Ingin Punya Hubungan yang Bahagia? Stop Jadi Posesif dengan 10 Cara Ini

30 Maret 2017
|Olphi Disya
824SHARES

Punya pacar yang perhatian pasti jadi dambaan setiap orang. Tanpa perlu kita kasih tahu atau kasih kode, pacar udah tahu mau kita apa karena saking perhatiannya. Tapi kalau bentuk perhatiannya malah mengarah ke posesif, gimana tuh? Semua orang pasti pengen diperhatiin, tapi jangan sampai deh kamu jadi pacar yang hobinya ngelarang-larang atau ngatur-ngatur nggak jelas. Karena yang kayak gitu justru bikin pacar kamu gerah dan nggak nyaman. Biar nggak jadi pacar yang posesif, coba deh ikutin langkah-langkah berikut ini biar kamu punya hubungan yang bahagia.

1. Jangan samakan dengan masa lalu

Mungkin kamu pernah dikhianati, dibohongi, atau diselingkuhi sebelumnya. Tapi ini kan hubungan yang baru dengan orang yang berbeda. Tentu kamu berharap hubungan yang bahagia kan? Jangan sampai bayang-bayang masa lalu malah merusak hubungan yang sekarang. Lagi pula, kalau kamu masih teringat sama mantan, itu artinya kamu masih belum siap bahagia nih dengan yang baru.

2. Jangan suka memaksa

Semakin kamu khawatir tentang apakah pacar kamu benar-benar sayang sama kamu atau apakah sebenarnya pacar kamu jujur atau nggak, maka semakin pacar kamu gerah dan nggak betah jadian sama kamu. Nggak mau kan? Cobalah untuk percaya karena dia juga udah memilih kamu sebagai pacarnya. Kalau pacar terus-terusan dicurigai, dipaksa jujur, atau nggak percayaan, maka jangan kaget kalau pacar kamu malah berbohong di belakang kamu karena kejujurannya nggak pernah dihargai. Kalau jujur aja tetap dicurigai, mendingan bohong sekalian kan?

3. Nikmati waktu sendiri

Kalau kamu punya hobi yang bisa ditekuni, pekerjaan yang bisa menjadi fokus, atau hal-hal di luar kehidupan percintaan yang bisa kamu jalani dengan senang hati, maka itu akan membuat kamu malah lebih menarik di mata pacar. Kenapa? Karena kamu nggak hanya sibuk sama pacar aja. Percaya deh, lebih seru kalau kamu bertemu setelah sibuk dan saling cerita tentang kesibukan masing-masing daripada seharian 24/7 ketemu terus. Memangnya nggak bosan?

 

4. Jangan cemburu buta

Katanya cemburu itu tanda cinta, tapi kalau cemburu berlebihan itu justru menghancurkan hubungan lho. Jangan terlalu khawatir dengan orang-orang yang pacar kamu temui atau habiskan waktu bersama. Kamu harus percaya diri, tunjukkan sisi menarik dari diri kamu dan harus positive thinking. Karena cemburu pada awalnya akan terasa sebagai bentuk perhatian, tapi kalau terus-terusan cemburu malah bikin eneg. Kasihan kan pacar kamu?

5. Kenalan dengan teman satu sama lain

Nah, daripada cemburu nggak jelas, lebih baik saling kenalkan teman kamu dan temannya pacar. Dengan begitu, kamu jadi tahu sama siapa aja pacar kamu nongkrongnya. Bisa jadi kamu dan temannya juga klop jadi bisa nongkrong bareng deh.

6. Jangan berusaha untuk mengubah pacarmu

Mungkin ada hal di diri pacarmu yang nggak kamu suka atau nggak sesuai dengan yang kamu inginkan. Tapi kalau kamu berusaha untuk mengubah pacarmu, nantinya kamu jadi berhubungan dengan orang yang ‘palsu’. Dia pun pasti merasa nggak nyaman karena nggak bisa menjadi diri sendiri di depan orang yang disayanginya. Kalaupun ada kebiasaan buruk yang ingin kamu ubah menjadi positif, ubahlah dengan menunjukkan apa yang positif dan buatlah dia nyaman dengan proses perubahannya.

7. Coba telusuri akar masalahnya

Sebenarnya, apa sih yang membuat kamu posesif? Hubungan di masa lalu yang menyakitkan? Atau kejadian di masa kecil yang bikin kamu sulit percaya dan sulit jauh dari orang lain? Kamu bisa merenungkan apa sih yang membuat kamu menjadi pacar yang posesif. Dari situ kamu bisa pelan-pelan mencari solusi agar akar masalahnya nggak mengganggu hubungan kamu lagi.

8. Percaya pada pacarmu (dan dirimu sendiri)

Tahu nggak sih, kalau ternyata ketika kita merasa insecure terhadap pacar maka sebenarnya itu cerminan diri kita. Jadi gini, kalau kamu takut pacar kamu ngegodain cewek lain, itu karena kamu juga ngegodain cowok lain ketika nggak sama pacar. Kalau kamu merasa kamu nggak bermaksud lebih, percaya juga kalau pacarmu nggak akan berani lebih.

9. Jangan memata-matai

Udah jadi hal yang lumrah dilakukan untuk memeriksa handphone pacar sampai komputernya. Mungkin terlihat biasa dan wajar, tapi sebenarnya ini bisa menimbulkan masalah lho. Bagaimanapun, kamu telah melanggar privasi seseorang. Meskipun dia pacarmu, kayaknya nggak perlu untuk menyelidiki setiap aktivitas di ranah pribadinya. Apalagi kalau pacar nggak menunjukkan gejala yang aneh, sebaiknya nggak iseng memeriksa handphone pacar. Kamu bisa lakukan hal lain yang lebih seru bersama pacar biar nggak fokus sama kecurigaan kamu aja.

10. Ungkapkan kepada pacarmu

Coba ngobrol dari hati ke hati dengan pacarmu tanpa bermaksud menyalahkannya. Kamu bisa ungkapkan apa yang membuat kamu menjadi terlihat posesif. Kamu juga bisa ceritakan apa yang kamu rasakan ketika pacar melakukan hal tertentu yang bikin kamu nggak nyaman, misalnya kamu merasa khawatir kalau pacarmu pulang larut malam dan sebagainya. Dari situ, kamu dan pacar bisa saling mendengarkan dan mencari solusi bersama.

Bagaimanapun, terlalu posesif tentu akan membuat hubungan nggak akan berjalan mulus dan harmonis. Gak sehat dan gak bisa memiliki hubungan yang bahagia. Karena posesif, kamu pun nggak akan benar-benar bahagia dan selalu diselimuti kecurigaan. Daripada insecure, mendingan berikan perhatian sewajarnya dan tanamkan rasa percaya kepada satu sama lain. Jangan sampai maksud perhatiannya baik tapi malah merusak hubunganmu dan pacar. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
824SHARES