Ingin Kuliah di Luar Negeri? Inilah 7 Tips Hemat Buat Kamu

28 Juni 2017
|Romlah Sundari

Kuliah di luar negeri memang terdengar sangat menyenangkan. Selain mendapatkan fasilitas studi yang mungkin lebih baik dari di Indonesia, kuliah di luar negeri juga memberikan kita kesempatan untuk mengenal berbagai budaya dan tempat baru. Apalagi jika kita dapat melanjutkan studi di universitas-universitas terbaik dunia. Kita akan menemui dan diajar oleh mereka yang sangat ahli di bidangnya.

Terlepas dari glamornya gambaran berkuliah di luar negeri, sesungguhnya kuliah di negeri orang tidaklah mudah lho. Biaya pendidikan yang cukup tinggi, ditambah dengan biaya hidup yang mungkin juga cukup mencekik, bisa membuat kita stres sendiri. Karena itu, kamu perlu tahu tips dan trik mengatur keuangan saat kuliah di luar negeri ini.

1. Atur keuangan dengan cermat (planning dan budgeting)

Jangan pernah malas untuk melakukan perencanaan anggaran! Ya, langkah pertama untuk berhemat adalah dengan melakukan budgeting atau perencanaan anggaran yang cermat. Sebelum jatah uang bulananmu turun, kamu harus dapat mendaftar apa saja kebutuhanmu dalam sebulan ke depan dan memisahkan uangmu ke dalam 4 kategori ini:

Biaya hidup dasar yang meliputi kebutuhan dasarmu seperti makan, tempat tinggal, air, listrik, sandang dan internet.

Biaya transportasi. Tiap harinya kamu akan membutuhkan kendaraan untuk pergi ke kampus dan ke acara-acara lainnya. Kamu harus melakukan riset atas moda transportasi paling murah dan menghitung besaran dana yang kamu butuhkan untuk transportasi tiap harinya.

Biaya sosial, karena kamu pasti butuh keluar bersama teman-temanmu sesekali. Maka siapkan dana untuk kesempatan-kesempatan sosial ini. Namun, jangan berlebihan dan tegaslah pada batasan anggaranmu.

Biaya untuk kebutuhan kuliah. Kamu pasti butuh mencetak tugas, membeli buku, maupun alat-alat penunjang perkuliahanmu. Siapkan dana yang cukup untuk kebutuhan-kebutuhan ini, karena kuliahmu adalah prioritas utamamu.

Biaya darurat. Sewaktu-waktu, kamu pasti menghadapi keadaan-keadaan darurat yang harus mengeluarkan biaya. Misalnya, internet asrama yang mati sedangkan kamu harus mengerjakan tugas melalui internet dan perpustakaan kampusmu sudah tutup. Untuk itu, kamu harus memiliki dana cadangan yang dapat kamu gunakan kala keadaan mendesak.

Tabungan. Ini adalah satu hal yang paling penting. Kamu harus memiliki tabungan yang dapat kamu manfaatkan untuk membangun masa depanmu pasca kuliah kelak.

2. Pilih tempat tinggal yang dekat dengan kampus

Sebisa mungkin, carilah tempat tinggal yang sedekat mungkin dengan kampus. Selain mengantisipasi jika kamu terlambat bangun, tempat tinggal dekat kampus juga akan menghemat biaya transportasimu. Terlepas dari pertimbangan biaya, tempat tinggal dekat kampus juga memberikanmu atmosfer akademis yang lebih kental sehingga kamu selalu ingat akan tujuan utamamu untuk belajar.

3. Masak Sendiri

Ini juga merupakan satu tips paling penting. Kamu harus dapat memasak makananmu sendiri. Karena makan di luar secara terus menerus akan cepat menghabiskan uangmu. Dengan membeli bahan-bahan mentah dan memasak sendiri, selain kamu dapat memastikan kesehatan makananmu, kamu juga dapat menghemat pengeluaranmu.

4. Bawa kartu mahasiswa kemanapun kamu pergi

Ya, berbagai instansi akan memberikan diskon khusus bagi kamu yang masih mahasiswa. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Kamu juga dapat membuat International Student Identity Card yang akan memberikanmu berbagai diskon di lebih dari 50 negara.

5. Cari sumber pendapatan lain

Jika kamu adalah penerima beasiswa, mungkin tips ini dapat kamu lewati karena kebanyakan beasiswa yang sudah memberikan biaya hidup akan melarang kamu untuk memiliki pekerjaan sampingan. Jika tidak ada larangan bagimu untuk bekerja, kamu bisa mencari pendapatan tambahan dengan berbagai cara seperti kerja paruh waktu, menjadi asisten dosen dan menjadi freelancer. Namun perhatikan lagi ketentuan program beasiswa maupun kampusmu, apakah mereka memperbolehkan kamu untuk bekerja atau tidak.

6. Membeli barang bekas pakai

Jangan gengsi untuk pergi ke toko loak demi memenuhi kebutuhanmu. Seringkali barang-barang yang kamu butuhkan dijual di sana dengan harga yang miring dan kualitas yang masih bagus. Seperti buku-buku kuliah, kamu bisa mencarinya di toko buku bekas atau membeli dari kakak angkatanmu yang sudah tidak menggunakan. Atau kebutuhanmu akan jaket musim dingin, jangan malu untuk mencarinya di toko loak, karena seringkali kamu malah akan mendapatkan jaket dengan kualitas yang masih sangat bagus.

7. Carilah cara bersenang-senang yang lebih murah

Jangan terlalu keras pada dirimu, kamu juga butuh untuk bersenang-senang dan melepas penat sesekali. Tidak apa-apa jika kamu ingin memanfaatkan waktu liburmu untuk berkumpul dengan teman-temanmu. Namun, carilah aktivitas yang tidak akan menghabiskan banyak biaya. Mungkin kamu bisa pergi ke taman kota untuk hang out dengan temanmu alih-alih pergi ke klub malam atau ngopi-ngopi cantik di kafe mahal.

Itulah ketujuh tips dan trik yang bisa kamu aplikasikan saat kamu berkuliah di luar negeri. Tapi yang terpenting dari semuanya adalah kamu harus dapat mengatur mindset-mu bahwa kehadiranmu di negeri orang ini bukan untuk liburan maupun bersenang-senang. Kamu berada disana untuk menuntut ilmu dan mengembangkan dirimu secara personal. Dengan mindset dan tujuan yang tepat, kamu pasti dapat berpikir lebih jernih saat akan mengambil keputusan-keputusan terkait keuangan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
SHARES