Ini Anggapan Salah Kaprah Tentang Puber Kedua. Jangan Jadikan Pembenaran Untuk Selingkuh!

www.elitedaily.com

Memasuki usia 40-an, seseorang dihadapkan pada salah satu fase yang katanya tak terhindarkan, terutama untuk para pria, yaitu puber kedua. Seringnya, fase ini dituduh sebagai penyebab ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Pasalnya, saat seseorang mengalami puber kedua, kabarnya mereka terdorong untuk berselingkuh. Lho, kalau semua orang mengalami puber kedua, berarti semua orang bakal selingkuh juga dong? Apakah benar penyebab ketidakharmonisan rumah tangga adalah puber kedua?

www.ummi-online.com

Dalam dunia medis, sebenarnya tidak ada yang dinamakan puber kedua. Pubertas sendiri adalah istilah yang merujuk pada perubahan fisik dan psikis yang terjadi saat seseorang menginjak usia remaja. Perubahan fisik pada pria, misalnya tumbuh jakun dan pada wanita, misalnya payudara yang mulai terlihat. Perubahan psikis, misalnya mulai ada perasaan berbeda kepada lawan jenis.

www.seruni.id

Menginjak usia 40-an, seseorang juga akan kembali mengalami perubahan. Pada wanita, masa ini disebut perimenopause atau masa-masa menjelang menopause. Hal ini terjadi ketika ovarium secara bertahap melepaskan lebih sedikit estrogen dan ovum sampai memasuki masa menopause ketika sel telur sudah benar-benar tidak diproduksi lagi. Perubahan hormonal tentunya akan berpengaruh terhadap mood dan perilaku lainnya. Secara psikologis, pada usia-usia ini kehidupan seorang wanita akan kembali seperti sebelum menikah karena anak-anaknya telah memasuki usia yang sudah dapat mengurus dirinya sendiri. Kelonggaran aktivitas ini dapat juga menciptakan kekosongan sehingga ia merasa lebih mudah kesepian dan ingin kembali melakukan sesuatu yang baru seperti layaknya remaja.

www.gulalives.co

Sementara pada pria, usia empat puluh tahun ke atas identik dengan kemapanan status sosial dan jenjang karir yang sudah mumpuni. Artinya, secara materi ia sudah matang, secara emosi apalagi. Namun di sisi lain, performa fisik mungkin sudah mulai menurun. Diiringi dengan pekerjaan atau aktivitas yang itu-itu saja, seorang pria terdorong untuk melakukan pembuktian bahwa ia masih bisa "berjaya" atau eksis di usianya yang mulai menua. Usaha-usaha pembuktian diri inilah yang tidak jarang mengarah kepada hal-hal negatif, misalnya dengan mencari sensasi seksual yang baru (ini juga berlaku pada wanita).

www.popular-world.com

Jadi, secara singkat dapat dikatakan bahwa puber kedua tidak ada dan yang ada hanya perubahan fisik dan psikis pada pria dan wanita sehingga menuntun ke perilaku yang cenderung negatif. Ketika nanti kamu mengalaminya barang kali beberapa belas tahun lagi, kenali tanda-tandanya. Mungkin kamu tidak akan merasakan gejala apa pun. Mungkin juga yang kamu tahu hanya tiba-tiba ingin sering-sering nongkrong di luar, merasakan geletar aneh ketika bertemu lawan jenis yang bukan istri/ suami, dan sebagainya. Percayalah, itu bukan saatnya kamu untuk bilang, "mungkin dia jodohku yang sebenarnya". Itu cuma hormonmu yang ngomong kayak gitu.

lifestyle.okezone.com

Segera komunikasikan ke orang terdekat ketika kamu mulai merasa ada yang berubah di usia 40-an ke atas. Sebelum terlambat, perubahan-perubahan itu bisa kamu alihkan kecenderungannya ke hal-hal positif, misalnya kembali rajin berolahraga, mengikuti workshop yang bisa melatih atau menajamkan skill, bahkan travelling dengan pasanganmu. Kan anak-anak sudah bisa ditinggal. Daripada jalan-jalan sendiri terus malah kepikiran untuk selingkuh, lebih baik melakukan kegiatan menyenangkan bareng pasangan. Seru, berasa muda lagi!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ini Bukti Kalau Nunggu ‘Momen yang Tepat’ Untuk Nembak Itu Berpotensi Membuat Kita Ditikung!

Ini Bukti Kalau Nunggu ‘Momen yang Tepat’ Untuk Nembak Itu Berpotensi Membuat Kita Ditikung!

Bikin Tikus Di Rumah Langsung Klepek-Klepek, 6 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Mereka!

Bikin Tikus Di Rumah Langsung Klepek-Klepek, 6 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Mereka!

Berangkat Kuliah Rapi Tapi Pas Pulang Kusam? Nggak Masalah, Itu Tandanya Kamu Pekerja Keras!

Berangkat Kuliah Rapi Tapi Pas Pulang Kusam? Nggak Masalah, Itu Tandanya Kamu Pekerja Keras!

Punya Kebiasaan Overthinking Emang Sering Bikin Pelik, Tapi Ternyata Ada Faedahnya Juga Kok!

Punya Kebiasaan Overthinking Emang Sering Bikin Pelik, Tapi Ternyata Ada Faedahnya Juga Kok!

Selain Tukang Ngatur, Ini 6 Karakter yang Paling Menonjol dalam Diri Zodiak Virgo!

Selain Tukang Ngatur, Ini 6 Karakter yang Paling Menonjol dalam Diri Zodiak Virgo!

10 Contoh Resume Lamaran Kerja yang Bikin Perusahaan Kepincut. Desain Biasa Udah Basi!

10 Contoh Resume Lamaran Kerja yang Bikin Perusahaan Kepincut. Desain Biasa Udah Basi!

loading