Ingin Menulis Skripsi dengan Lebih Lancar? Ikuti 7 Trik Microsoft Word Ini

05 Mei 2017
|Olphi Disya
30SHARES

Ngaku deh, kadang hal yang bikin nggak semangat nulis skripsi itu bukan karena malas menulis tapi karena ribet dengan format penulisan. Karena skripsi merupakan karya ilmiah, maka format penulisannya pun telah diatur sebaku mungkin dan kamu kalau mau cepat lulus artinya juga harus memperhatikan format penulisan tersebut. Meski udah cukup canggih dengan menulis di Microsoft Word, tapi mungkin masih ada aja yang membuat kamu kesulitan. Nah, berikut 7 trik Microsoft Word yang bisa banget kamu andalkan untuk memperlancar skripsi kamu nih.

1. Saking asyiknya nulis jadi lupa matiin capslock? Tenang, Shift+F3 aja!

Terkadang, saking fokusnya menatap keyboard laptop saat ngetik, kita pun jadi nggak ngelihat monitor. Alhasil ada beberapa kata yang tertulis layaknya bahasa alay karena lupa mematikan capslock. Kamu nggak perlu capek mengulangnya kok guys. Cukup block kalimat yang akan diedit, lalu tekan Shift+F3. Cara ini akan membantumu untuk mengubah format uppercase, lowercase, dan beberapa format huruf kapital lainnya dengan lebih cepat.

2. Mau bikin halaman portrait dan landscape dalam satu file? Ini lho caranya

Kalau sebelumnya kamu harus membuat dua file untuk format halaman yang berbeda, kini kamu nggak perlu pusing-pusing karena kamu bisa menyatukan 2 format halaman landscape dan portrait dalam satu file sekaligus. Caranya cukup mudah, kamu tinggal klik Page Layout > Section Breaks. Karena terpisah, kedua halaman itupun bisa diformat secara terpisah. Cara ini juga bisa memudahkan kamu dalam penomoran halaman.

3. Kini nggak perlu repot klik sana-sini untuk masukkan hyperlink, cukup Ctrl+K

Selama ini kamu memasukkan hyperlink dengan klik Insert > Hyperlink, sekarang kamu hanya membutuhkan 2 detik. Gimana tuh? Kamu bisa memasukkan hyperlink dengan shortcut Ctrl+K. setelah menekan kedua tombol tersebut, kamu akan dihadapkan pada command insert hyperlink. Mudah kan?

4. Nggak ada lagi deh alasan pusing nyari bagian terakhir yang dikerjain, kan ada Shift+F5

Lagi ngerjain skripsi trus ketiduran dan lupa udah sampai mana? Kamu nggak perlu lagi menghabiskan waktu untuk scrolling file, apalagi kalau dalam satu file berisi ratusan halaman. Cukup tekan Shift+F5, maka kamu akan lebih mudah berpindah-pindah ke halaman yang aktif. Jadi nggak akan buang-buang waktu deh.

5. Jangan resah dan gelisah kalau habis copy paste formatnya jadi berantakan, pakai cara ini aja

Pasti pernah dong menyalin atau istilahnya copy dari laman web kemudian saat kamu klik paste format tulisannya jadi berantakan. Daripada ngeluh dan kelamaan memformat dengan cara manual satu per satu, kamu bisa tekan Shift+Space Bar. Dijamin, font-nya akan otomatis menyesuaikan dengan format penulisan kamu. Tinggal diatur aja kerapiannya. Tapi jangan copy paste sembarangan ya, ntar jadinya malah plagiarisme.

6. Pengen block 1 paragraf dalam waktu 1 detik? Bisa banget

Nge-block seluruh kalimat dalam 1 paragraf itu kadang butuh effort lebih. Terutama bagi kamu yang nggak pakai mouse. Sekarang kamu bisa nge-block 1 paragraf utuh dalam waktu 1 detik aja lho. Caranya gampang banget, kamu hanya klik 3 kali paragraf tersebut dengan cepat. Nggak perlu ribet narik-narik kursor deh.

7. No more panic, file yang rusak bisa kembali dengan cara ini

Emang sih, kalau lagi ngerjain skripsi lalu laptop tiba-tiba error atau crash bisa bikin panik. Bukannya gimana-gimana, yang dikhawatirkan adalah takut file hilang atau rusak (misalnya nggak ditemukan atau nggak bisa dibuka). Tenang aja, don’t panic. Kamu bisa klik File > Open. Dari situ, kamu ke menu type file di sebelah file name. Klik file yang rusak dan pilih menu recover text from any file. Beres, deh!

Lumayan mudah, cepat, dan praktis kan? Itulah beberapa tips dan trik Microsoft Word yang bisa membantu memperlancar skripsimu. Kalau udah tahu ada cara yang praktis, nggak ada alasan lagi dong untuk malas-malasan ngerjain skripsi? Semangat, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
30SHARES