Ingin Merantau ke Jakarta? Tunggu Dulu, 7 Hal Ini Perlu Jadi Pertimbangan Kamu Sebelum Berangkat

pixabay.com

Oh, Jakarta! Kenapa engkau selalu jadi andalan bagi para calon pekerja. Fakta ini memang benar adanya karena mungkin kamu sendiri juga melakukan hal yang serupa - memilih Ibukota sebagai tujuan kamu mengumpulkan harta. Jakarta memang kota yang keras, namun untuk lapangan kerja yang tersedia memang cukup banyak di sana. Jadi wajar saja jika hal ini menjadi pilihan favorit bagi siapa saja. Padahal persaingan dunia kerja di Ibukota begitu luar biasa. Kalau kamu tidak siap, bisa-bisa kamu bakal kalap.

Untuk itu sebelum kamu berangkat ke Jakarta, mungkin beberapa hal ini perlu menjadi pertimbangan kamu biar nanti nggak kaget. Apa saja?

1. Kemacetan Jakarta benar-benar bisa merusak mood kamu setiap hari

www.kaskus.co.id

Mungkin kamu beranggapan kalau mampu menghadapi kemacetan Jakarta setiap harinya. Tapi kalau kamu belum pernah mengalaminya langsung, sepertinya pernyataan itu sedikit meragukan. Apakah kamu mampu diam dalam waktu 1 atau 2 jam di tempat yang sama? Hal semacam ini sangat mungkin bakal terjadi di Jakarta. Jadi kamu harus benar-benar bisa menahan emosi nantinya.

2. Kalau ingin pergi-pergi, kamu harus bersabar karena waktu perjalanan bisa memakan waktu 2 sampai 3 jam lebih

www.netdoctor.co.uk

Jakarta memiliki lima kota dan satu kabupaten. Memang provinsi kota ini sangat luas. Jadi kalau ingin melakukan perjalanan bakal bisa memakan waktu. Tapi karena adanya kemacetan, waktu tempuh kamu bakal menjadi lebih lama. Bahkan, Jakarta Utara ke Jakarta Barat saja perjalanannya bisa mencapai 2 hingga 3 jam. Padahal normalnya nggak sampai segitu lama. Jadi saat kamu merantau di Jakarta, kamu jangan kaget dengan fenomena semacam ini, ya.

3. Jangan berharap kamu bakal bisa menikmati udara bersih setiap saat, polusi di Jakarta cukup tinggi

jakartakita.com

Kamu harus bisa beradaptasi dengan suara sirene ambulan, polisi, asap truk pengangkut, bus, berbagai klakson yang terus berbunyi sepanjang waktu, ini adalah hal biasa di Jakarta. Itulah mengapa polusinya cukup tinggi dan kamu harus bisa beradaptasi dengan hal ini. Tapi kalau kamu nggak siap, hal semacam ini bisa menjadi culture shock untuk kamu.

4. Sudah menjadi rahasia umum kalau beberapa warga Jakarta terkesan individualis

indonesiaadilsejahtera.wordpress.com

Tampaknya, kebiasaan beramah-tamah, kekeluargaan, semakin lama mulai pudar di Jakarta. Kebanyakan dari mereka mulai mementingkan urusannya sendiri. Berbeda dengan kehidupan di pedesaan yang mungkin kamu masih menemukan semacam kerja bakti, gotong-royong, dan semacamnya. Tapi kalau di Jakarta hal semacam ini sudah jarang. Mereka sudah sangat sibuk dengan dirinya sendiri, bahkan terkesan individualis.

5. Mencari tempat tinggal yang nyaman dan aman bakal menjadi tantangan tersendiri bagi kamu
pixabay.com

Kalau dana yang kamu siapkan untuk mencari tempat tinggal pas-pasan, sangat sulit untuk mencari lokasi yang nyaman dan aman. Sebab, kebanyakan kos-kosan di Jakarta bisa mencapai 900 ribu hingga 1,5 juta setiap bulannya. Bahkan meskipun harganya sudah cukup mahal, tidak ada jaminan 100% kalau kamu bakalan aman di sana. Jadi kamu harus pintar-pintar untuk mencari informasi tempat tinggal di Jakarta dan perlu banyak akal juga.

6. Moda transportasi umum di Jakarta sebenarnya bisa membantu aktivitas kamu, tapi terkadang juga suka bikin jengkel
www.breakingnews.co.id

Meskipun sekarang sudah tersedia moda transportasi online, transportasi umum di Jakarta juga bisa kamu pilih untuk membantu mobilitas harian. Kamu bisa memilih busway sebagai andalan untuk keliling Jakarta. Meskipun ongkosnya murah, tapi saat jam sibuk, pergi menggunakan busway bisa bikin kamu jengkel. Kamu juga harus siap jika harus berdiri di atas bus atau kereta yang padat banget selama 1 atau 2 jam. Kuat?

7. Berbagai pilihan makanan sangat banyak di Jakarta, tapi harganya juga lumayan mahal

formaxmanroe.com

Urusan perut jangan sampai lupa kamu pikirkan. Pasti kamu juga ingin ketika di sana bisa makan enak setiap saat. Tapi tunggu dulu, makan enak di Jakarta juga nggak murah, lho. Setidaknya, kurang lebih setiap kali makan di Ibukota mulai dari 18 hingga 40 ribu. Itu pun tergantung dari lauk yang kamu pilih. Tapi kalau kamu memilih makan di cafe, mall, restoran, dan semacamnya tentu harganya bakal berkali-lipat dari itu, karena ada pajak dan biaya servisnya.

Kamu harus tahu bahwa kota lain banyak yang cocok untuk jadi lokasi perantauan dan mengadu nasib. Misalnya seperti Surabaya, Batam, Makassar, Balikpapan, dan kota besar lainnya. Tetapi jika kamu mantap untuk ke jakarta, setidaknya nanti sudah tak perlu kaget dengan berbagai hal yang sudah disebutkan di atas. Salam sukses!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Alasan Media Sosial Bisa Rusak Hubunganmu dengan Pasanganmu

7 Alasan Media Sosial Bisa Rusak Hubunganmu dengan Pasanganmu

Dari Bentuk Zebra sampai Naga, 11 Buah yang Diukir Ini Bikin Terkesima

Dari Bentuk Zebra sampai Naga, 11 Buah yang Diukir Ini Bikin Terkesima

Kreatif Meski Bikin Was-Was, Tank Disulap Menjadi Wahana Permainan di Taman Bermain!

Kreatif Meski Bikin Was-Was, Tank Disulap Menjadi Wahana Permainan di Taman Bermain!

Nggak Langsung Dibuang, Rautan Pensil Ini Jadi Karya yang Indah untuk Dipajang

Nggak Langsung Dibuang, Rautan Pensil Ini Jadi Karya yang Indah untuk Dipajang

7 Perempuan Tangguh yang Benar Ada di Dunia Nyata. Kamu Harus Jadi Sekuat Mereka

7 Perempuan Tangguh yang Benar Ada di Dunia Nyata. Kamu Harus Jadi Sekuat Mereka

Cowok Gentle Itu Seperti Apa Sih? Cewek Wajib Tahu Biar nggak Salah Pilih!

Cowok Gentle Itu Seperti Apa Sih? Cewek Wajib Tahu Biar nggak Salah Pilih!

loading