Ingin S2 di Eropa? Simak Referensi Beasiswa Luar Negeri Ini!

21 September 2017
|Chandra W.
11SHARES

Setelah lulus sarjana, seseorang biasanya dihadapkan pada tiga pilihan: kerja, nikah, atau kuliah di jenjang selanjutnya yaitu S2. Bagi kamu yang memilih untuk bekerja, semoga mendapatkan pekerjaan yang sesuai passion. Yang memilih menikah, semoga samawa. Artikel ini dibuat untuk kamu yang ingin melanjutkan S2 ke luar negeri, khususnya Eropa. Benua Biru menjadi salah satu pilihan favorit mahasiswa Indonesia untuk kuliah S2. YuKepo telah merangkum referensi beasiswa S2 di Eropa untuk kamu. Berikut daftarnya:

1. Beasiswa DAAD untuk pascasarjana dan doktor di Jerman

Untuk kamu yang ingin kuliah di negara asal hamburger ini, mulai sekarang kau bisa mencoba menyicil persyaratan guna melamar beasiswa DAAD yang disediakan oleh Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman. Bantuan yang disediakan berupa uang sebesar 750 Euro per bulan, asuransi kesehatan dan kecelakaan. Tapi kamu harus mencari beasiswa lain untuk biaya keberangkatan dari negara asal ke Jerman, karena DAAD tidak menyediakan bantuan biaya transportasi. Untuk info lebih lengkap, kamu bisa cek di website resmi DAAD.

2. Beasiswa Chevening

Dikutip dari situs Beasiswa Pascasarjana, beasiswa Chevening disediakan Pemerintah Inggris bagi kandidat-kandidat internasional berprestasi, calon-calon pemimpin masa depan, orang-orang berpengaruh, serta pengambil keputusan untuk meraih gelar S2 mereka selama setahun di universitas-universitas Inggris. Beasiswa Chevening 2018 – 2019 meliputi biaya kuliah di universitas Inggris hingga £ 18.000, termasuk untuk program MBA, tunjangan hidup bulanan, biaya perjalanan pp ke Inggris, tunjangan kedatangan, tunjangan saat pulang, biaya tesis, biaya bahan studi, biaya visa, serta dana perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris.

Pasti menyenangkan banget bisa kuliah di tanahnya Prince William dan Princess Kate Middleton. Segera lengkapi aplikasimu di sini ya.

3. Beasiswa Erasmus+

Beasiswa yang didanai oleh Uni Eropa ini mempersilakan calon penerima beasiswa untuk memilih kampus-kampus yang tersebar di seantero negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Untuk info lengkapnya, kamu bisa cek di sini.  Saat ini terdapat 104 program S-2 yang ditawarkan dan mencakup berbagai bidang seperti teknologi, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, bisnis, ilmu ekonomi, hukum serta ilmu pengetahuan budaya/ sastra.

4. Beasiswa Pendidikan Indonesia

Atau yang lebih dikenal dengan beasiswa LPDP ini sekarang menjadi primadona di kalangan pencari beasiswa kuliah pascasarjana dan doktoral. Beasiswanya namanya BPI (Beasiswa Pendidikan Indonesia), sedangkan lembaga penyedianya adalah LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). LPDP menyediakan bantuan beasiswa untuk kuliah S2 dan S3 di dalam dan di luar negeri dalam kampus-kampus yang terdaftar sebagai mitra. Untuk informasi lebih lengkap, langsung cus aja ke situs resmi LPDP.

5. Beasiswa Eiffel

Kuliah di Perancis? Mau, apa mau banget? Mimpimu bisa jadi kenyataan kalau kamu berhasil menembus seleksi Beasiswa Eiffel. Pelamar yang berhasil akan mendapatkan tunjangan bulanan 1.000 - 1.400 euro, tiket perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan akomodasi. Biaya hanya dikeluarkan ketika melakukan pendaftaran di universitas yang dituju. Sementara biaya kuliah, Pemerintah Perancis memberikan bantuan sekitar 10.000 euro, baik warga Prancis maupun asing.

6. Beasiswa Gates Cambridge

Kamu kenal dengan nama Bill Gates kan? Nah beasiswa ini adalah program Bill and Melinda Gates Foundation dan pelamar yang berhasil diterima akan kuliah di Cambridge University, Inggris. Keuntungan bagi kamu yang memperoleh beasiswa Gates Cambridge di antaranya mendapat tanggungan biaya kuliah, tunjangan sebesar £ 13.000 poundsterling, tiket pesawat, tunjangan keluarga, dan kebutuhan lainnya. Tapi seleksi masuknya juga sangat ketat dan hingga hari ini hanya ada kuota untuk 90 orang per tahun. Pelamarnya? 4.000-an. Semangat!

7. Beasiswa NFP

Ingin kuliah di negeri kincir angin? Siapkan berkas untuk melamar Netherlands Fellowship Programs segera. Beasiswa ini terbuka untuk 62 negara, jadi siap-siap bersaing ketat ya. Kalau berhasil, kamu akan mendapatkan biaya kuliah, biaya hidup, visa, tiket perjalanan, asuransi kesehatan, dan biaya riset. Salah satu syaratnya adalah, harus memiliki pengalaman kerja selama minimal tiga tahun. Jadi kalau yang baru lulus belum boleh daftar ya hehehe.

Siap berjuang wahai pencari beasiswa? Semangat! Semoga dimudahkan jalannya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
11SHARES