Ingin Menanam Sayuran di Dalam Rumah? Mulailah dengan Tanaman-tanaman Ini

13 Juli 2017
|Chandra W.
Life
0SHARES

Ketersediaan tanah yang semakin terbatas dan berkurang setiap harinya mengakibatkan munculnya tren perumahan-perumahan berharga terjangkau untuk kelas menengah. Dibandingkan dengan tahun-tahun 1970-2000an awal saat rumah-rumah dibangun dari nol dengan proses membeli tanah, merancang desain bangunan, hingga membeli material dan membangun sendiri, sebagian besar orang saat ini lebih memilih untuk membeli rumah yang sudah jadi. Konsekuensinya, rumah hanya bisa direnovasi sesuai keinginan, namun tidak dapat menambah luasan lahan apalagi jika membeli rumah di perumahan. Berbeda dengan rumah zaman dahulu yang memiliki halaman luas sehingga bisa ditanami apa saja, rumah-rumah dengan luasan lahan terbatas biasanya memiliki halaman yang sempit atau bahkan tidak ada halamannya sama sekali.

Bagaimana jika suatu saat muncul keinginan untuk menanam sayuran? Isu pencemaran tanah, udara dan air kadang juga membuat kita merasa tidak aman dengan apa yang kita makan dan ingin mencoba bertanam sendiri. Meskipun hasilnya mungkin tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan makan setiap hari, setidaknya sebagian dari tubuh kita merasa aman saat mengonsumsi sayuran hasil bercocok tanam sendiri. Dengan lahan yang terbatas, kita memang tidak memiliki banyak pilihan tumbuhan untuk ditanam. Tidak mungkin kita menanam pohon mangga di perumahan tanpa halaman. Kabar baiknya, beberapa sayuran ini dapat ditanam di dalam rumah. Apa saja?

 

1. Wortel

Potong bagian atas wortel, lalu rendam dalam air. Biarkan hingga tunas tumbuh. Jangan lupa untuk menaruhnya di tempat yang terkena cahaya matahari.

2. Seledri

Rendam bagian bawah seledri dalam semangkuk air, sisihkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Ketika daun sudah mulai tumbuh, pindahkan ke tanah dalam pot.

3. Daun Bawang

Sisihkan daun bawang sepanjang tiga sentimeter dari bagian akar dan masukkan ke dalam gelas berisi sedikit air. Taruh di tempat dengan sinar matahari yang cukup dan tunggu hingga tumbuh.

4. Kubis

Rendam kubis dalam air dan beri sinar matahari yang cukup. Biarkan selama satu hingga dua minggu, pindah ke media tanah dalam polybag.

5. Daun kemangi

Siapkan beberapa daun kemangi utuh dengan batangnya, letakkan dalam segelas air dan taruh di tempat yang terkena sinar matahari. Tunggu hingga akarnya tumbuh dan pindahkan ke dalam pot.

Mudah, bukan? Selain sehat, kita juga tidak perlu repot-repot ke pasar atau minimarket ketika bahan-bahan sayuran  habis. Tinggal panen aja!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES