Ingin Mudik yang Aman dan Nyaman? Inilah Tips Mudik untuk Setiap Moda Transportasi

travel.kompas.com

Mungkin mudik merupakan kegiatan tahunan yang nggak bisa dilewatkan setiap sebelum lebaran ya. Bagi kamu yang merantau dan tinggal jauh dari keluarga besar, mudik jadi momen yang paling ditunggu. Untuk bisa mencapai kampung halaman, kamu pun mengandalkan berbagai moda transportasi. Dan setiap pilihan kendaraan tersebut sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, berikut tips mudik yang sesuai dengan tiap moda transportasi. Yuk, simak!

1. Bus

beritatrans.com

Mudik dengan menggunakan bus mungkin adalah hal yang setiap tahunnya kamu lakukan. Pastinya akan jauh lebih baik kalau kamu memesan tiket bus jauh-jauh hari biar nggak mahal. Nah, biar aman, cari bus yang memiliki agen atau pool bus sehingga kamu bisa naik dari agen atau pool bus tersebut, bukan dari terminal, demi meminimalisir kejahatan dan keramaian. Jaga barang bawaan kamu dan pisahkan tas mana yang akan disimpan di bagasi (biasanya yang isinya baju dan bukan barang berharga) dan mana tas yang kamu simpan di sekitarmu (biasanya yang isinya hp, dompet, laptop, dan lain-lain).

Perlu diwaspadai juga modus kejahatan dengan menawarkan makanan. Oleh karena itu, siapkan makanan dan minumanmu sendiri. Bawa juga obat-obatan seperti minyak angin, obat maag, obat diare, obat sakit kepala, dan lainnya. Jangan lupa isi baterai hp-mu dengan penuh dan bekali dengan powerbank yang juga terisi penuh. Oh iya, siapkan juga uang receh di kantongmu untuk pengamen atau saat kamu jajan asongan. Hal ini untuk mencegah kamu membuka dompet terlalu sering.

 

2. Kereta Api

jatim.metrotvnews.com

Hampir sama dengan mudik menggunakan bus, mudik dengan kereta pun harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Kalau bisa, pilih jadwal keberangkatan yang sesuai dengan jam tidurmu agar perjalanan nggak terasa lama. Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup serta obat-obatan yang dibutuhkan. Bekali juga dengan tisu toilet, tisu basah, dan juga handuk. Awasi barang bawaanmu di kabin kereta atau di dekat kakimu. Biar nggak membosankan, kamu juga bisa membawa buku bacaan.

Kalau memungkinkan, pesan tiket kereta yang memiliki compartment atau yang memiliki kamar tidur jika perjalanan mudikmu lebih dari 12 jam. Tapi kalau kamu harus duduk selama itu, kamu bisa berjalan-jalan ke gerbong lainnya setiap 2-3 jam sekali agar peredaran darahmu lancar. Tapi tetap awasi dan jaga barang bawaanmu ya. Jangan sampai kamunya jalan-jalan eh barang bawaanmu raib diumpetin orang.

3. Mobil Pribadi

bangka.tribunnews.com

Mudik menggunakan mobil pribadi udah jadi hal yang lazim di masyarakat Indonesia, meski jarak yang ditempuh sangat jauh dan menghabiskan waktu berpuluh-puluh jam. Nah, biar perjalanan mudikmu lancar dan aman, sebaiknya terlebih dulu kamu service mobil dan memeriksa kondisi mobil. Mulai dari oli mesin, minyak rem, wiper, lampu sign, dan power steering. Agar lebih nyaman, bersihkan juga interior mobil dan siapkan perlengkapan darurat mobilmu, seperti ban serep, dongkrak, dan lainnya.

Karena umumnya jalur mudik menyediakan posko kesehatan dan juga rest area, kamu juga bisa berhenti sejenak untuk istirahat. Kamu bisa beristirahat setiap 4-5 jam perjalanan. Hal ini meminimalisir rasa bosan, kelelahan, dan ngantuk. Pastikan kamu juga selalu update info mudik dari internet agar bisa memilih jalur mudik yang lancar dan aman.

4. Pesawat Terbang
www.boombastis.com

Mungkin mudik dengan pesawat terbang merupakan cara mudik yang paling cepat sekaligus paling mahal ya. Tapi bukan berarti kamu boleh lengah. Nyatanya, banyak sekali modus kejahatan yang menargetkan penumpang pesawat terbang saat arus mudik. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memisahkan mana tas yang kamu titipkan di bagasi, mana yang kamu bawa dan letakkan di kabin.

Kalau bisa, kamu siapkan KTP atau kartu tanda pengenal lainnya dan boarding pass di kantong sesaat sebelum check-in hingga di boarding room agar nggak ribet buka tutup dompet berkali-kali. Upayakan membawa barang yang ringkas ketika naik ke pesawat. Jangan lupa untuk datang satu jam sebelum check-in untuk menghindari antrean panjang.

5. Kapal Laut
sumutpos.co

Bagi kamu yang ingin mudik menggunakan kapal laut, kamu juga harus ekstra berhati-hati nih. Kamu harus membaca dan memahami safety tips yang disediakan di kapal atau yang dijelaskan pada awak kapal untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat. Kamu juga harus tahu di mana letak pelampung, perahu karet, dan tempat-tempat untuk evakuasi. Sebisa mungkin kenakan pakaian yang nyaman dan simple karena umumnya suhu udara di laut begitu panas.

Terutama bagi kamu yang sering mengalami mabuk laut, sebaiknya memang menyiapkan obat-obatan seperti obat anti mabuk, anti mual dan kembung, dan obat-obat lainnya. Kalau bisa, pilihlah kamar atau tempat duduk yang nyaman dan terjangkau untuk keluar. Kalau kamu menggunakan mobil, tunggu sampai kapal benar-benar berhenti baru menyalakan mobil ya.

Nah, itulah tips mudik berdasarkan moda transportasi yang lazim digunakan oleh orang Indonesia. Jadi, kamu udah beli tiket mudik atau udah memeriksakan kondisi kendaraanmu? Hati-hati di jalan ya bagi yang mudik, tetap waspada dan semoga lancar!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kata-kata Bijak yang Akan Membantumu Kuat Hadapi Problema Kehidupan

Kata-kata Bijak yang Akan Membantumu Kuat Hadapi Problema Kehidupan

Lulus Kuliah, Bekerja, Menikah, Punya Anak, Lalu Apa Girls?

Lulus Kuliah, Bekerja, Menikah, Punya Anak, Lalu Apa Girls?

7 Cara Menepis Keraguan yang Biasa Datang Menjelang Hari Pernikahan

7 Cara Menepis Keraguan yang Biasa Datang Menjelang Hari Pernikahan

Mau Jadi Tante Favorit Keponakan Saat Lebaran? Ajakin Main 7 Permainan Ini Aja!

Mau Jadi Tante Favorit Keponakan Saat Lebaran? Ajakin Main 7 Permainan Ini Aja!

Sering Ludes Buat Jajan, Ini Seluk Beluk Tradisi Salam Tempel Saat Lebaran

Sering Ludes Buat Jajan, Ini Seluk Beluk Tradisi Salam Tempel Saat Lebaran

10 Kata-kata Romantis Buat Anniversary, Simpel tapi Ngena Banget!

10 Kata-kata Romantis Buat Anniversary, Simpel tapi Ngena Banget!

loading