranya Berdebat Cerdas dengan Pasangan Biar Hubungan Tetap Sehat dan Langgeng

17 November 2017
|Chandra W.
0SHARES

Dalam setiap hubungan, pasti ada masa-masa di mana kamu dan pasangan nggak sepikiran dalam menentukan suatu hal. Terkadang perbedaan ini menimbulkan perdebatan yang diwarnai rasa marah dari kedua pihak. Wajar kalau kamu terbawa emosi. Tapi lebih baik lagi jika kamu bisa mengendalikan rasa emosimu dan berdebat cerdas, supaya bisa menyelesaikan masalah, bukan semakin memperparah masalah.

1. Dengarkan argumennya

Namanya dua orang, pasti beda argumen kan. Daripada langsung mencak-mencak sambil banting piring, mending kamu duduk dan tanyakan lalu dengarkan argumennya atas apa yang sedang kalian perdebatkan. Dengarkan baik-baik sampai kamu paham intinya. Biarkan ia menyampaikan semuanya terlebih dahulu.

2. Kendalikan respon baik tubuh maupun ucapanmu

Setelah paham argumennya apa, baru kamu ungkapkan sudut pandangmu terhadap masalah yang kalian hadapi. Gantian, ungkapkan dengan tegas dan nggak usah bertele-tele. Jelaskan perbedaan pendapatmu dengannya di sebelah mana. Sampaikan baik-baik, orang yang pertama kali lepas kendali biasanya kalah dalam apa saja.

3. Pikirkan setiap kata yang hendak kamu ucapkan

Ingat, yang sudah terucap nggak bisa ditarik lagi dan lidah lebih tajam dari belati. Salah satu kata saja bisa bikin hubunganmu berakhir untuk selama-lamanya. Belum lagi melihat matanya yang mendadak kehilangan cahaya saat kamu menghardiknya. Yang sakit bukan hanya dia, kamu juga. Jadi hindari kata-kata yang menyinggung ya. 

4. Bahas sampai ke akar-akarnya, tapi jangan membawa masa lalu

Mungkin kamu marah karena dia melakukan kesalahan yang mirip dengan apa yang pernah ia lakukan sebelum jadi pacarmu. Tinggalkan bayangan masa lalu, fokus dengan masalah yang ada di depan matamu sekarang. Jangan menghindari konflik, selesaikan semua sampai ke akarnya. Menghindari konflik hanya akan memperbesar masalah.

5. Genggam tangannya atau peluk untuk menurunkan tegangan

Kontak fisik sedikit banyak bisa meringankan emosi yang sedang kalian rasakan, entah marah, sedih, atau kecewa. Dalam perang, ibaratnya ini adalah gencatan senjata. Kalau sudah tenang, baru deh balik ke masalahnya.

 

Intinya sih karena kamu sudah dewasa, selesaikan masalah dengan kepala dingin. Berteriak ke pasangan atau membanting barang-barang nggak menyelesaikan apapun. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES