Ingin Pernikahanmu Instagramable? Siapkan Biaya Pernikahan Sampai 934 Juta Untuk Foto Bunganya Saja!

03 November 2017
|Chandra W.
0SHARES

Pernikahan memang salah satu momen paling sakral dalam hidup seseorang. Banyak biaya pernikahan yang dihabiskan sekadar untuk resepsi satu dua hari demi merayakan kebahagiaan, katanya. Merayakan kebahagiaan kok uangnya habis-habisan? Tentu saja hal ini nggak bisa terlepas dari faktor-faktor yang menyebabkan biaya pernikahan jadi mahal. Dari yang sebelumnya mau mengundang 100 orang, jadi 500 karena ketambahan kolega ayah, ibu, belum lagi calon mertua. Padahal inti pernikahan kan hanya dua orang dan dua keluarga ya. Nah, sekarang, dengan adanya perkembangan media sosial, biaya pernikahan jadi semakin mahal karena harus 'berbagi' kemewahan dengan jagad maya.

Kayanya ada yang kurang gitu kalau generasi milenial menikah tanpa dokumentasi yang menawan. Menawan di sini artinya bukan hanya bikin senyum-senyum ketika ditonton sendiri atau bersama suami/istri, tapi juga bikin iri followers di Instagram. Tahukah kamu wahai calon pengantin, bahwa untuk menghasilkan foto yang bagus, ada yang rela merogoh kocek hingga 934 juta rupiah untuk foto bunganya saja? Maklum, harus pakai bunga asli, berjumlah banyak, dalam buket cantik yang nantinya akan dilemparkan untuk ditangkap para lajang sampai berebutan. Tentu bukan sembarang orang yang bisa mewujudkan hal ini ya.

Selain biaya foto bunga, foto pranikah juga sekarang jadi tren yang digandrungi calon manten dan menghabiskan biaya 5-10 juta rupiah. Buat apa ya? Belum resmi saja, kok sudah foto-foto mahal. Kalau nanti resepsinya gagal, gimana? Mending 10 juta untuk menambahi biaya katering atau uang saku bulan madu. Tapi ya nggak apa-apa sih, itu kan pilihan masing-masing. Kembali ke budget masing-masing. Dampak dari tren ini sangat positif untuk fotografer pranikah dan fotografer pernikahan. Dengan kemandirian calon manten mengunggah foto-fotonya ke Instagram, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk promosi dan marketing.

Calon pengantin masa kini mencari inspirasi dan referensi untuk pernikahan mulai dari dekor, katering, hingga fotografer dari Instagram. Pun ketika telah melalui semua prosesinya, akan sayang bila foto-foto itu hanya dicetak dan disimpan dalam album. Harus diunggah dong ke Instagram biar semua orang tahu. Pasangan yang akan menikah pun pasti ingin pernikahannya lebih meriah dari teman atau kolega yang menikah sebelumnya, dengan foto-foto yang tertata apik di halaman Instagram.

Untuk menghasilkan foto yang bagus, objek yang difoto juga harus terlihat cantik, tampan, dan indah kan? Untuk itu pula rias seharga sepuluh sampai ratusan juta diperlukan, ditambah dengan kue pengantin yang entah bisa dimakan atau enggak dengan harga yang fantastis mulai dua jutaan sampai puluhan juta, tergantung tingkatan dan desain kuenya. Masih ada biaya dekorasi yang rata-rata berkisar 20-100 juta, termasuk sewa tempat. Dan tentunya komponen biaya pernikahan yang terakhir dan paling penting agar fotonya bagus adalah...fotografer pernikahan dengan biaya sekitar 15-30 juta untuk foto dan video.

Biaya pernikahan totalnya silakan kamu hitung sendiri saja. Ingat, awet tidaknya sebuah pernikahan tidak ditentukan dari bagus tidaknya foto yang diunggah ke Instagram. Tapi dari komitmen kalian berdua untuk menjalani kehidupan bersama setelah pernikahan. Jadi, daripada buang banyak uang untuk biaya pernikahan, lebih baik investasikan uang tersebut untuk kehidupan kalian berdua bersama nantinya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES